Penyebab, Gejala Dan Kerusakan Gardan Mobil Serta Solusinya

penyebabgejala-dan-kerusakan-gardan-mobil-serta-solusinya-mekanikmitsubishiBeberapa Penyebab,Gejala Dan Kerusakan Gardan Mobil Serta Solusinya Terbaiknya.

Mekanikmitsubishi.com – Gardan merupakan salah satu bagian atau komponen mobil yang memiliki fungsi sebagai penggerak roda mobil sehingga mobil bisa berjalan. Kecepatan dari gerakan gardan sendiri ditentukan oleh transmisi yang mana transmisi ini tersambung dengan mesin mobil yang berputar.

Sebutan lain dari gardan kendaraan ialah Differential,Komponen gardan ini terdiri dari beberapa gear di dalamnya yang dilengkapi dengan oli pelumas. Oli pelumas ini berfungsi untuk melumasi gigi atau gear agar tidak cepat aus, karena sistem kerja dari gardan ini harus selalu bergesekan antara bagian gear satunya dengan bagian gear yang lain.

Baca juga : Cek oli gardan mobil,kegunaan,perbedaan dan cara menggantinya.

Adapun urutan dari cara kerja gardan ini adalah mulai dari putaran mesin, setelah itu putaran awal ini diteruskan oleh transmisi. Transmisi ini bertugas untuk mengatur dan menentukan proses oper gigi atau perpindahan gigi. Setelah itu baru diteruskan oleh gardan yang akan membuat roda mobil tersebut bisa berputar dan berjalan.

Bagian-bagian dari gardan adalah cincin dorong, mur penyetel, pinion penggerak, roda gigi samping atau side gear, cincin atau O ring, bantalan belakang, pinion gear, spaser, tutup bantalan, pengunci mur penyetel, mur penyetel, differential caarier, penahan oli, baut, dan masih banyak lainya.

Putaran roda ban mobil akan bermasalah jika salah satu diantara bagian gardan tersebut mengalami masalah atau gangguan. Dan berikut adalah beberapa gejala dan kerusakan gardan mobil serta solusinya : 

Baca juga : 5 tips membedakan oli asli dengan oli palsu paling akurat.

  1. Timbul suara berdengung dan berisik

Suara berdengung dan berisik sering terjadi pada mobil yang menggunakan penggerak roda bagian belakang ketika mobil melaju dengan kecepatan tinggi. Permasalahan suara berdengung ini bisa disebabkan oleh gigi atau gear garden yang sudah mulai aus.Untuk mengatasi permasalahan ini, anda bisa mengganti gigi gardan tersebut dengan yang baru untuk menghilangkan bunyi berdengung.

Selain karena gigi gardan sudah aus, bunyi berdengung juga bisa disebabkan oleh longgarnya jarak bebas antara gigi atau gear gardan yang satu dengan yang lainya. Untuk mengatasinya anda cukup menyetel ulang jarak bebas antara gigi gardan tersebut.

  1. Timbul Getaran pada gardan

Pernahkah Anda merasakan bagian gardan mobil bergetar saat mobil sedang dalam posisi berjalan. Biasanya, penyebab dari getaran gardan itu bisa dikarenakan oleh kerusakan laher gardan yang sudah ambrol/rusak. Selain itu, getaran yang terjadi pada gardan juga bisa dikarenakan oleh gear atau gigi gardan tersebut ambrol akibat kualitas bahan yang buruk dan juga bisa dikarenakan benturan.

  1. Kebocoran oli gardan

Permasalahan pada gardan yang terakhir adalah oli gardan bocor. Kebocoran oli pada gardan mobil bisa terjadi oleh beberapa penyebab, namun biasanya dikarenakan 4 penyebab. Penyebab pertama adalah pada bagian baut tap oli garden yang mempunyai fungsi mengeluarkan oli gardan tersebut. Baut tersebut biasanya kurang kencang atau bisa saja drat baut yang sudah aus namun masih dipaksa untuk dipasang.

Penyebab kedua adalah packing gardan, untuk menyatukan antara selongsong gardan dengan gardan anda harus menggunakan lem. Pemberian lem pada gardan yang tidak merata bisa menjadi penyebab kebocoran oli gardan.

Yang ketiga, selain dua penyebab di atas tadi kebocoran oli gardan juga bisa bocor karena seal pinion yang sudah aus atau bisa karena karet pada seal pinion rusak atau sudah robek. Dan yang terakhir adalah disebabkan dari bagian seal roda bagian belakang untuk mobil penggerak roda bagian belakang saja.

Demikian tadi adalah informasi mengenai gardan mobil dari permasalahan, penyebab, gejala dan solusi menangani kerusakan gardan mobil. Semoga membantu dan bermanfaat untuk pembaca. Terima kasih

Artikel terkait :

Tips dan cara sederhana bikin polusi gas buang makin kecil.

Beberapa efek buruk telat mengganti filter udara yang wajib diketahui.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *