Penyebab Dan Kebiasaan Yang Berakibat Kopling Mobil Tidak Awet

penyebab-dan-kebiasaan-yang-berakibat-kopling-mobil-tidak-awet-mekanikmitsubishiBerikut Adalah Penyebab Dan Kebiasaan Keliru Yang Berakibat Kopling Mobil Tidak Awet.

Mekanikmitsubishi.com – Kopling pada mobil berperan dalam membantu proses perpindahan percepatan. Kopling ini akan mengatur proses perpindahan gigi sehingga akan terasa lebih halus. Karena kopling memutuskan hubungan antara mesin dengan transmisi. Perlu anda ketahui bahwa ada dua type kopling, yakni kopling hydrolik dan kopling dengan kabel. Untuk kopling type hydrolik menggunakan minyak rem dan juga master kopling.

Baca juga : Tips menghindari dan mengatasi kopling mudah selip.

Ada beberapa komponen kopling, antara lain seperti Pedal Kopling, Druk Laher, Kampas Kopling, Kabel Kopling, dan Matahari atau Plendes. Cara kerja dari kopling itu sendiri yaitu ketika pedal kopling diinjak, maka mesin dan transmisi tidak saling berhubungan. Hal ini terjadi karena roda gigi dan kampas kopling tidak berhubungan, sehingga membuat putaran mesin tidak bisa diteruskan ke transmisi. Saat itulah anda bisa memindahkan gigi transmisi.

Dan kali ini saya akan membahas mengenai kebiasaan buruk seseorang yang mengendarai mobil saat menggunakan kopling. Dan berikut ini merupakan kesalahan serta kebiasaan yang mengakibatkan kopling tidak awet dan cepat rusak :

Baca juga : Penyebab sulit pindah gigi,dan solusi terbaiknnya (master kopling bocor )

  1. Melepas dan Menginjak Kopling Dengan Kasar

Kesalahan ataupun kebiasaan yang sering dilakukan yang mengakibatkan kopling tidak awet adalah melepas dan menginjak kopling dengan kasar. Ketika transmisi belum berpindah, kebanyakan dari kita sudah melepaskan pedal kopling. Biasanya terdapat bunyi kasar pada transmisi ( terdegar bunyi grekk ), dan hal inilah yang mengakibatkan komponen kopling cepat rusak dan aus.

  1. Kaki Diletakkan Diatas Pedal Kopling

Biasanya bagi mereka yang baru bisa menyetir, banyak yang meletakkan kakinya diatas pedal kopling. Mereka mungkin melakukannya untuk selalu siaga siapa tahu gugup ketika melakukan pengoplingan. Padahal hal tersebut adalah suatu kegiatan yang salah, sebab meletakkan kaki diatas pedal kopling ketika berkendara akan menyebabkan kampas dan release bearing cepat aus.

  1. Pedal Kopling Diinjak Setengah-setengah

Kesalahan yang juga sering dilakukan ketika mengendarai mobil yaitu menginjak pedal kopling dengan ragu-ragu. Kegiatan ini biasanya dilakukan ketika berada di tanjakan, ataupun ketika terjadi kemacetan. Dan hal-hal itulah yang akan menyebabkan komponen kopling cepat aus.

Berikut ini merupakan sedikit informasi tambahan mengenai cara menjaga kanvas kopling mobil supaya tetap awet :

Baca juga : Tips dan cara mengetahui kampas kopling sudah aus atau mengalami kerusakan.

  1. Hindari Menggantung Pedal Kopling

Ketika jalan menanjak ataupun di kemacetan, biasanya pengendara mobil akan menggantung kopling. Padahal kegiatan ini akan menyebabkan gesekan kanvas kopling, sehingga membuat kanvas kopling cepat aus.

  1. Mengatur Ketinggian Pedal Kopling

Ketika pedal kopling terlalu tinggi, pengemudi mobil perlu menginjak pedal sampai mentok. Akan tetapi kadang pengemudi merasa menginjak pedalnya belum mentok, dan hal ini sebaiknya jangan dilakukan. Jadi jangan injak pedal secara berlebihan.

  1. Atur Posisi Gigi Transmisi Sesuai Dengan Kecepatan Mobil

Kebiasaan menggunakan gigi transmisi yang tidak sesuai dengan kecepatan mobil juga merupakan kebiasaan yang salah. Contohnya posisi gigi ada di empat, akan tetapi kecepatannya hanya 20 km/jam. Begitu juga sebaliknya, mobil bergerak dengan kecepatan tinggi tetapi posisi gigi ada di tiga. Sebaiknya gunakan gigi transmisi sesuai dengan kecepatan mesin mobil, sebab bisa meringankan kerja dari mesin dan transmisi mobil.

  1. Melakukan Konsultasi Dengan Ahlinya

Gejala atau masalah pada kopling sebenarnya sulit untuk dirasakan, karena itu perlu konsultasi dengan ahli otomotif, contohnya di bengkel. Karena setiap mobil memiliki jenis komponen yang berbeda, maka perlu dikonsultasikan bagaimana cara terbaik ketika mengendarai mobil. Agar tidak terjadi kerusakan pada komponen mobil, salah satunya adalah kopling mobil.

Itulah beberapa informasi yang bisa anda ketahui tentang kesalahan dan kebiasaan yang sering dilakukan pengendara yang mengakibatkan kopling tidak awet. Semoga informasi diatas bisa memberikan masukan yang bermanfaat untuk Anda.

Artikel terkait :

Tips dan cara merawat kopling mobil yang baik dan benar agar awet dan tahan lama.

Tips mengemudi mobil saat berhenti di tanjakan dengan setengah kopling yang benar.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *