Penyebab Klakson Mobil Tidak Bunyi Atau Berbunyi Lemah Dan Solusinya

penyebab-klakson-mobil-tidak-bunyi-atau-berbunyi-lemah-dan-solusinya-mekanikmitsubishiBeberapa Penyebab Klakson Mobil Tidak Bunyi Atau Berbunyi Lemah Dan Solusinya.

Mekanikmitsubishi.com – Klakson merupakan salah satu komponen mobil yang termasuk penting fungsinya saat Anda sedang berkendara. Klakson ini berfungsi sebagai media untuk berkomunikasi dengan pengendara lain. Namun, seiring bertambahnya usia pemakaian klakson, tentu mempengaruhi kualitas suara klakson tersebut.

Baca juga : Tanda dan gejala kerusakan ECU mobil serta dampak kerusakannya.

Umumnya kualitas klakson akan berkurang atau tidak berbunyi disebabkan oleh pemakaian yang sudah lebih dari 5 tahun. Untuk itu, jika klakson Anda bermasalah dan tidak berbunyi, sebaiknya cek komponen atau bagian dalam klakson tersebut sebelum Anda membawanya ke bengkel untuk mengetahui penyebabnya. Dan di bawah ini adalah beberapa penyebab klakson mobil tidak bunyi atau berbunyi lemah dan tipsnya :

  1. Komponen Klakson rusak

Untuk mengetahui penyebab kerusakan pada klakson, Anda harus terlebih dahulu memastikan apakah klakson tersebut masih bekerja secara baik atau tidak. Caranya Anda harus melakukan atau memeriksa secara langsung yaitu dengan menghubungkan atau menyambungkan terminal negatif dan terminal positif pada klakson ke bagian terminal negatif dan positif aki.

Pada terminal klakson negatif atau positif bisa ditukar atau diposisikanbebas. Jika suara klakson sudah tidak nuyaring bahkan tidak berbunyi, Anda bisa melakukan penyetelan pada setelan baut yang terdapat pada klakson. Kemudian putar ke kiri dan ke kanan sampai klakson mengeluarkan bunyi kembali.

  1. Sekring klakson atau Fuse Horn putus

Klakson yang tidak bunyi bisa disebabkan oleh sekring klakson tersebut yang sudah putus. Hal itu bisa terjadi karena arus listrik terlalu besar atau bisa dikarenakan usia pemakaian sekering sudah terlalu lama.

Baca juga : Penyebab utama sekring mobil mudah putus dan solusinya.

Cara untuk memperbaikinya mudah sekali dan sederhana, Anda hanya mengganti sekring klakson yang sudah mati tersebut dengan sekring yang baru. Namun, untuk mengganti sekring yang baru harus dicocokkan dengan ukuran sekring yang lama atau yang sesuai dengan anjuran dari pabrik.

  1. Rellay klakson yang sudah rusak

Penyebab lainnya klakson tidak berbunyi adalah karena adanya kerusakan pada rellay. Ini khusus untuk klakson mobil yang sudah memakai tambahan rellay tentunya. Rellay akan cepat rusak jika sering terkena kotoran atau air. Untuk memperbaikinya cukup dengan mengganti rellay tersebut sesuai atau cocok dengan rellay yang sudah anda gunakan.

Baca juga : fungsi relay dan tips pemasangannya.

  1. Kabel rangkaian yang terdapat pada klakson sudah putus

Kabel penghubung yang putus memang umum terjadi pada bagian perangkat kelistrikan mobil. Karena kabel yang terputus ini akan sangat mengganggu dan suplay listrik tidak akan sampai pada tujuanya. Penyebab kabel putus ini disebabkan oleh adanya jamur yang terdapat pada kabel yang bisa membuat putus dan korosi. Selain itu, kabel putus juga bisa disebabkan karena korsleting.

Untuk memperbaikinya, Anda harus mengecek dan mengetes terlebih dahulu bagian terminal pada klakson dengan memakai tes lamp. Test lamp tersebut disambungkan dengan massa body mobil, kemudian tekan bagian saklar klakson dan pada bagian test terminal klakson.

  1. Terjadi kerusakan pada bagian Saklar klakson

Penyebab yang terakhir klakson tidak bunyi adalah saklar klakson yang mengalami kerusakan. Saklar yang rusak ini disebabkan oleh rangkaian atau arus listrik yang terdapat di dalam saklar klakson juga sudah rusak. Selain itu bisa juga dikarenakan lempengan tembaga tersebut sudah kotor yang disebabkan oleh kerak atau kotoran lainnya.

Untuk memperbaikinya Anda harus membongkar bagian saklar tersebut dan memeriksa rangkaian listrik yang ada pada saklar, apakah ada yang rusak atau putus. Jika ada, Anda bisa menyolder kembali dan membersihkan lempengan tembaga yang kotor tersebut agar bisa bekerja dengan maksimal lagi.

Demikian adalah beberapa penyebab jika klakson tidak berbunyi atau berbunyi sangat lemah dan solusinya. Semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Artikel terkait :

Tips sederhana mencegah mobil terbakar akibar korsleting listrik/hubungan arus pendek.

Penyebab dan cara mengatasi mobil tidak bisa distarter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *