Penyebab Kerusakan Power Steering Hidrolik Dan Solusi Terbaiknya

penyebab-dan-solusi-dari-kerusakan-power-steering-hidrolik-mekanikmitsubishiBerikut Ini Penyebab Dan Solusi Kerusakan Power Steering Hidrolik yang Wajib Anda Ketahui.

Mekanikmitsubishi.com – Power steering merupakan salah satu komponen mobil yang punya fungsi penting. Komponen ini memiliki fungsi mengendalikan kemudi pada kendaraan. Seiring dengan perkembangan jaman, banyak mobil yang sudah dilengkapi dengan power steering teknologi terbaru. Namun masih ada beberapa mobil lama yang masih menggunakan power steering hidrolik.

Baca juga : Cara ampuh mengatasi Underteer dan Oversteer dan penyebab utamanya.

Cara kerja power steering hidrolik ini menggunakan cairan sebagai pelumas pompa untuk menghasilkan tekanan pada pusat kemudi. Pompa ini dijalankan oleh mesin yang menggunakan V-belt sebagai penggeraknya. Berbeda dengan mobil keluaran terbaru yang menggunakan konsep teknologi electric power atau EPS, mobil dengan power steering hidrolik ini digerakkan oleh motor listrik.

Kebocoran pada sil pusat kemudi adalah salah satu masalah yang kerap dialami oleh pengguna power steering hidrolik. Hal ini menyebabkan cairan pelumas yang digunakan menjadi lebih boros.

Nah, bagi anda pengguna mobil dengan power steering hidrolik, ada baiknya anda kenali beberapa sebab kerusakan pada power steering. Kira-kira apa saja ya? Simak info selengkapnya di bawah ini:

Baca juga : Kasar pindah kopling ,bikin boros BBM? berikut penjelasannya.

  1. Faktor usia

Sebab kerusakan power steering hidrolik yang pertama ialah faktor usia. Seperti komponen pada mobil lainnya power steering hidrolik juga punya masa pakai. Komponen power steering seperti sil atau rack steer yang berusia lima tahun lebih dan memiliki jarak tempuh lebih dari 1000 km cenderung lebih cepat mengalami kerusakan.

Rack steer yang mengalami kebocoran dapat anda ketahui melalui cairan power steering yang menetes. Tanda lain yang bisa anda kenali saat terjadi kebocoran pada bagian ini ialah terdengar suara mendengung saat setir digerakkan. Solusi jitu untuk mengatasi masalah ini ialah segera mungkin untuk mengganti power steering yang baru. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan pada as pegas.

Namun jika anda tak punya cukup waktu atau belum sempat menggantinya, rajinlah untuk memeriksa dan menambahkan cairan pelumas power steering pada kendaraan anda.

  1. Boot rack steer yang robek

Bila komponen power steering mengalami kerusakan, bisa jadi karena boot rack steernya yang robek. Komponen yang terbuat dari karet ini sangat rentan mengalami pecah atau rusak. Kerusakan pada komponen mobil ini juga bisa disebabkan oleh kebiasaan mobil yang terlalu sering melewati jalanan rusak atau berlubang.

Jika boot rack steer ini mengalami kerusakan, ada baiknya untuk segera menggantinya dengan boot rack steer yang baru. Mengapa? Hal ini dimaksudkan untuk menghindari masuknya kotoran atau debu ke bagian as setir yang berakibat terjadinya pengaratan pada as setir.

  1. Salah isi cairan pelumas

Penyebab kerusakan pada power steering hidrolik juga dapat disebabkan oleh kesalahan anda dalam mengisi cairan pelumas. Solusi terbaik yang bisa anda coba ialah dengan tidak menggunakan cairan pelumas yang kerap dipakai untuk rem atau kopling. Ini karena pelumas power steering memiliki karakteristik cairan yang berbeda.

  1. Pemakaian ekstrim

Sebab kerusakan power steering hidrolik ini nampaknya masih menjadi hal yang sepele bagi sebagian orang. Terutama untuk anda yang sering mengemudi dengan kecepatan tinggi. Kendaraan yang dipacu dan melakukan manufer atau drifting memicu kebocoran pada selang dalam waktu yang cepat. Hal ini disebabkan karena tekanan pada sirkuit power steering menjadi sangat panas.

Demikian adalah beberapa penyebab dan solusi dari kerusakan pada power steering hodrolik yang bisa anda jadikan referensi. Rutinlah untuk memeriksa komponen mobil ini, agar aktifitas berkendara anda tetap aman dan nyaman.

Artikel terkait :

Cara mudah mengganti oli power steering Mitsubihsi Pajero Sport.

Penyebab setir mobil menjadi berat dan solusi terbaiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *