Penyebab Suara Aneh Pada Mobil Dan Cara Pengecekan Serta Mengatasinya

kenali-penyebab-suara-aneh-pada-mobil-dan-cara-mengatasinya-mekanikmitsubishiYuk, Kenali Penyebab Suara Aneh Pada Mobil Dan Cari Tau Cara Mengatasinya.

Mekanikmitsubishi.com – Suara berisik pada mobil merupakan salah satu hal yang bisa membuat kenyamanan berkendara terganggu. Sumber suara berisik ini biasanya berasal dari komponen dalam mobil. Suara ini bisa dibilang sebagai alarm alias tanda pengingat agar Anda memeriksa semua komponen mobil dengan seksama. Ya, bunyi yang tidak biasa ini menandakan beberapa komponen mobil Anda rusak sehingga harus diganti segera.

Baca juga : Penyebab knalpot mobil bersuara menembak-nembak dan tips mengatasinya.

Kalau sudah begini, Anda tentu perlu mengenali penyebab suara itu ya? Dan tak ketinggalan juga bagaimana cara untuk mengatasinya. Tidak perlu gundah apalagi resah. Karena beberapa langkah mudah di bawah ini bisa Anda jadikan referensi agar tetap waspada dari kemungkinan komponen rusak yang akan menimpa mobil Anda.

Berikut tips pengecekan suara aneh pada mobil dan cara mengatasinya :

Baca juga : Cara membedakan bunyi tak wajar antara bearing roda dan ban mobil.

  1. Kebocoran pada pipa pembuangan

Sistem pembuangan pipa yang bocor dapat memicu timbulnya suara berisik pada mobil Anda. untuk mengatasi hal ini, periksalah pipa pembuangan secara berkala. Jika Anda menemui kebocoran pipa, gantilah dengan pipa yang baru secepatnya.

  1. Bantalan kompresor yang sudah aus

Terdengar suara berisik setelah menyalakan AC pada mobil? Jika ia, besar kemungkinan bantalan kompresor Anda sudah aus. Untuk mengatasinya, gantilah dengan bantalan yang baru bila Anda tidak mau ada suara berisik lagi pada saat anda menghidupkan AC.

Langkah lain yang bisa Anda coba ialah mengecek bearing kompresornya. Jika keadaan komponen itu tidak bermasalah, alihkan perhatian Anda ke oli kompresor. Menyusutnya minyak pelumas kompresor disebabkan adanya kebocoran atau jumlahnya yang berkurang karena pemakaian,  juga menjadi penyebab lain mengapa kompresor mengeluarkan suara berisik. Baca juga : Cara mudah deteksi kerusakan mounting dan bushing dan solusinya.

  1. Keadaan van belt yang mulai longgar

Van belt dapat menjadi penyebab munculnya suara berdengung pada mobil, hal ini biasanya disebabkan oleh setelah v-belt yang tidak pas, bisa jadi terlalu kencang atau longgar. V-belt yang tidak segera diganti akan menyebabkan kerja water pump mesin terhambat dan overheating pada suhu mesin.

Kerusakan pada v-belt juga menyebabkan alternator tidak bisa melakukan pengisian arus listrik ke aki, sehingga menyebabkan mobil mogok.

  1. Pelumas yang sudah kadaluarsa

Pelumas yang sudah kadaluarsa alias sudah habis daya lengketnya akan menyebabkan komponen mesin cepat aus karena terjadi gesekan antar sisi pada mesin. Gesekan ini tentu akan menimbulkan suara berisik pada mobil setelah dihidupkan.

Cara mengatasinya cukup mudah, cek sumber bunyi itu dan lumasi dengan grease untuk mencegah terjadinya gesekan pada bagian lain. Penggunaan grease sebagai pelumas dikenal lebih awet dan tidak akan menyiprat ke bagian mesin yang lain.

  1. Shockbreaker yang harus diganti

Pastikan shockbreaker pada mobil Anda masih memiliki performa yang prima. Tapi jika Anda cek dan ternyata shockbreakernya sudah aus, segeralah ganti dengan shockbreaker yang baru. Kenapa? Shockbreaker yang sudah aus akan membuat handling tidak stabil terutama saat mobil melaju dengan kecepatan tertentu. Dampak yang ditimbulkan dari kerusakan shockbreaker ialah munculnya suara berisik yang berasal dari bagian bawah mobil.

  1. Gunakan pelindung pada mesin

Salah satu alternatif yang bisa Anda coba untuk mengurangi suara berisik pada mobil ialah memasang pelindung pada mesin. Ya, selain punya fungsi utama melindungi mesin, alat yang satu ini juga dapat menghalau suara berisik yang berasal dari dalam mesin.

  1. Tambahkan peredam suara

Jika 6 langkah sudah Anda coba dan hasilnya kurang memuaskan, masih ada cara lain yang bisa Anda coba, yaitu menambahkan peredam suara diantara bodi dan interior pada mobil Anda.

Kini Anda sudah tidak perlu ambil pusing jika menjumpai suara mobil yang mendengung secara tiba-tiba. 7 cara diaatas bisa membantu Anda untuk mendeteksi suara berisik beserta langkah mengatasinya akan membantu Anda keluar dari masalah ini. Semoga membantu.

Artikel terkait :

Penyebab suspensi terdapat bunyi bernturan berulang-ulang dan solusinya.

5 komponen mudah rusak jika mengemudi mobil secara ugal-ugalan.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *