Penyebab Knalpot Bocor,Bahayanya Dan Cara Menanganinya

penyebab-knalpot-mobil-bocor-bahayanya-dan-tips-penanganan-terbaiknyaInilah Bahaya Knalpot Bocor, Penyebabnya Dan Tips Menanganinya.

Mekanikmitsubishi.com – Setiap bagian atau komponen mobil tentu harus diperhatikan dan dirawat agar tidak menimbulkan masalah yang akan mengganggu kenyamanan dan juga bisa membahayakan. Seperti kanvas rem menipis, rem sudah mulai aus, atau knalpot mobil yang bocor. Tentu permasalahan tersebut tidak bisa dianggap sepele dan diabaikan begitu saja.

 

Baca juga : Tips membersihakan kolong mobil tanpa merusak lapisan anti karat.

Jika rem atau kanvas yang menipis bisa menimbulkan bunyi dan itu akan membuat kenyamanan anda berkurang karena bunyi tersebut. Namun, jika permasalahan timbul dari knalpot bocor, maka anda harus segera menanganinya karena jika dibiarkan akan berbahaya.

Dan di bawah ini beberapa bahaya yang akan terjadi ketika knalpot bocor dan penyebabnya serta cara untuk menanganinya :

Baca juga : Beberapa penyebab yang sering terjadi jika knalpot bersuara menembak-nembak.

Asap yang berasal dari knalpot mobil merupakan asap yang mengandung banyak partikel-partikel jahat dan berbahaya, seperti karbon monoksida, ozone, formaldehyde, dan juga bisa terdapat timbalnya.

Jika molekul-molekul tersebut dihirup oleh paru-paru anda, kemudian terserap, dan mengalir dalam darah. Hal itu tentu akan mencemari organ dalam tubuh lainnya, lebih dari itu, bahaya dari knalpot bocor akan menimbulkan kerusakan pada organ tubuh anda.

Selain bisa merusak organ tubuh manusia, kebocoran yang terjadi pada knalpot juga terkadang bisa membuat tenaga mesin mobil anda berkurang dan loyo. Knalpot bocor bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya adalah karena faktor usia.

Selain itu, knalpot bocor juga bisa dipicu oleh karat atau korosi. Dan korosi yang terjadi bisa disebabkan oleh efek kondensasi atau di karena perbedaan temperatur udara antara luar dan dalam pipi knalpot mobil anda.

Penyebab Knalpot Mobil Bocor Akibat Faktor Usia Dan Korosi.

Penyebab utama knalpot mobil bocor adalah faktor usia kendaraan,korosi adalah awal mula penyebab knalpot mobil bocor. Korosi terjadi karena adanya proses kondensasi yakni adanya perbedaan  temperature di area sekitar knalpot dan di unit knalpot itu sendiri..

Korosi juga sering terjadi karena adanya endapan air pada unit / lambung knalpot,dan tips pencegahannya yakni dengan jangan menghidupkan mesin pada rpm rendah terlalu sering.

Penyebab knalpot mobil bocor akibat dari proses korosi selanjutnya adalah kandungan garam yang sangat tinggi. Tips perawatanya ialah bilas mobil dengan air tawar jika mobil Anda kehujanan dalam waktu yang lama atau pada saat Anda dan keluarga berlubur di pantai.

Baca juga : Bahayakah jika terdapat air menetes pada ujung knalpot mobil..??

 

  • 5 Cara Terbaik¬†Menangani Knalpot Mobil bocor.

 

  1. Mengelas bagian knalpot yang bocor

Jika knalpot mobil anda mengalami kebocoran, anda bisa mengatasinya dengan cara mengelas pada bagian-bagian yang bocor tersebut.

  1. Ganti knalpot baru

Namun jika kebocoran sudah terlalu parah, anda bisa mengganti dengan knalpot yang baru agar kinerja mesin menjadi lebih baik dan optimal kembali.

  1. Manfaatkan alumunium foil

Yaitu dengan melipat alumunium foil tersebut sampai membentuk tali. Kemudian dibulatkan sampai membentuk lingkaran. Setelah itu pasang alumunium foil ini pada bagian antara pipa knalpot dan bagian pakingnya.

  1. Gunakan plastik steel

Selain bisa dengan alumunium foil, anda juga bisa menangani knalpot bocor dengan menggunakan plastik steel.

  1. Lem besi

Solusi untuk mengatasi knalpot bocor tanpa harus mengganti adalah dengan menggunakan lem besi. Anda bisa mendapatkan lem besi ini di toko bangunan terdekat. Sebelum anda merekatkan lem besi ke knalpot, pastikan terlebih dahulu knalpot mobil anda sudah benar-benar kering. Setelah ditunggu sampai kering, campurkan lem puih dan lem hitam sampai merata.

Setelah mencampurkan lemnya, tempelkan dan rekatkan segera pada bagian knalpot yang bocor tersebut. Untuk hasil yang lebih optimal, ratakan lem tersebut dengan tangan anda, setelah itu diamkan mengering selama beberapa saat.

Namun, alangkah baiknya jika anda rutin mengecek dan memeriksa kondisi knalpot. Jika anda menemukan knalpot sudah menimbulkan tanda kebocoran, segera lakukan perawatan sendiri dengan tips di atas, atau jika anda ingin hasil yang maksimal bawa mobil anda ke bengkel. Akan tetapi, jika knalpot sudah mengalami kebocoran yang parah, sebaiknya ganti knalpot anda dengan knalpot yang baru

Demikian tadi adalah beberapa bahaya yang ditimbulkan jika knalpot bocor untuk kesehatan dan juga untuk performa mesin mobil itu sendiri beserta tips dan cara menanganinya, semoga membantu dan bermanfaat untuk anda.

Arteikel terkait :

6 faktor penyebab utama mesin mobil cepat panas / overheating.

Beberpa tips dan cara merawat knalpot mobil paling baik yang wajib diketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *