Penyebab Dan Ciri-Ciri Freon AC Mobil Habis Serta Cara Mengatasinya

penyebab-dan-ciri-ciri-freon-ac-mobil-habis-serta-cara-mengatasinya-mekanikmitsubihsiPenyebab Dan Ciri-Ciri Freon AC Mobil Habis Dengan Akurat Serta Cara Mengatasinya.

Mekanikmitsubishi.com – AC atau air conditioner adalah fitur pada mobil yang sangat penting. Karena dengan adanya AC ini akan membuat pengendaranya tidak kepanasan ketika berada di dalam mobil. Ketika udara sedang panas, apalagi di musim kemarau yang kadang-kadang udaranya bisa panas sekali membuat pengendara mobil menghidupkan AC nya. Maka dari itu, kegunaan AC mobil sangat bermanfaat.

Baca juga : Penyabab dan cara ampuh hilangkan bau ac mobil.

Ketika memakai AC mobil, mungkin jarang yang tahu bahwa freon AC mobil sudah habis. Namun jangan khawatir, karena freon AC yang sudah habis memiliki beberapa ciri atau tanda-tandanya. Dan berikut ini adalah penyebab dan ciri-ciri freon AC mobil yang sudah habis:

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi gangguan pada ac mobil.

  1. Udara yang Sudah Tidak Segar Lagi

Meskipun AC mengeluarkan angin dari lubang fentilatornya, namun jika freon sudah habis maka akan terasa beda. Dimana udara yang keluar sudah tidak terasa sejuk dan segar lagi. Inilah ciri-ciri bahwa freon AC mobil sudah habis.

  1. Kompresor AC Tidak Berputar

Ketika saklar AC dihidupkan, kompresor AC sudah tidak berputar seperti biasanya. Inilah salah satu tanda bahwa freon AC mobil sudah habis. Maka dari itu, perlu dicek supaya Anda tahu apakan freon AC mobil Anda sudah habis atau belum, dengan begitu bisa diperbaiki segera.

  1. Kipas AC Tidak Berputar Saat AC pada Posisi ON

Anda bisa mencermati AC pada mobil Anda, ketika saklarnya sudah ON apakah kipasnya berputar atau tidak. Jika tidak berputar berarti bisa menjadi tanda bahwa freon AC mobil sudah habis. Namun bisa juga karena kondisi AC mobil sudah rusak. Untuk itu perlu dicek supaya bisa diketahui bagian mana yang rusak kemudian bisa untuk diperbaiki.

  1. Periksa Sight Glass AC

Pada freon AC mobil yang mau habis, terdapat gelembung udara berwarna pink pada reeiver ketika mobil dinyalakan. Untuk itu karena AC selalu dipakai, maka sebaiknya perlu dilakukan perawatan pada komponen ini supaya kinerjanya maksimal. Selain itu juga bisa menjaga agar AC mobil tetap tahan lama. Anda bisa melakukan perawatan ataupun pengecekan AC mobil di bengkel terdekat.

Sebenarnya ketika freon AC habis, pada sistem AC telah dilengkapi pengaman pressure switch yang bekerja berdasarkan tekanan. Biasanya pengaman ini terletak di pipa high pressure atau bisa juga di receiver drier.

Sakelar yang terletak pada saluran pipa tadi akan bekerja untuk tekanan tertentu. Ketika tekanan freon pada saluran pipa memiliki tekanan tinggi namun kurang dari tekanan, maka saklar tidak dapat tersambung jadi menyebabkan kompresor AC tidak bekerja.

Sakelar juga memiliki beberapa macam, ada yang memiliki dua kabel dan empat kabel. Jika freon AC mobil habis maka saklar tidak akan terhubung, kemudian relay magnetic clucth tidak berfungsi, dan membuat kompresor AC tidak bekerja atau berputar.

Selain itu jika freon AC habis maka kompresor AC yang tidak berfungsi, kemudian AC mobil hanya mengeluarkan embusan angin namun tidak terasa dingin karena kompresornya yang tidak berfungsi. Kemudian saat saklar AC mobil dihidupkan, kompresornya tidak bekerja, dan ekstra fan tidak berputar.

Akan tetapi ada cara sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah guna merawat AC mobil yang dimiliki. Salah satu caranya yaitu dengan memerhatikan setiap saat atau waktu tertentu merupakan freon AC yang dapat habis tanpa indikasi yang signifikan.

Demikianlah informasi yang bisa Anda ketahui tentang penyebab dan ciri-ciri freon AC mobil akan habis serta solusi terbaiknya. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel terkait :

Penyebab dan cara mudah menghilangkan noda kuning di plafon mobil.

Tips hilangkan bau menyengat pada kabin mobil paling ampuh.

Cara membersihkan radiator mobil paling benar.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *