Tanda-tanda Kerusakan Komponen ECU Mobil Toyota

ECU mobil toyotaTanda-tanda Kerusakan Komponen ECU Mobil Toyota

Bagi Anda yang mempunyai kendaraan harus selalu mengetahui kondisi kendaraan Anda agar selalu menghasilkan performa yang maksimal. Namun kerusakan pada mobil memang sering timbul karena kerusakan pada komponen mobil Anda yang menyebabkan kerusakan pada ECU mobil Anda. Hal itu akan membuat performa mobil Anda kurang maksimal.

Engine Control Unit atau yang sering di singkat ECU dan memiliki nama lain ECM (Engine Control Module) yaitu komponen yang menggunakan sistem komputerisasi dengan fungsi mengontrol kinerja mesin mobil dengan sistem sensor yang ada pada bagian mesin mobil.

Artikel sering di cari : Cara menguras dan mengganti minyak rem dengan benar sesuai kondisi lingkungan dan tipe mobil.

Komponen yang ada tersebut biasanya terdapat pada mobil dengan jenis EFI atau yang biasanya dikenal dengan mobil injeksi. Jenis injeksi pada mobil memang perlu penanganan yang benar saat terjadi kerusakan. Pada mobil Toyota itu sendiri penempatan ECU sampai bentuknya di sesuaikan dan biasanya tergantung pada jenis mobil. Bisanya pada mobil buatan Jepang ECU selalu di letakkan dibagian bawah dashboard mobil. Penempatan ini di bagian bawah sebelah kiri yang disesuaikan dengan posisi ECU tersebut.

Bentuk ECU  yang ada pada mobil Toyota yaitu persegi panjang dengan ketebalan yang sesuai dan terdapat rangkaian elektronik serta software komputer didalamnya. ECU ini memiliki fungsi yang sangat penting yaitu mengatur campuran bahan bakar dan udara yang ada pada rungan bakar agar sesuai dengan kebutuhan saat pembakaran tersebut terjadi.
Bukan hanya mengatur campuran bahan bakar dan udara namun ECU juga berfungsi mengatur kinerja AC mobil serta mengontrol kinerja putaran mesin saat stationer. selain mengatur hal tersebut ECU juga berfungsi untuk mengatur pengapian pada setiap proses pembakaran, mengotrol cara kerja mesin secara keseluruhan hingga dapat menditeksi kerusakan yang ada pada masing-masing komponen mobil. Gejala pada mobil bila terjadi kerusakan yang dapat dideteksi ECU seperti susahnya mobil saat akan dihidupkan. Hal tersebut akan mengakibatkan penggunaan bahan bakar semakin boros.

Kerusakan pada ECU dapat menimbulkan hal yang fatal bagi mobil seperti mesin yang menyendat-nyendat dan menyebabkan performa pada mesin semakin berkurang secara perlahan. Bahkan kerusakan serius pada ECU akan mengakibatkan  lamu ceck engine terus menerus menyala atau kemungkinan dapat mati secara total. Bagi Anda yang mengalami gejala kerusakan pada ECU mobil Toyota Anda maka segera bawa kebengkel langganan Anda yang sudah bersertifikat resmi Toyota agar penanganan yang diberikan oleh petugas bengkel dilakukan dengan benar dan sesuai dengan standar yang sudah di tentukan.

Baca juga artikel mengenai : Kelebihan dan kekurangan mengganti lampu mobil dengan jenis LED.

Mengapa kerusakan pada ECU dapat terjadi.?

Faktor umur kendaraan yang sudah tua dan daya tempuh kilometer yang sangat jauh tersebut merupakan slah satu faktor yang menyebabkan ECU mengalami kerusakan.

Akan tetapi rusaknya ECU juga bisa disebabkan oleh terbakarnya komponen elektronik yang ada di dlam ECU itu sendiri.

Baca juga artikel berikut ini :

Kelebihan dan kekurangan toyota grand new avanza,mobil paling laris ditanah air.

Keistimewaan mesin mobil grand new avamza terbaru yang perlu Anda ketahui dengan Dual VVT-i.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *