Penyebab Shockbreaker Mobil Bocor Yang Jarang Diketahui

Penyebab Shockbreakers Pada Mobil BocorPenyebab Shockbreaker Pada Mobil Bocor Yakni Banyak Faktor,Kurangnya Perawatan Berkala Merupakan Akar Masalahnya.

Mekanikmitsubishi.com – Saat mengendarai mobil, kehati-hatian sangat di perlukan.Tidak hanya untuk menjaga keselamatan jiwa pengemudi dan penumpangnya, namun juga untuk menjaga keawetan mobil.

Salah satu kemungkinan terbesar bagian mobil yang akan rusak ketika anda mengendarai dengan cara yang tidak benar (ugal-ugalan) adalah rusaknya bagian transisi mobil yaitu shockbreakers yang menjadi bocor.

hanya terdapat kebocoran ringan maka hanya akan terjadi rembesan oil.

Baca juga : Tips mengenal ciri-ciri shockbreaker bekas yang masih baik dan terawat dengan mudah.

Lalu sebenarnya apakah penyebab shockbreakerspada mobil bocor yang lebih detail? Berikut ini penjelasannya :

  1. Upper mounting tidak terpasang dengan baik. Meskipun sudah memiliki alas atau dudukan, akan tetap bagian upper mounting (bagian atas shockbreaker) ini tetap harus di pasang dengan sempurna. Pemasangan yang sempurna ini bertujuan agar shockbreakerdapat bekerja normal dan tidak melebihi beban normal kerja. Sedangan pemasangan upper mounting yang tidak pas dapat menjadikan shockbreaker menjadi bekerja melebihi beban normal yang seharusnya, sehingga berkemungkinan menjadi cepat rusak.
  2. Kotoran juga dapat menjadi penyebab shockbreaker pada mobil bocor, pasalnya kotoran yang menempel pada bagian as shockbreak ini bisa menyebabkan seal karet menjadi sobek dan menjadikan oil bocor melalui sela karet yang sobek tersebut.
  3. Penyebab shocbreaker pada mobil bocor berikutnya yaitu karena muatan mobil yang selalu melebihi batas anjuran, serta jalan yang di lalui merupakan jalan rusak yang mengharuskan mobil bekerja keras untuk bisa melewati medan tersebut.
  4. Ban mobil yang sudah aus juga sering kali menjadi penyebab shockbreakerpada mobil rusak, karena ketika ban mobil aus mobil akan sulit di menjaga keseimbangan ketika berbelok.
  5. Jika anda memaksakan setir mobil berputar melebihi batas juga dapat menjadi penyebab shockbreakerpada mobil rusak. Terlebih lagi jika anda mengendarai mobil dalam kecepatan tinggi.

5 penyebab shockebreakerpada mobil bocor tersebut dapat di antisipasi dan di cegah, sehingga shockebreaker mobil anda tetap awet.Meskipun sudah mengetahui penyebab shockbreaker pada mobil bocor dan sudah berusaha untuk menghindari 5 penyebab tersebut, namun anda tetap harus mengetahui ciri-ciri lengkap shockbreaker bocor.

Apasajakah ciri-ciri shockbreaker bocor/rusak? Berikut penjelasannya :

  • Indikasi awal yang bisa anda ketahui yaitu dari permukaan ban. Ketika ban aus dengan permukaan yang tidak rata, maka bisa di pastikan ini adalah ciri shockbreaker anda telah rusak.
  • Ban yang menyentuh spakbor juga bisa menjadi ciri shocbreaker rusak. Hal ini bisa di ketahui ketika anda melalui jalan yang terdapat polisi tidur, dan tepat ketika melewati polisi tidur tersebut kerusakan atau ciri ini akan sangat terasa jelas.
  • Selain ketika melewati polisi tidur, anda juga dapat mengidentifikasi kerusakan shockbreaker ketika melewati jalan yang berlubang.
  • Tidak hanya ban yang terasa menyentikspakbor, kerusakan shockbreaker juga dapat terasa ketika melewati polisi tidur dengan ciri-ciri ayunan terasa lebih cepat. Yaitu ketika suspensi terasa memantul lebih dalam.
  • Ketinggian mobil yang tidak rata juga bisa menjadi salah satu ciri kerusakan shockbreaker. Ketidakseimbangan tinggi mobil ini biasanya akan terasa secara mendadak atau tiba-tiba

Sudah jelas bukan, penyebab dan ciri-ciri shockbreaker yang rusak?

Dengan mengetahui penyebab shockbreaker mobil bocor beserta ciri-cirinya, di harap anda bisa  lebih berhati-hati saat berkendara, serta dapat lebih jeli dalam memahami setiap ciri. Sehingga apabila mengetahui satu ciri-ciri shockbreaker rusak, maka dapat langsung di atasi tanpa harus membuatnya menjadi lebih parah.

Artikel terkait :

Memahami tanda-tanda kerusakan pada komponen shockbreaker secara akurat.

Tips perawatan shockbreaker agar selalu prima dan awet dengan simpel.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *