Penyebab Dan Masalah Pada Cylinder Head Mobil Serta Solusinya.

penyebab-dan-masalah-pada-cylinder-head-mobil-serta-solusinya-mekanikmitsubishiBeberapa Penyebab Dan Masalah Yang Sering Terjadi Pada Cylinder Head Mobil Beserta Solusinya.

Mekanikmitsubishi.com – Cylinder head mobil merupakan salah satu komponen mobil yang penting dan juga memiliki fungsi sebagai tempat proses pembakaran. Selain itu, cylinder mobil juga menjadi tempat katup buang serta hisap bekerja dan sebagai tempat busi untuk pembakaran. Setiap cylinder head mempunyai bagian katup yang tidak sama, ada yang memiliki 8 buah, 12 buah, dan 16 buah.

Baca juga : 5 tips mudah dan akurat membedakan oli mesin yang asli dengan yang palsu.

Jumlah katup tersebut tergantung dan sesuai pada teknologi serta kebutuhan masing-masing kendaraan. Namun, pada umumnya masing-masing jenis mobil memiliki kelemahan yang berbeda-beda, khususnya pada bagian komponen mobil tersebut. Cylinder head ini memiliki tugas yang sangat berat, jadi sering dan sangat rentan sekali komponen tersebut mengalami kerusakan atau permasalahan.

Dan berikut adalah beberapa penyebab dan masalah yang sering terjadi atau dialami pada bagian cylinder head mobil serta solusinya :

Baca juga : Apa faktor paling utama yang mempengaruhi tenaga mesin.

  1. Katup bocor

Masalah yang bisa terjadi pada cylinder head mobil adalah klep atau katup cylinder head tersebut bocor karena sudah aus. Ketika klep atau katup cylinder head ini bocor, tentu akan berpengraruh pada bagian kompresi mobil.

Efek atau akibat yang ditimbulkan dari katup bocor tersebut adalah tenaga mesin mobil berkurang. Katup atau klep yang ada pada cylinder head yang sudah aus biasanya karena berbenturan secara terus menerus dengan klep atau katup tersebut.

  1. Cylinder head memuai

Cylinder head juga bisa mengalami pemuaian, cylinder head yang memuai bisa dikarenakan oleh mesin yang sudah terlalu panas. Mesin yang panas ini biasanya diakibatkan oleh pendingin mesin yang sudah mati atau kekurangan air pendingin. Akibat dari cylinder head yang memuai adalah air radiator dan oli akan menyatu atau tercampur, karena kebocoran antara blok mesin dan juga cylinder head yang memuai tersebut.

Baca juga : Cara mudah yang jarang diketahui bikin irit bahan bakar tanpa opek mesin.

Sehingga air akan memasuki lubang-lubang oli, dan oli pun akan memasuki lubang air pada mobil. Untuk itu, anda harus rutin mengecek kondisi air radiator dan juga mesin pendingin mobil untuk menghindari cylinder head yang memuai.

Terlebih jika anda termasuk orang yang suka dan sering melakukan perjalanan jauh.  Untuk mengatasinya, anda harus membuat permukaan bagian cylinder head mobil tersebut rata kembali atau bisa dengan di slyp lagi dengan menggunakan mesin bubut.

  1. Packing bagian cylinder head mobil rusak

Selain bisa memuai dan mengakibatkan oli dan air radiator tercampur, packing cylinder head yang rusak juga bisa membuat air dan oli tercampur. Biasanya packing cylinder head rusak karena sudah dipakai terlalu lama atau bisa karena proses pemasangan yang salah. Jika packing cylinder head mobil sudah rusak, sebaiknya segera diganti dengan yang baru.

  1. Cylinder head mengalami keretakan

Permasalahan yang sering terjadi pada cylinder head mobil adalah terjadinya keretakan pada cylinder head mobil tersebut. Cylinder head mobil yang rusak penyebabnya sama seperti cylinder yang memuai, yaitu mesin terlalu panas karena kurangnya proses pendinginan pada bagian mesin.

Setelah mengetahui beberapa masalah yang bisa terjadi pada cylinder head mobil, Anda juga harus memperhatikan saat akan mengisi ulang air radiator. Hindari mengisi air radiator saat keadaan mesin masih panas, karena jika hal tersebut anda lakukan bisa mengakibatkan cylinder head rusak.

Namun, sebenarnya kerusakan atau masalah yang terjadi pada cylinder head mobil merupakan kesalahan pengguna mobil itu sendiri. Oleh sebab itu, Anda harus lebih rutin dan juga selalu teliti dalam memeriksa bagian atau komponen mobil agar tidak melewatkan masalah yang terjadi.

Demikian tadi adalah beberapa penyebab dan masalah yang sering terjadi pada cylinder head mobil. Semoga membantu dan menjadi informasi untuk Anda.

Artikel terkait :

Penyebab oli mesin cepat habis atau berkurang.

Tips merawat mobil secara berkala agar performa mesin mobil tetap terjaga.

Tips dan cara diagnosis kerusakan mesin dari suaranya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *