Tanda Dan Gelaja ECU Mobil Bermasalah/Rusak Dan Dampak Kerusakannya

tanda-dan-gelaja-ecu-mobil-bermasalah-atau-rusak-dan-dampak-kerusakannya-mekanikmitsubishiKenali Tanda dan Gelaja ECU Mobil Rusak Dan Beberpa Dampaknya Berikut Ini.

Mekanikmitsubishi.com – Memiliki mobil pribadi memang sangat menyenangkan. Anda dapat dengan mudah pergi kemana saja tanpa harus terhalang sulitnya mencari transportasi umum.

Akan tetapi, ketika anda menggunakan mobil pribadi, baiknya tak hanya terus menerus digunakan. Perawatan untuk mengecek adakan bagian mobil yang rusak atau sekedar terganggu pun sangat penting.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi mobil tidak bisa distarter.

Sebab ketika salah satu bagian saja terganggu, maka kenyamanan mobil untuk berkendara akan sangat terganggu. Salah satu bagian yang cukup berpengaruh terhadap kinerja mobil adalah ECU.

Nah, jika ECU mobil rusak, dampaknya terhadap mobil antara lain adalah sebagai berikut.

Baca juga : Kerusakan sunroof jika jarang dipakai yang wajib Anda ketahui.

  1. Percampuran bahan bakar dengan udara akan terganggu. karena ECU memang berfungsi untuk mencampur bahan bakar dengan udara di masing-masing ruang pembakaran atau silinder. Dimana percampuran ini akan disesuaikan dengan kondisi kendaraan.
  2. Pengaturan pengapian atau ignition timing. Ya, karena ECU juga berfungsi sebagai pengatur waktu ignition timing pada ruang pembakaran.
  3. Perputaran mesin menjadi tidak stabil yang nantinya akan berdampak pada kekuatan serta kecepatan mobil. Sebab ECU merupakan pusat pengontrol putaran mesin pada idle atau perputaran mesin pada saat stationer.
  4. Bahkan pada beberapa jenis kendaraan, ketika ECU mobil rusak juga akan mengakibatkan kinerja AC mobil menjadi tak maksimal. Bukankah hal ini akan sangat mengganggu jika anda sering bepergian pada siang hari saat matahari sedang terik-teriknya?

Nah dari penjelasan tersebut, sudah jelas bukan betapa pentingnya ECU pada sebuah mobil. Untuk itulah, sebelum ECU pada mobil Anda rusak, akan jauh lebih baik jika anda kenali tanda dan gejala ECU mobil rusak terlebih dahulu. Sehingga ECU mobil yang sudah mengalami gejala-gejala tersebut dapat segera di service.

Baca juga : Penyebab utama sekring mobil mudah putus dan solusi terbaiknya.

Berikut ini tanda dan gejala ECU mobil rusak dan bermasalah.

  1. Tanda paling mudah dikenali, bahkan bagi anda yang tak tahu urusan otomotif sekalipun yaitu mesin yang tidak dapat dinyalakan. Biasanya tanda ini akan muncul dalam frekuensi yang sering dalam jangka waktu tertentu.
  2. Jika mesin mobil masih beruntung dapat dinyalakan, kemungkinan kedua yaitu mesin mobil menjadi mudah ngadat atau bahkan sangat sering ngadat tanpa adanya tanda-tanda lain sebelumnya.
  3. Seperti yang sudah dijelaskan, karena ECU mobil rusak dapat mengakibatkan perputaran mesin menjadi terganggu, maka tenaga mesin pun menjadi sangat berkurang. Untuk mengetahui tanda yang satu ini, anda bisa mencoba sesekali mengendarai di jalan yang cukup ekstrem.
  4. Tak hanya itu, ECU mobil rusak juga akan membuat kantung anda terogoh lebih dalam. Bagaimana tidak, karena percampuran bahan bakar dengan udara tak maksimal maka daya serap atau konsumsi mobil terhadap bahan bakar pun menjadi lebih boros.
  5. Dan tanda terakhir yang sering kali diacuhkan atau disepelekan karena dianggap adanya gangguan pada bagian lain adalah lampu egine yang mati. Tanda ini tak banyak diperhatikan karena memang tak semua jenis mobil akan mengalami tanda atau gejala ini ketika ECU mobilnya rusak.

Jika mobil anda memang sudah mengalami salah satu tanda di atas, segera bawa ke bengkel untuk mengetahui kerusakan lebih lanjutnya. Dan untuk penjagaan agar ECU mobil menjadi lebih awet pun sebenarnya belum diketahui secara jelas bagaimana caranya.

Ya, karena penyebab ECU mobil rusak pun sangat beragam, dan pada setiap mobil terkadang berbeda. Jadi untuk patokan perawatannya pun belum paten. Yang terpenting adalah sering-sering bawa mobil anda ke bengkel atau tempat lain untuk diservice.

Artikel terkait :

Apa perbedaan Premium,Pertalite,Pertamax,dan Pertamax plus.

Tanda-tanda kerusakan ECU Mobil toyota.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *