Penyebab Utama Tarikan Mobil Brebet Tak Bertenaga

penyebab-utama-tarikan-mobil-brebet-tak-bertenaga-mekanikmitsubishiPenyebab Utama Yang Sering terjadi Dari Tarikan Mobil Brebet Tak Bertenaga Yang Bisa Membuat Perjalanan Anda Terganggu.

Mekanikmitsubishi.com – Mobil brebet tak bertenaga sering kali terjadi dan tentu saja cukup membuat anda terganggu ketika sedang dalam perjalanan. Karena biasanya setelah mobil anda brebet bisa tiba-tiba berhenti atau malah menghentak. Hal itu akan merepotkan anda jika itu terjadi ketika di jalan yang sepi tidak ada bengkel.

Nah dengan alasan seperti itu sebaiknya anda mengetahui penyebab tarikan mobil brebet tak bertenaga supaya bisa tahu juga solusi untuk mengatasinya. Karena jika anda tidak paham dengan penyebabnya tentu anda tidak akan bisa mengatasinya. Oleh karena itu kenali penyebab mengapa mobil anda bisa berhenti tiba-tiba atau penyebab kerusakan pada mesin lainya.

Karena jika anda tahu penyebabnya anda bisa mengatasi sendiri dulu sebelum membawanya ke bengkel. Dan Di bawah ini ada beberapa penyebab tarikan mobil brebet tak bertenaga. Yaitu :

  1. Tidak maksimalnya pasoka api

Penyebab tarikan mobil brebet tak bertenaga yang pertama adalah tidak maksimalnya atau tidak sempurna pasokan api atau bahan bakar yang dikirim dari sumber ke tujuanya. Hal itu menjadi salah satu penyebab tarikan mobil brebet tak bertenaga. Contohnya ketika anda sedang memindah gigi dan mesin brebet, karena kondisi pembakaran yang sudah tidak bagus.  Baca juga : Cara membersihkan busi yang baik dan benar.

  1. Filter udara kotor

Filter udara atau saringan udara yang kotor akan menghambat udara yang masuk ke ruang pembakaran, sehingga bisa menjadi penyebab tarikan mobil brebet tak bertenaga. Baca juga: Cara membersihkan dan merawat filter udara dengan benar.

  1. Busi sudah tidak berfungsi

Penyebab tarikan mobil brebet tak bertenaga yang ketiga adalah bisa disebabkan oleh busi yang sudah tidak berfungsi dengan baik atau perlu diganti. Hal it juga salah satu penyebab mesin mobil brebet, jika busi sudah tidak berfungsi baik sebaiknya diganti dengan yang baru. Baca juga : Penjelasan efek buruk salah memilih busi yang berakibat fatal.

  1. Coil bocor

Coil bocor juga bisa menjadi salah satu penyebab tarikan mobil brebet tak bertenaga. Karena pengapian atau pembakaran yang disalurkan oleh koil kurang sempurna karena adanya kebocoran, sehingga mengakibatkan busi tidak mendapat pasokan pembakaran secara maksimal atau secara sempurna. Baca juga: 6 tanda coil mati,fungsi dan solusi terbaiknya.

  1. Steam mobil

Penyebab tarikan mobil brebet tak bertenaga yang terakhir adalah steam mobil. Melakukan perawatan seperti dengan mencuci tentu harus anda perhatikan terutama di tempat pencucian atau car wash yang memakai alat steam. Anda harus berkomunikasi atau berinteraksi dengan tukang cuci mobilnya untuk hati-hati ketika membersihkan mobilnya, sebaiknya diberitahu jika mesin mobil jangan dibersihkan atau disiram dengan air tetapi cukup dilap saja dengan menggunakan kain.

Jika anda ingin mengetahui apakah ada kebocoran di sistem pengapian atau tidak anda bisa mengeceknya pada malam hari. Caranya simpan mobil anda di tempat yang gelap, kemudian nyalakan mesin mobil. Cek atau pantau di sekitar perangkat pengapian atau pembakaran, jika ada kebocoran biasanya akan langsung terlihat.

Lain halnya jika anda ingin mengecek jika ada masalah dalam sistem bahan bakar. Salah satu caranya adalah dengan menginjak pedal gas sampai menyentuh dek secara tiba-tiba. Jika ada brebet sebaiknya anda segera memeriksa pada bagaian atau komponen-komponen yang ada. Selain itu komponen penerima dan pemberi perintah mesin juga dapat menyebabkan mesin mobil anda brebet. Seperti air flow, ECU, camshot sensor atau juga crank sensor. Baca juga : Bahaya sering mencuci kendaraan yang wajib diketahui.

Demikian tadi adalah beberapa penyebab tarikan mobil brebet tak bertenaga yang bisa membuat perjalanan anda sedikit terganggu. Tetapi jika anda sudah mengetahui penyebabnya tentu anda sudah tidak akan bingung lain untuk penanganan pertama sebelum dibawa ke bengkel atau tukang servis mobil. Semoga bermanfaat dan membantu.

Artikel terkait :

5 cara mudah mengganti air radiator sendiri dirumah.

Cara merawat timing belt agar lebih awet dan tips mencegah mudah putus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *