Penyebab Oli Mesin Cepat Habis dan Berkurang

penyebab-oli-mesin-cepat-habis-dan-berkurang-mekanikmitsubishiIni Dia Penyebab Oli Mesin Cepat Habis dan Berkurang.

Mekanikmitsubihsi.com – Oli merupakan salah satu komponen pada motor dan mobil yang punya peran vital. Selain berfungsi sebagai pelumas mesin, oli juga berperan sebagai pendingin dari gesekan yang terjadi di dalam mesin. Selain itu oli juga bertugas sebagai pelindung dinding celah antara komponen satu dengan komponen lain untuk mereduksi gesekan yang terjadi.

baca juga : Bahaya mengerikan sering telat mengganti oli mesin yang jarang diketahui.

Namun seringkali oli cepat habis dan berkurang secara tiba-tiba. Padahal anda baru saja menggantinya. Mengapa hal ini bisa terjadi? Pastilah ada penyebabnya. Penasaran apa saja yang menjadi penyebab oli mesin cepat habis dan berkurang? Yuk simak info selengkapnya di bawah ini :

Baca juga : Tips membedakan oli asli dengan oli palsu dengan mudah dan akurat.

  1. Seal klep atau katup bocor

Penyebab oli mesin cepat habis dan berkurang yang jarang disadari oleh sebagian besar orang ialah kebocoran pada seal mesin. Letak seal mesin ini berada disela bagian antara sambungan mesin. Komponen ini dapat dijumpai baik pada motor maupun mobil.

Seperti komponen mobil atau motor pada umumnya, komponen ini juga memiliki usia. Seiring dengan berjalannya waktu, seal klep ini akan mengeras. Pengerasan ini akan memicu seal menjadi robek dan terjadilah kecoboran. Kebocoran ini akan mengakibatkan oli cepat habis dan berkurang dalam waktu yang cepat pada saat proses pembakaran mesin mobil sedang berlangsung.

Untuk mengetahui hal ini anda bisa memeriksa bagian sambungan penutup mesin yang tampak sealnya, jika pada bagian itu terdapat rembesan sudah bisa dipastikan seal klep mengalami kebocoran. Untuk menggantinya beberapa mobil atau motor harus turun mesin.

  1. Mesin bocor

Kebocoran pada mesin mobil/motor juga bisa menjadi penyebab oli mesin cepat habis dan berkurang. Hal ini dapat disebabkan oleh block packingnya yang kurang pas atau sempurna.

Untuk menghindari kebocoran pada mesin, anda bisa mengeceknya secara rutin dengan melihat daya tahan dari block packing dan ring piston. Bagian ini memang tidak mengakibatkan kebocoran, namun membuat oli ikut terbakar.

Cara lain yang bisa anda gunakan untuk mengetahui kebocoran pada mesin ialah dengan mengamati bagian mesin itu sendiri. Mesin yang mengalami kebocoran akan mengeluarkan oli dari celah-celahnya.

  1. Ring seher/ boring aus atau ring piston aus/ lengket

Penyebab yang selanjutnya ialah ring seher/boring aus atau ring piston yang aus. Hal ini akan menyebabkan oli pelumas mesin yang berada di cylinder tidak tersapu dengan sempurna oleh ring piston, sehingga menyebabkan oli terbakar pada saat proses pembakaran dan akan membuat oli mesin cepat habis alias berkurang dalam waktu yang singkat.

  1. Urutan pemasangan ring piston yang tidak benar

Pemasangan ring piston yang tidak benar juga dapat mengakibatkan oli mesin berkurang. Pemasangan ring piston yang tidak tepat akan menyebabkan oli tidak tercampur sempurna dan terbakar.

  1. Oli motor yang menguap

Oli berbentuk cairan yang pada dasarnya mudah menguap apabila terkena panas. Oli yang menguap biasanya terjadi pada motor yang seringkali terjebak kemacetan. Suhu pada daerah yang macet terbilang cukup tinggi. Hal inilah yang memicu penguapan pada oli.

  1. Asap putih pada knalpot kendaraan

Asap putih pada knalpot kendaraan merupakan dampak yang ditimbulkan dari seal klep yang bocor, ring piston yang aus, atau kesalahan pemasangan pada ring piston. Ketiga faktor ini menyebabkan oli ikut terbakar yang kemudian memunculkan asap putih pada knalpot.

Demikian adalah beberapa penyebab oli mesin cepat habis dan berkurang. Semoga bermanfaat untuk anda.

Artikel terkait :

Berikut tips dan cara mengganti oli mesin mobil yang baik dan benar.

Cek kualitas oli mesin mobil sendiri tanpa perlu ke bengkel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *