Penyebab dan Solusi Mengatasi Mobil Diesel Berasap Mirip Fogging

Penyebab dan Solusi Mobil Diesel Berasap Mirip Fogging - MekanikmitsubishiPenyebab dan Solusi Mudah Mengatasi Mobil Diesel Berasap Mirip Fogging

Mekanikmitsubishi.com – Mobil diesel merupakan jenis mobil yang menggunakan mesin diesel atau yang biasa disebut dengan mesin pemicu kompresi. Mobil yang menggunakan mesin diesel memiliki kelebihan yaitu cocok digunakan untuk berkendara jarak jauh dan memiliki tenaga yang lebih besar. Banyak kendaraan besar dan menggunakan mesin jenis diesel, seperti truk, bus, dan bahkan mesin kapal seecara umum menggunakannya.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi mobil diesel ngempos tak bertenaga.

Mobil diesel juga sering memiliki kekurangan dan permasalahan seperti mobil yang menggunakan bahan bakar bensin pada umumnya. Masalah tersebut dapat diakibatkan karena penurunan performa mobil. Salah satu masalah yang terjadi pada mobil diesel adalah mesin dari mobil tersebut mengeluarkan asap putih seperti fogging.

Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan adanya masalah pada komponen mesin mobil diesel tersebut. Selain itu terdapat beberapa penyebab lain yang membuat mobil diesel mengeluarkan asapĀ  putih, seperti kompresi mesin yang rendah, terdapat oli yang masuk ke ruang pembakaran dan masih banyak lagi. Jika asap putih muncul pada saat mesin dingin hal tersebut dapat disebabkan oleh deposit yang menempel pada ring piston.

Sementara itu air yang masuk ke dalam ruang pembakaran serta gasket yang aus atau rusak juga dapat menjadi penyebab mobil diesel mengeluarkan asap putih. Jika terjadi gejala-gejala mesin diesel pada mobil mengeluarkan asap tersebut pasti membuat Anda panik bukan?

Sebaiknya jika mobil diesel Anda mengalami hal-hal tersebut seperti mengeluarkan asap pekat, Anda harus segera melakukan periksakan mesin mobil pada bengkel mobil terpercaya. Untuk mengetahui penyebab dan memperbaiki serta cara mengantisipasi terjadinya kerusakan mesin yang lebih parah akibat dari mobil diesel mengeluarkkan asap.

Jika Anda sedang mengalami masalah tersebut, Anda tidak perlu khawatir. Kami akan memberikan informasi tentang tips menghilangkan knalpot ngebul pada mobil bermesin diesel. Untuk lebih lengkapnya simak ulasan berikut ini.

Penyebab Dan Cara Mudah Mengatasi Mobil Diesel Mengeluarkan Asap

Baca juga : Mobil diesel vs mobil bensin, lebih bagusan mana…?

Penyebab mobil diesel mengeluarkan asap putih memang dapat terjadi karena beberapa hal. Untuk mengatasi hal tersebut, poin pertama yang Anda harus ketahui terlebih dahulu yakni apa penyebab ngebul pada mobil bermesin diesel Anda?

Ada beberapa poin utama yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan asap pada mobil diesel. Berikut ini adalah cara-cara tersebut :

Membersihkan Peranti Saringan Udara

Kepulan asap yang terdapat pada mesin diesel dapat disebabkan karena saringan udara yang kotor. Udara yang kotor tersebut dapat masuk ke dalam ruang pembakaran sehingga menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna. Pembakaran yang tidak sempurna tersebut dapat menyebabkan mobil diesel mengeluarkan asap putih yang tebal.

Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya bersihkanlah saringan udara setidaknya 3 bulan sekali atau setiap 1000km tapi akan lebih baiknya kita mengikuti panduan dari buku serve yang ada, namun perlu diperhatikan jarak tempuh dan medan yang dilalui serta kondisi alam karena sangat mempengaruhi kondisi filter udara mobil, seperti jalan berdebu dan berpasir. Jika saringan udara tersebut dirasa telah rusak segera ganti dengan saringan udara yang baru agar tidak menimbulkan masalah baru pada mobil disel Anda.

Baca juga : Efek buruk yang terjadi jika sering telat mengganti filter udara mobil.

Memeriksa Seal Mesin

Penyebab timbulnya asap putih pada mesin diesel dapat disebabkan oleh seal klep mesin yang aus. Seal klep mesin yang aus biasanya disebabkan karena adanya gesekan tidak wajar atau juga bisa karena overheating. Ketika seal klep rusak maka akan terjadi celah dan oli akan merembes ke dalam ruang pembakaran.

Untuk mengatasi dan menghindari hal yang lebih parah sebaiknya gantilah seal klep mesin dengan yang baru, jika sekiranya seal mesin Anda telah rusak atau aus.

Memeriksa Ecu Pada Mobil Diesel

Ecu merupakan kepanjangan dari Electronic Control Unit. Ecu yang tidak akurat juga dapat menyebabkan kepulan pada asap mobil. ECU yang tidak akurat membuat timing tidak pas dan membuat banyaknya semburan pada bahan bakar yang tidak sesuai sehingga membuat bahan bakar lebih boros dan terbuang sia-sia. Periksalah ke bengkel resmi untuk memeriksa komponen ini, karena membutuhkan alat khusus untuk pengecekan kondisi ECU.

Selalu Rutin Memeriksa Mesin Mobil Diesel

Yang terakhir adalah Anda harus selalu rutin memeriksa mesin dan perangkat-perangkat lainnya pada mobil. Dengan cara memperhatikan suara mesin, getaran mesin, pengecekan oli mesin, dan tenaga mesin saat dikendarai. hal ini bukan hanya berguna untuk menghindari kepulan asap tebal yang bisa saja terjadi, tetapi juga menghindari penyebab kerusakan lain pada mesin mobil Anda.

Baca juga : Beberapa efek buruk geber-geber mobil diesel.

Demikian artikel kali ini mengenai beberapa penyebab serta solusi mengatasi mobil diesel mengeluarkan asap seperti fogging. Semoga artiki ini bermanfaat dan membantu mengatasi kerusakan mobil Anda. Terimaksih.

Artikel terkait :

Bagaimana jadinya jika mobil diesel diisi dengan BBM bensin?

Beberapa penyebab knalpot mobil bersuara seperti menembak-nembak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *