Perbedaan Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Plus

mekanikmitsubishi.comSejak kemunculan Pertalite, terjadi kehebohan dimana-mana. Ditambah lagi jika Anda mengetahui harga yang ditawarkan Pertalite tidak memiliki selisih yang begitu jauh dengan bahan bakar minyak jenis lainnya, Premium dan Pertamax. Di SPBU, Pertalite dijual dengan harga Rp 8.400 / liter.

Pertalite memang sengaja diluncurkan dengan harga yang agak sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan Premium dan lebih murah jika dibandingkan dengan Pertamax. Dalam hal ini, kualitas Pertalite tentu saja di atas Premium dan di bawah Pertamax.

Meskipun beberapa orang lebih memilih bahan bakar minyak dengan harga yang lebih murah, namun jika memperhitungkan kualitas masing-masing bahan bakar yang telah disediakan oleh Pertamina guna memaksimalkan agar performa kendaraan tetap optimal, alangkah baiknya jika Anda mengenal dan mengetahui karakteristik dari masing-masing bahan bakar minyak tersebut.

Premium

Premium atau yang lebih dikenal dengan bensin ini memiliki RON 88. Angka tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Plus. Tentu saja dengan harganya yang paling murah di antara jenis bahan bakar minyak yang tersedia, Premium memiliki beberapa kekurangan seperti berikut ini:

  • Ketika berada di dalam mesin kendaraan, Premium cenderung berdenotasi jika dibandingkan dengan jenis bahan bakar minyak lainnya, seperti Pertalite maupun Pertamax. Hal ini dikarenakan nilai RON Premium yang rendah akan membuat knocking menjadi lebih tinggi atau intensitas denotasi. Dalam artian knocking pada Premium bisa menyebabkan kinerja mesin menjadi berkurang sehingga menimbulkan pemborosan dalam pemakaian. Karena saat di dalam mesin, Premium akan mudah meledak dan terbakar, tidak sesuai dengan gerakan piston.
  • Jika dilihat dari perawatan mesin, knocking yang terjadi secara terus menerus bisa mengakibatkan kerusakan pada bagian piston mesin. Tentu saja hal ini akan membuat piston mengalami penggantian lebih awal karena keawetan piston menjadi menurun dalam kurun waktu tertentu.
  • Pada mesin kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak jenis Premium, maka gas buang hasil pembakaran yang dihasilkan akan mengandung gas Gas Carbon Oniksida (COX) dan Niterogen Oksida (NOX) lebih besar. COX dan NOX adalah hasil campuran dari zat aditif dan gas CO2 yang berasal dari bensin.

Pertalite

Nilai RON pada Pertalite lebih rendah dari Pertamax namun lebih tinggi dari Premium, yakni 90. Dengan nilai RON tersebut, tentu saja kualitas Pertalite lebih tinggi jika dibandingkan dengan Premium namun lebih rendah jika dibandingkan dengan Pertamax. Untuk mengetahui keunggulan Pertalite, berikut ini beberapa kelebihan bahan bakar minyak yang baru saja diluncurkan pada tanggal 24 Juli 2015 yang lalu::

  • Nilai RON pada Pertalitesebesar dua tingkat lebih tinggi dari Premium, yakni 90.
  • Dengan nilai RON yang mencapai 90, maka Pertalite mampu menstabilkan knocking mesin kendaraan menjadi lebih optimal.
  • Dengan harga yang ditawarkan Pertalite (Rp.8.400 per liter), maka hasil pembakaran yang dihasilkan oleh mesin yang menggunakan Pertalite menjadi lebih optimal jika dibandingkan dengan mesin yang menggunakan Premium.

Pertamax

Pertamax muncul sebagai pengganti Premix. Hal ini dikarenakan setelah ditemukan senyawa atau kandungan MTBE pada Premix yang ternyata sangat membahayakan bagi lingkungan. Pertamax sangat direkomendasikan bagi kendaraan yang memiiki teknologi injeksi.

Meskipun harga Pertamax lebih mahal, tapi bagi para konsumen yang lebih mengutamakan performa dan ketahanan mesin maka akan lebih memilih bahan bakar minyak jenis ini daripada bahan bakar minyak jenis lainnya dengan harga yang lebih murah. Meskipun mahal, berikut ini beberapa keunggulan Pertamax:

  • Pertamax memiliki RON yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bahan bakar minyak jenis lainnya, kecuali Pertamax Plus, yakni 92.
  • Dengan nilai RON yang mencapai di atas 90, maka Pertamax memiliki tingkat knocking atau denotasi yang cenderung lebih stabil. Hal ini sangat bermanfaat saat pembakaran pada mesin sehingga bisa mencegah kerusakan lebih awal pada mesin.
  • Mesin yang menggunakan Pertamax, maka kandungan gas COX dan NOX yang dihasilkan dari pembakaran mesin jauh lebih sedikit jika dibandingkan Premium.

Pertamax Plus

Bahan bakar minyak yang satu ini merupakan jenis bahan bakar minyak dengan kualitas premium karena telah memenuhi standar International World Wide Fuel Charter (IWWFC). Dengan kualitas yang ditawarkan, tentu saja harga Pertamax Plus jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan bahan bakar minyak jenis lainnya. Berikut ini beberapa kelebihan Pertamax Plus:

  • Pertamax memiliki nilai RON yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan Pertamax, yakni 95.
  • Dengan nilai RON yang lebih tinggi dari Pertamax, maka otomatis hasil pembakaran mesin yang dihasilkan oleh Pertamax Plus jauh lebih optimal jika dibandingkan dengan Pertamax.
  • Bahan bakar dengan oktan yang rendah, seperti Premium, maka cenderung akan meninggalkan kerak atau kotoran yang bisa menyumbat injektor mesin kendaraan. Nah, penggunaan Pertamax Plus dapat membersihkan timbunan kotoran dan kerak pada bagian tersebut. Dengan bersihnya injektor dan mesin kendaraan, maka tentu saja performa kendaraan akan menjadi jauh lebih optimal.
  • Pertamax Plus mampu melarutkan air dalam tangki bahan bakar kendaraan, sehingga bisa mencegah korosi dan karat di bagian tersebut.
  • Kandungan COX dan NOX yang dihasilkan oleh pembakaran mesin yang menggunakan Pertamax Plus jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan bahan bakar minyak jenis lainnya.

Nah, setelah mengetahui karakteristik, kekurangan dan kelebihan dari masing-masing jenis bahan bakar minyak, semoga bisa membantu Anda untuk memilih dengan cerdas bahan bakar minyak apa yang pantas untuk mesin kendaraan Anda. Dan bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut dan menambah wawasan Anda tentang Pertalite, tidak ada salahnya jika Anda membaca artikel kami sebelumnya tentang “Apa Itu Pertalite?”. Semoga bermanfaat.

9 comments

  • Mantab bos artikelnya, bermanfaat untuk menambah wawasan dibidang bahan bakar minyak.

    Reply
  • wah, thanks bang jadi lebih tahu tentang bahan bakar kendaraan

    Reply
  • pertamax plus belum nyoba, lebih bagus lagi jika ada perbnadingan gambarnya.

    Reply
  • jujur kalo saya sering pake premium untuk bahan bakar kendaraan saya :)

    Reply
  • Aril

    Sya punya motor satria f injeksi…sudah sebulan dari beli baru saya pakai premium….mau ganti pertamax gak masalah yah….pnjelasannya mohon

    Reply
    • permainanbayilucu

      Tidak mengapa mas….
      sebenarnya untuk semua motor menggunakan teknologi Injeksi sangat disarankan menggunkan RON up90 yakni pertalite atau pertamax lebih bagus, dan dari hasil penggunaan bahan bakar sendiri penggunaan pertamax jauh lebih irit dibandingkan dengan premium.
      manfaat penggunaan pertamax : motor saya jarang service, selalu prima, ruang bakar selalu bersih, ringan dikendarai dan knalpot motor bersih.

      disarankan jangan sering gonta-ganti jenis bahan bakar dalam jangka waktu / rentang waktu yang pendek.. umumnya akan menimbulkan masalah pada ijeksi dan fuelpum.nya..

      terimakasih.

      Reply
  • Andry

    Kenapa motor saya SUPRA X, seblum memakai pertamax jalanya lancar. Tapi setelah pakai motor saya jadi tersendat-sendat jalanya. Mohon penjelasanya ????

    Reply
    • permainanbayilucu

      Terimakasih sebelumnya sudah berkunjung,…
      Dari beberapa kejadian yang Anda alami mungkin tidak serta merta terjadi karena peralihan penggunaan jenis BBM, akan tetapi faktor lain yang mungkin berbarengan dengan hal ini. mohon untuk dicermati lagi dari faktor lainya, pertamax termasuk jenis BBM unggul dari pertamina.dari spesifikasinya memang lebih baik dari premim dan pertalite.
      kemungkinan tersendatnya kendaraan Anda disebabkan aliran bahan bakar di ruang pembakaran yang tidak maksimal. Kemungkinan yang paling besar jika memang tersendatnya laju kendaraan disebabkan peralihan BBM ke pertamax yakni kotoran,kerak pada saluran bahan bakar dan karburator/injektor yang terkelupas karena kandungan pertamax yang sanggup merontokan kotoran dan kerak.2

      jika kita menggunakan BBM pertamax secara rutin maka saat kita membongkar mesin baik karbu atau cylinder head/ piston akan terlihat lebih bersih dan tanpa adanya sisa pembakaran berbeda ketika kita selalu menggunakan premium ketia kita membongkar mesin atau karburator kita akn jumpai sisa.2 kotoran yang tertinggal.

      semoga ulasan dan jawaban
      kami bermanfaat.

      Reply
  • Leo-ny

    Siiip…trimakasih ulasannya sangat bermanfaat.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *