Penyebab Starter Mobil Terasa Berat Dan Cara Mendeteksinya

penyebab-starter-mobil-terasa-berat-dan-cara-mendeteksinya-mekanikmitsubishiApa Penyebab Starter Mobil Terasa Berat Dan Cara Mudah Mendeteksinya?

Mekanikmitsubishi.com – Saat baru pertama kali belajar mengendarai mobil, yang pertama anda lakukan pasti menyalakan starter mobil. Ya, meskipun ini hal yang sangat mudah namun merupakan hal pokok yang tetap harus anda pelajari.

Baca juga : Penyebab dan cara mudah mengatasi mobil tidak bisa distarter.

Mengapa? Karena di suatu kondisi, terkadang starter mobil anda terasa berat dan sulit untuk dinyalakan. Sebagai orang yang belum pernah berkecimpung di dunia otomotif pasti belum tahu apa sebabnya dan bagaimana cara mendeteksi kerusakannya.

Nah berikut ini akan dijelaskan beberapa penyebab starter mobil terassa berat dan cara mendeteksi kerusakananya dengan mudah.

  • Penyebab
  1. Tegangan Aki hampir habis

Masalah umum yang paling sering dijumpai ketika starter mobil terasa berat yaitu karena tegangan aki yang sudah tidak memadai. Hal ini bisa terjadi karena usia pakai aki tersebut yang biasanya sudah melampaui batas.

Baca juga : Berikut tips dan cara memilh aki yang bagus dan berkualitas.

Nah cara untuk mendeteksinya sendiri adalah dengan melihat multi meter atau volt meter yang terdapat pada aki. Volt meter ini akan menampilkan sisa tegangan pada aki mobil anda. Atau untuk cara yang lebih mudah yaitu dengan mengganti aki menggunakan yang baru. Apabila ketika sudah diganti starter menjadi ringan kembali maka sudah dipastikan bagian yang bermasalah adalah aki nya saja.

  1. Busi yang bermasalah

Kemungkinan penyebab starter mobil terasa berat yaitu karena busi yang sudah mengalami masalah. Biasanya, masalah yang terjadi pada bagian busi adalah busi yang terlalu kotor atau renggangnya yang terlalu rapat atau besar.

Baca juga : Apa pengaruh busi pada performa mesin kendaraan,dan penjelasannya.

Lalu bagaimana cara mengeceknya? Anda cukup melepas busi terlebih dahulu kemudian bersihkan. Sedangkan untuk masalah busi dimana celahnya terlalu besar atau rapat, anda harus mengeceknya menggunakan alat yang disebut feller gauge. Dan untuk mengembalikannya pada kondisi normal, baiknya serahkan pada mekanik yang paham akan mesin.

  1. Karburator banjir

Pada beberapa jenis mobil yang menggunakan karburator, kemungkinan penyebab starter mobil terasa berat bisa juga karena karburator yang banjir.  Ya, karburator yang sudah terkena air dalam jumlah yang cukup banyak akan menyebabkan starter mobil sulit dinyalakan.

Untuk mengecek karburator sendiri anda harus melepaskannya terlebih dahulu. Dan jika benar karburator banjir, baru setelah itu setel ulang bagian pelampung kembali ke posisi yang benar.

Baca juga : Tips dan cara service karburator mobil sendiri dengan mudah dan cara menganalisis kerusakannya.

  1. Pompa bensin lemah

Tak hanya bagian dalam mesin saja, bagian saluran mesin yang berhubungan dengan tangki mobil pun dapat menyebabkan mobil menjadi sulit distarter. Bagian tersebut yaitu pompa bensin.

Ya, ketika pompa mobil sudah tidak maksimal maka suplai bahan bakar pun menjadi tak seimbang, hasilnya mobil akan sulit distarter. Dan untuk masalah yang satu ini, baiknya segera bawa ke bengkel untuk diganti dengan pompa bensin baru yang kinerjanya masih bagus.

  1. Sensor WTS bermasalah

Bagi anda yang menggunakan mobil dengan injeksi, pasti terdapat satu sensor yang disebut dengan sensor WTS. Sensor ini bertugas untuk mendeteksi suhu pada mesin mobil, kemudian mengirimkannya ke bagian ECU.

Nah jika sensor WTS sudah bermasalah, dan menyebabkan pengiriman sinyal menjadi salah, maka secara otomatis akan berpengaruh terhadap sistem kerja injeksi mobil. Dan lebih fatalnya, bisa membuat mobil sangat sulit distarter.

Karena cara pengecekkannya cukup rumit, ada baiknya membawanya langsung ke bengkel.

Baca juga : Bahaya dan efek buruk jika sering kehabisan bahan bakar.

Yang perlu anda ingat dari penjelasan di atas adalah sebaiknya jangan mencoba membenahi kesalahan pada mobil anda jika anda sendiri tak mengetahui dengan betul bagaimana cara membenahinya. Membawanya ke bengkel akan jauh lebih baik.

Selain itu, baiknya anda sering melakukan service untuk mendeteksi kemungkinan adanya masalah pada salah satu bagian di mobil anda. Demikain artikel ini mengenai beberapa penyebab stater mobil terasa berat dan cara mendetektinya kerusakannya serta tips penanganannya.

Artikel terkait :

Penyebab sekring kendaraan sering dan mudah putus serta solusi penanganannya.

Cara menjumper aki mobil paling mudah dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *