Penyebab,Dan Cara Ampuh Menghilangkan Bau AC Mobil

penyebabdan-cara-ampuh-menghilangkan-bau-ac-mobil-mekanikmitsubishiBeberapa Penyebab Dan Cara Ampuh Menghilangkan Bau Pada AC Mobil Dengan Mudah.

Mekanikmitsubishi.com – AC mobil tidak bisa dipungkiri menjadi salah satu perangkat penting yang harus ada di mobil. Selain berguna untuk mengusir hawa yang gerah, AC mobil juga berguna sebagai pendingin kabin terutama saat musim kemarau datang. Berbagai permasalahan pada AC mobil seperti bau yang tidak sedap dan apek sering kali mengganggu kenyamanan anda dalam berkendara.

Baca juga : Tips perawatan,pengecekan dan perbaikan AC mobil.

Keliru dalam memilih pengharum mobil dan minimnya perawatan interior adalah beberapa hal yang menjadi penyebab timbulnya bau tidak sedap dari AC mobil. Debu-debu dari luar yang mengendap di dalam evaporator akan mengganggu kinerja AC. Ya, saat debu bercampur dengan air dari saluran AC itulah akan memicu tumbuhnya jamur. Jamur inilah yang akan menyebabkan bau tidak sedap pada AC mobil. Jadi diperlukan pengharum ruangan yang tetap dan sesuai dengan kondisi mobil anda.

Interior yang tidak rutin dibersihkan, seperti membiarkan karpet basah hingga kering dengan sendirinya akan menyebabkan timbulnya jamur. Dan interior yang jarang dibersihkan seperti ini akan membuat udara menjadi lembab, yang membuat sirkulasi udara dari AC terganggu.

Namun kini anda tak perlu khawatir lagi, sebab ada banyak cara jitu untuk menghilangkan bau apek dan bau tidak sedap pada AC mobil anda. Kira-kira apa saja ya tips jitunya? Penasaran kan? Langsung saja, simak info selengkapnya di bawah ini.

Cara menghilangkan bau AC yang pertama ialah dengan membersihkan seluruh bagian dalam mobil anda, termasuk membersihkan AC itu sendiri. Gunakan vacum cleaner untuk membersihkan interior mobil dari debu yang menempel. Sedangkan untuk membersihkan AC, anda cukup menyemprotkan udara bersih bertekanan ke dalam AC untuk menghilangkan debu-debu yang menempel di dalamnya. Hindari penggunaan air, karena air berpotensi merusak mesin AC itu sendiri.

Pastikan seluruh interior bersih dari debu serta air. Periksalah bagian AC dengan teliti, hal ini bertujuan untuk mengetahui kebocoran AC yang memicu pertumbuhan jamur dan udara menjadi lembab.

Cara menghilangkan bau apek yang kedua ini bisa dibilang cukup mudah dan tidak ribet sama sekali. Ya, anda hanya perlu mengganti udara kotor dan berbau yang terperangkap dalam AC mobil anda. Caranya dengan memarkirkan mobil di tempat yang terbuka, lalu buka semua pintu dan kaca mobil. Nyalakan AC mobil dengan kecepatan maksimal agar udara tidak sedap yang ada di AC dapat berganti dengan udara segar dari luar. Lakukan hal ini kurang lebih selama 10 menit.

Nah, sekarang lanjut ke cara mengusir bau tidak sedap pada AC mobil yang ketiga. Caranya dengan mengganti pengharum mobil anda secara rutin. Belilah pengharum mobil yang berkualitas, meskipun harganya agak sedikit mahal. Hal ini sebanding dengan keharuman tahan lama yang ditawarkan.

Sebelum menggunakan pengharum mobil, ada baiknya anda menggunakan produk penyerap kelembaban ruangan terlebih dahulu. Produk ini berfungsi untuk melalap habis sisa-sisa bau apek, maupun bau tidak sedap yang berasal dari bau parfum yang anda gunakan.

Cara lain yang bisa anda terapkan untuk mencegah bau tidak sedap pada AC mobil ialah menghindari penggunaan pengharum ruangan abal-abal, hindari merokok di dalam mobil (asap rokok dapat mengendap di dalam filter AC dan menyebabkan bau tidak sedap saat AC dinyalakan), dan buang jauh-jauh kebiasaan membuka jendela saat berkendara apalagi ketika jalanan penuh debu.

Demikian adalah beberapa tips ampuh menghilangkan bau pada AC mobil dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait :

Tips mudah hilangkan bau menyengat pada kabin mobil.

Cara menjaga suhu kabin mobil saat musim panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *