Perhatikan 4 Hal Sebelum Mudik Dengan Mobil

mekanikmitsubishi.comPerhatikan 4 Hal Sebelum Mudik Dengan Mobil Agar Lebih Nyaman Dan Aman saat Berkendara.

Mudik merupakan satu hal yang paling membahagiakan untuk semua umat Muslim didunia.Setelah sebulan berpuasa, hari raya idul fitri merupakan hari yang sangat ditunggu-tunggu.Bisa berkumpul bersama keluarga besar, saling bersilaturahmi, berkumpul dan mengobrol menjadi hal yang sangat membahagiakan.

Untuk mudik banyak orang yang menggunakan mobil karena lebih hemat dan juga efisien. Namun saat memutuskan untuk menggunakan mobil untuk mudik, anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum mudik dengan mobil, agar acara silaturahmi dan mudik yang anda lakukan lancar tanpa adanya halangan. Berikut beberapa hal tersebut:

Baca juga artikel : Tips hindari lelah dan mengantuk saat mudik saat mengemudi.

  1. Membawa peralatan darurat.

Salah satu hal sebelum mudik dengan mobil yang harus diperhatikan adalah membawa peralatan darurat.Hal ini merupakan hal wajib yang harus diperhatikan. Beberapa barang tersebut akan membantu anda jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan saat dijalan seperti mogok. Beberapa peralatan itu juga bisa membuat performa kendaraan menjadi maksimal atau prima.

Beberapa peralatan darurat yang wajib anda bawa adalah jas hujan, sarung tangan pengaman, senter, kotak p3k, segitiga pengaman, ban cadangan, kunci roda, dongkrak, pisau lipat, buku manual mobil dan tool kit.

  1. Lakukan inspeksi sebelum menggunakan mobil.

Selain mempersiapkan peralatan darurat, hal sebelum mudik dengan mobil yang harus diperhatikan adalah lakukan inspeksi sebelum menggunakan mobil.Inspeksi ini bertujuan untuk membuat kendaraan dalam keadaan yang prima dan siap untuk diajak mudik kekampung halaman.

Lakukan inspeksi pada minyak rem, oli power steering, dan minyak transmisi atau oli persneling.Periksa jumlah nya, mau diganti atau mau ditambahkan jika memang perlu.agar lebih yakin untuk keamanannya anda bisa membawa mobil anda ke service center.

  1. Periksa ban mobil anda.

Setelah melakukan inspeksi, anda juga harus melakukan pemeriksaan ban sebagai salah satu hal sebelum mudik dengan mobil yang harus diperhatikan. Ban merupakan satu-satunya penghubung mobil dengan jalanan, untuk itu keadaan ban yang baik sangat diperlukan. Kinerja mobil sangat bergantung dengan ban yang digunakan.

Agar perjalanan mudik anda lancar, periksa tekanan udara pada ban. Buat tekanan yang pas jangan kurang atau lebih, karena akan berdampak langsung kepada kinerja mobil yang anda gunakan. Periksa ban mobil anda bocor atau tidak, terdapat jejak paku atau tidak, agar nanti dijalan tidak mengalami kebocoran, selain itu ganti ban yang sudah tipis.

  1. Periksa rem mobil anda.

Selain ban yang harus diperiksa, rem mobil juga harus diperiksa. Rem ini akan menjadi penentu kehidupan anda, karena saat mobil berjalan dan rem tidak berfungsi akan mempertaruhkan nyawa para penumpang. Untuk itu rem menjadi satu hal sebelum mudik dengan mobil yang sangat diperhatikan.

Cara mengecek performa rem adalah merasakan saat mobil direm.Jika terasa menghambat, segera bawa mobil anda ke service center untuk diperbaiki.Jika tidak diperbaiki nanti bisa menyebabkan rem blong yang berbahaya untuk nyawa anda dan anggota keluarga lain. Selain adanya hambatan pada rem, bunyi yang muncul saat mengerem juga harus diwaspadai karena menjadi satu tanda masalah pada rem mobil anda.

Disaat hendak melakukan mudik, performa mobil sangat penting untuk diperhatikan.Karena sebagai kendaraan yang membawa anda kekampung halaman, keadaan mobil harus benar-benar baik.Dengan begitu anda sampai kekampung halaman dengan selamat dan lancar tanpa adanya gangguan apapun. Untuk itu hal sebelum mudik dengan mobil diatas harus sangat diperhatikan bagi anda yang hendak melakukan mudik kekampung halaman. Semoga mudik anda lancar tanpa suatu halangan apapun.

Artikel terkait :

Tips menyalip kendaraan saat mengemudi adar lebih aman.

Tips paling aman mengemudi saat mudik.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *