Posisi Ideal Kaki Kiri Saat Gunakan Mobil Matik

Posisi Ideal Kaki Kiri Saat Gunakan Mobil Matik - MekanikmitsubishiIni Adalah Posisi Ideal Kaki Kiri Saat Mengemudikan Mobil Matik

Mekanikmitsubishi.com – Bagi seseorang yang sudah terbiasa menggunakan mobil dengan transmisi kemudian berganti mengemudikan mobil matic tentu akan merasakan perasaan kaku dan kikuk ketika mengemudikannya. Hal ini disebabkan oleh kaki yang seharusnya menggunakan dua kaki untuk bekerja dan mengatur laju mobil, namun untuk mobil dengan transmisi matic hanya sebatas menggunakan kaki kanan saja.

Baca juga : Tips mengemudi mobil saat mau berhenti ditanjakan dengan setengah kopling.

Kaki kanan memiliki tugas yang sangat beragam dimana harus mengatur gas ataupun rem. Sementara kaki kanan sibuk untuk bekerja, justru kaki kiri hanya berdiam diri dan tidak melakukan tugas atau gerakan apapun.

Hal inilah terkadang yang membuat seseorang menjadi kikuk dalam mengendarai mobil matic. Padahal sebenarnya ada cara khusus untuk membuat kaki kiri tetap bisa dalam posisi yang pas dan nyaman. Bahkan, sebenarnya kaki kiri juga diatur dengan peraturan tertentu untuk membuat aktivitas mengemudi Anda menjadi lebih nyaman dan juga tidak akan menimbulkan rasa pegal.

Menempatkan posisi kaki kiri yang tepat tentu akan membuat Anda bisa mendapatkan tempat yang nyaman dan juga bisa mengendaarai mobil tanpa rasa lelah yang berlebihan. Biasanya, kebanyakan pengemudi mobil matic akan merasa tidak nyaman dan mudah capek hanya karena posisi kaki yang tidak benar.

Berikut ini informasi mengenai posisi kaki kiri yang tepat saat mengemudikan mobil matik :

Baca juga : Cara mengemudikan mobil matic agar hemat bbm.

Meletakkan Kaki di Bagian Floor Board

Tips menggunakan mobil matic untuk bisa membuat pengemudi menjadi semakin nyaman dan juga bisa menggunakan mobil secara aman sangat dibutuhkan supaya Anda tidak mengalami hal yang tidak diinginkan.

Posisi yang tepat untuk meletakkan kaki kiri di mobil matic adalah meletakkan kaki di bagian floor board. Sedangkan untuk posisi kaki yang pas adalah dengan ditekuk kurang lebih 90 derajat dan hindari untuk posisi selonjoran demi tetap menjaga posisi siap untuk kaki kiri.

Floor board sendiri menjadi satu bagian yang selalu sering ada pada berbagai jenis mobil matic dari berbagai vendor. Tempat ini memang dikhususkan untuk meletakkan kaki supaya bisa mendapatkan posisi yang pas dan tepat sehingga pengemudi bisa sangat nyaman dalam mengemudi.

Kaki Ditekuk Tidak Lebih dari 90 Derajat

Sementara itu, untuk posisi kenapa dianjurkan untuk ditekuk tidak lebih dari 90 derajat adalah untuk menjaga agar pengemudi tetap aman dalam berkendara. Hal yang juga harus dihindari ketika meletakkan kaki kiri di mobil matic adalah meletakkannya secara sembarangan diseluruh bagian mobil.

Apalagi bagi Anda yang akan bepergian jauh, jika kaki terlalu ditekuk malah justru akan menganggu dari peredaran darah. Darah akan menjadi kurang lancar sehingga akan cepat menimbulkan rasa letih dan juga cepat capek. Oleh karena itulah, hindari kaki kiri yang terlalu ditekuk pada saat menggunakan mobil matic.

Dalam peraturan safety riding juga dijelaskan jika kaki kiri tidak dianjurkan untuk mengambil tugas dalam menekan atau menginjak pedal. Jangan gunakan kaki untuk menginjak rem dimana kaki kiri tidak bisa berfungsi dengan seimbang dan justru memiliki tenaga yang terlalu berlebih.

Membiarkan Kaki Kiri Beristirahat di Area Foot Rest

Sangat dianjurkan untuk membiarkan kaki kiri beristirahat di area foot rest ketika mengemudikan mobil matic. Jika memang tidak tersedia bagian ini, biarkan kaki tetap berada di area pedal. Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi satu keadaan yang mengharuskan menggunakan kaki kiri dalam mengemudi.

Dengan meletakkan kaki kiri di tempat yang tepat tentu akan membuat Anda bisa mendapatkan safety riding dan Anda tidak akan mudah capek untuk mengemudikan mobil matic.

Artikel terkait :

Beberapa larangan saat mengemudikan mobil matic, yang jarang diketahui.

Penjelasan simpang siur mengenai boleh tidaknya mobil matic di derek saat mogok.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *