Persepsi Keliru Mengenai Kualitas Velg Replika Dibaning Velg Asli

Persepsi Keliru Soal kualitas Velg Replika - MekanikmitsubishiPersepsi Keliru Soal kualitas Velg Replika Dan Velg Replika Yang Bagus

Mekanikmitsubishi.com – Istilah velg replika mungkin sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Apalagi bagi pecinta dunia otomotif, orang awam saja tahu apa sih itu velg replika. Velg adalah bagian vital dari sebuah kendaraan yang menahan gaya vertikal dan beban kendaraan, gaya pengereman dan pengendaraan serta gaya yang menumpunya, sedangkan kata replika adalah bentuk dari tiruan velg aslinya yang tentunya memiliki kualitas yang berbeda akan tetapi memiliki bentuk, unkuran, design yang sama dengan aslinya.

Baca juga : Beberapa akibat buruk ukuran center ring tidak sesuai velg.

Velg kendaraan harus memiliki bobot yang optimal dari keringanannya serta keseimbangan yang baik pula agar bisa berputar dan menampu beban kendaraan dengan baik ketika kendaraan melaju, terlebih jika Anda mengemudikan dengan kecepatan tinggi. Tentu saja dengan pemasangan rim yang dirancang dengan tepat agar bisa menahan ban dengan kuat

Berbicara tentang velg mobil pastinya tidak asing lagi dengan yang namanya velg replika. velg replika ini memiliki desain yang sangat mirip dengan velg aslinya tetapi hanya saja memiliki kualitas yang lebih rendah. Hal ini disebabkan velg replika dibandrol dengan harga yang cukup miring dengan begitu bahan materialnya pun pasti dibawah velg aslinya.

Karena harganya yang lebih terjangkau tidak sedikit pemilik mobil memilih menggunakan velg replika. Alasannya adalah agar terlihat lebih gaya dengan menggunakan velg replika dari merk velg asli yang terkenal mewah, mahal dan berkelas. Karena sekilas tampilan velg ini sangat mirip dengan aslinya, sehingga sangat sulit dibedakan antara yang velg asli dan velg replika.

Seberapa Bagus Kualitas Velg Replika Jika Dibanding Velg Aslinya

Sampai saat ini velg replika banyak diproduksi oleh negara China dan Taiwan. Tapi yang menjadi pertanyaanya apakah benar velg replika yang diproduksi negara China memiliki kualitas yang jauh lebih rendah?

Sebetulnya kualitas sebuah velg kendaraan itu tidak bisa dikaitkan dengan dari negara mana velg itu diproduksi. Tetapi kualitas sebuah velg replika itu ditentukan oleh pabrikan yang membuatnya. Hal ini berarti bebagai velg replika yang diproduksi oleh negara China dan Taiwan belum tentu memiliki kualitas yang buruk.

Bahan material untuk membuat velg replika kendaraan sendiri bisa sama dengan velg asli, tetapi bisa juga berbeda, tergantung dari masing-masing kebijakan pabrikan. Banyak pabrik-pabrik pembuat velg di China dengan kualitas velg replika yang lumayan bagus, akan tetapi kebanyakan masyarakat belum mengetahui betul tipe velg replika seperti apa yang dibuat bagus.

Memang benar asumsi masyarakat bahwa velg buatan dari negara Eropa, Amerika dan Jepang asli semua tidak ada replikanya/tiruannya. Tetapi berdasarkan bahannya rata-rata velg saat ini dibuat dengan bahan yang sama yaitu alloy. Bahan alloy untuk membuat velg sendiri memiliki beberapa tingkatan, tentu semakin murah haraga velg yang dipasarkan maka bahannya juga dari alloy dengan tingkatan yang lebih rendah sehingga mudah rusak entak pecah, bengkok, mudah berubah sifat dan lain sebagainya.

Memilih Velg Replika yang Bagus

Baca juga : Penyebab ganti velg malah menimbulkan getaran yang bikin tidak nyaman.

Ketika memilih untuk menggunakan velg replika untuk kendaraan Anda, berarti Anda harus siap-siap mendapatkan velg dengan kualitas yang lebih jauh di bawah pelek aslinya.

Untuk mengetahui velg yang bagus, baik itu velg asli ataupun velg replika dapat kita ketahui dari kode yang tertera di velg tersebut. Kode tersebut memberi informasi tentang standar keamanan serta kualitas dari velg.

Biasanya pada velg dengan kualitas yang bagus akan terdapat loga JWL atau badan internasional yang menangani standarisasi untuk velg, baik itu velg asli atau velg replika. Atau juga terdapat logo VIA atau Japan Vehicle Inspection Association pada kode velg tersebut.

Hal ini dikarenakan semua pabrik yang memproduksi velg harus melewati tahap-tahap pengecekan/ qualty control tertentu sebelum diberi tanda lisensi JWL atau VIA, kode tersebut sebagai tanda/pengenal bahwa velg tersebut telah lolos uji standarisasi. Tanda lisensi JWL atau VIA pada velg ini,hanya terdapat pada velg bawaan dan velg asli atau orisinal ( Jepang, Amerika atau yanglainya ).

Untuk velg replika yang berkualitas bagus tidak semuanya terdapat kode JWL dan VIA. Hanya beberapa velg tertentu saja dan ada baiknya Anda untuk memilih velg yang berkode standar, baik itu velg asli ataupun velg replica. Lisensi tersebut akan mempermudah kita dapatkan velg berkualitas yang bagus dan tentu saja dijamin keamanannya.

Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai asumsi keliru masyarakat terhadap kualitas velg replika kendaraan dan penjelasan yang benar. Semoga penjelasan diatas bermanfaat. Terimakasih.

Artikel terkait :

Penyebab dan cara mengilangkan baret-baret pada velg kendaraan dengan cepat dan aman.

Tips menghilangkan noda aspal velg kendaran yang membandel.

Tips memasang velg mobil, cermati ukuran dan keserasian.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *