Rahasia Umur Panjang Ban Mobil Dengan Perawatan Khusus

Rahasia Umur Panjang Ban Mobil Dengan Perawatan Khusus - mekanikmitsubishiRahasia Umur Panjang Ban Mobil Dengan Perawatan Khusus

Mekanikmitsubishi.com – Ketika Anda membeli ban mobil tentu banyak orang yang melihat ban mobil dari mereknya. Faktor yang kerap luput dari pertimbangan adalah daya tahan bannya. Padahal perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa ban yang didesain secara khusus agar dapat digunakan hingga jarak yang cukup jauh.

baca juga : Tips dan trik bermanfaat saat membeli ban dengan ujung kuku.

Lalu bagaimana cara mengetahuinya? Berikut ini bocoran informasi lengkap mengenai rahasia  umur panjang ban mobil:

Faktor Umur Ban Tidak Bertahan Lama

Faktor yang mempengaruhi umur ban adalah desain tapaknya. Gesekan ban pada permukaan jalan yang tidak merata atau stressing tentu saja lebih banyak dibahu atau dipinggir jalan dan hal tersebut akan menimbulkan keausan ban mobil yang tidak rata. Keausan itu dapat menjadi penyebab oleh umur ban menjadi pendek.

Selain itu faktor lainnya juga adalah bahan ban mobil dan desain alur tengahnya. Jika alur tengah ban mobil itu tidak terlalu banyak maka hal itu akan membuat ban lebih lama dipakai. Beban kendaraan dan penumpang ditopang oleh luas permukaan pada area tengah ban mobil yang lebih besar. Otomatis membuat keausan lebih kecil.

Baca juga :

Bahaya mengganti ban standart pabrikan dengan ukuran yang lebih besar.

Beberapa penyebab ban benjol dan tips mengatasi serta mencegahnya.

Jika Anda bepergian menggunakan mobil pribadi maka sebaiknya penting sekali untuk memahami keadaan mobil yang Anda pakai. Paling tidak Anda juga memiliki wawasan untuk mengenal sesuatu yang gawat.

Contohnya adalah jika dalam ekspedisi, nyatanya ban mobil sering kempes atau berlubang. Sehingga Anda harus mengetahui cara menukar ban mobil seorang diri. Selanjutnya ini juga adalah sebagian tahap pokok atas aturan menukar ban mobil yang benar.

Cara Merawat Ban Mobil Biar Awet

Baca juga : Tips dan cara terbaik merawat ban serep mobil agar tidak kadaluarsa.

Untuk merawat ban mobil agar awet maka Anda sebaiknya menyediakan ban cadangan untuk menukar ban utama mobil jika sewaktu-waktu kondisi ban kendaraan perlu diganti. Taruhlah muatan-muatan di lokasi yang terjaga serta mudah dijangkau. Lebih baik taruh di bawah mobil.  Catatan : *Sebaiknya hindari menaruh ban dalam posisi berdiri.

Perhatikan Tekanan Udara Pada Ban

Dalam menjaga ban agar awet Anda juga harus mengecek tekanan udara dalam ban selama 3 minggu atau 1 bulan sekali ke bengkel langganan Anda. Beberapa tips perawatan ban yang benar, Anda harus mengukur tekanan ban kendaraan dan menambahkan angin ban mobil jika dirasa perlu, usahakan pengisian angin ke ban kendaraan di pagi hari karena udara diluar masih terasa dingin sehingga udara yang berada di dalam ban tidak akan memuai.

Selain itu pengisian nitrogen juga lebih bagus bila dibandingkan dengan angin biasa untuk ban mobil Anda. Baca juga : Kelebihan pengisian ban dengan Nitrogen.

Lakukan Rotasi Ban dan Spooring Secara Rutin

Setiap jadwal penggantian oli, Anda juga sebaiknya menukar posisi ban mobil depan dan belakang untuk menghindari tekanan yang bisa saja tidak sebanding dan hal tersebut tentu saja dapat menyebabkan ban aus dalam waktu yang berbeda. Ini juga tentu akan merugikan Anda sendiri dalam perjalanan jauh.

Baca juga : Ciri-ciri mobil perlu tindakan spooring da balancing.

Jika ban mobil belakang Anda sudah menunjukan keausan terlebih dahulu maka hal itu akan menimbulkan resiko kecelakaan. Pada km dan konsisi tertentu service spooring juga harus Anda perhatikan agar ban mobil tetap awet. Dengan kondisi ban yang awet maka perjalanan Anda kemanapun akan terasa nyaman dan aman. Pastikan untuk merawat ban mobil dengan benar.

Demikian artikel kali ini yang membahas rahasia dari cara merawat ban mobil agar awet. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Artikel terkait :

Cara mengetahui kondisi ban mobil yang sudah layak diganti.

Alasan pentil ban dioles air lius usai tambah angin ban kendaraan.

Mengapa ada larangan mencuci ban dengan sabun dan tips menghitamkan ban yang benar.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *