Perlukah Engine Flush Tiap Kali Ganti Oli? Dan Manfaat Engine Flush

Perlukah Engine Flush Tiap Kali Ganti Oli Dan, Manfaat Engine Flush - MekanikmitsubishiPerlukah Engine Flush Tiap Kali Ganti Oli? Dan Manfaat Engine Flush

Mekanikmitsubishi.comGanti oli merupakan perawatan yang harus selalu rutin dan tepat waktu dilakukan demi menjaga performa kendaraan milik Anda. Baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Oli memiliki banyak sekali fungsi, salah satunya adalah mengurangi gaya gesek dan mencegah terjadinya overheating pada mesin dengan mengurangi panas mesin dari pembakaran di ruang bakar/gaya gesek suatu komponen.

Baca juga :  Beberapa Penyebab oli mesin cepat habis/berkurang dan penangannya.

Untuk memiliki kinerja dan performa mesin kendaraan yang bagus Anda diwajibkan untuk mengganti oli di bengkel terpercaya untuk memastikan oli tersebut asli. Ganti oli sangat berguna sekali untuk menjaga kinerja mesin kendaraan Anda. Jika diibaratkan, oli merupakan minuman bagi kendaraan. Akibat buruk jika tidak rutin mengganti oli mesin, maka kinerja mesin kendaraan akan menurun bahkan tidak sedikit mesin mengalami kerusakan parah hanya karena telat ganti oli mesin.

Pergantian oli mesin sangatlah penting dan merupakan perawatan paling dasar sebuah kendaraan, bisa disimpulkan lebih baik telat atau jarang service dari pada kendaraan Anda telat ganti oli. Hal tersebut disebabkan karena fungsi oli yang sudah dijelaskan tadi. Dari bengkel resmi ataupun tidak seringkali menawarkan pembersihan bak mesin serta komponen didalamnya dari kerak oli dan kotoran mengunakan cairan khusus atau bisa disebut engine flush saat kita mengganti oli mesin.

Apa Itu Engine Flush? Dan Manfaatnya Saat Mengganti Oli Mesin

Baca juga :

5 tanda-tanda kendaraan harus ganti oli mesin.

5 cara mudah membedakan oli asli dengan oli palsu dengan cepat dan  akurat.

Engine flush merupakan cairan yang diformulasikan secara khusus untuk membersihkan serta merontokkan kerak dan endapan oli yang menempel pada bagian bak mesin yang dapat mempengaruhi kinerja serta performa mesin kendaraan Anda.

Penggunaan engine flush pada saat ganti oli mesin masih membuat banyak orang bingung. Jika Anda merupakan salah satunya, Anda dapat menyimak ulasan berikut mengenai manfaat dari engine flush serta perlu tidaknya engine flush saat ganti oli. Berikut adalah ulasan yang lebih lengkapnya.

Manfaat Engine Flush Pada Saat Ganti Oli

Seperti yang sudah kami informasikan sebelumnya bahwa engine flush sangat berguna untuk membersihkan bagian kendaraan Anda dari endapan cairan oli yang dapat membuat mesin berkerak. Namun, disamping itu engine flush juga memiliki manfaat lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat lain dari engine flush :

  • Membersihkan kerak pada mesin mobil
  • Menjaga suara mesin tetap halus
  • Membuat awet daya tahan mesin
  • Memperhalus mobil
  • Membuat oli bekerja lebih maksimal
  • Menjaga mesin agar tidak berkerak

Cara penggunaan engine flush sendiri cukup mudah dan sederhana. Sebelum Anda menguras dan mengganti oli mesin, cairan engine flush ini dimasukan terlebih dahulu ke dalam lubang pengisian oli. Kemudian nyalakanlah mesin selama 5 menit agar engine flush yang sudah dimasukan tadi dapat tersirkulasi dan bekerja dengan maksimal bersamaan dengan oli.

Hal tersebut berguna agar engine flush dapat merontokan dan membersihkan kerak yang menempel pada bagian mesin mobil Anda. Setelah kurang lebih 5 menit mesin kendaraan menyala dengan rpm stasioner, kuraslah oli lama sampai habis jika perlu semprot dengan tekanan angina dari kompressor dan gantilah dengan oli yang baru.

Catatan : “ jika penyemprotan angin ke bak mesin dengan kompressor sebaiknya selang compressor di beri filter air/water filter supaya bak mesin tidak terkena air yang di dapat dari angin yang tercampur air dari compressor.

Perlu Tidaknya Penggunaan Engine Flush Setiap Ganti Oli?

Engine flush memang memiliki banyak sekali manfaat untuk bagian mesin kendaraan Anda. Namun penggunaan engine flush ini tidak selalu bersaaman saat pergantian oli mesin, karena engine flush hanya berfungsi membersihkan kerak oli dan gram-gram yang menempel pada mesin kendaraan.

Untuk penggunaan engine flush sebaiknya jangan terlalu sering. Anda hanya perlu menggunakan engine flush ini setiap Anda melakukan service berkala per 10.000 km hingga 20.000 km. Untuk kurang dari kelipatan tersebut penggunaan engine flush tidak perlu dan dirasa kurang fungsi karena bak mesin dan komponen didalamnya masih bersih.

Ciri-ciri Mesin Kendaraan Perlu Menggunakan Engine Flush

Jika pembuangan oli masih normal maka Anda tidak perlu menggunakan engine flush. Tetapi jika pembuangan oli mulai mengental dan tidak lancar maka mesin mobil perlu menggunakan engine flush saat mengganti oli mesin untuk membersihkannya kembali. Untuk menghindari kotoran dan kerak yang ada pada bak mesin tersebut, sangat disarankan untuk service berkala dan mengganti oli sesuai dengan waktu dan km yang telah ditentukan.

Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai perlu dan tidaknya engine flush setiap pergantian oli mesin, dan manfaat engine flush untuk mesin mobil. Semogga bermanfaat. Terimakasih.

Artikel terkait :

Cara mudah mengganti oli mesin mobil yang baik dan benar.

Mengapa mobil perlu sporing dan balancing serta biaya yang dibutuhkan.

Penyebab bertambahnya usia kendaraan bikin boros BBM.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *