Penyebab Dan Cara Mudah Menjupmer Aki Mobil Yang Tekor Dengan Aman

penyebab-dan-cara-mudah-menjupmer-aki-mobil-yang-tekor-dengan-aman-mekanikmitsubihsiBegini Cara Menjupmer Aki Mobil Yang Tekor Paling Tepat dan Mudah Tanpa Perlu Ke Bengkel.

Mekanikmitsubihsi.com – Sudah menjadi hal yang umum terjadi jika pada kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat mengalami aki yang tekor. Aki tekor bisa di sebabkan oleh berbagai factor salah satunya dikarenakan adanya usia kendaraan yang sudah tua.

Untuk mengatasi masalah aki, anda bisa memperbaikinya sendiri tanpa harus membawanya ke bengkel. Dalam istilah perbengkelan, memperbaiki aki ini bisa di sebut dengan istilah “jumper”. Menjumper aki biasanya dilakukan ketika mesin tidak kuat di starter.

Baca juga : Cara memilih aki mobil baru yang bagus dan tahan lama.

Hal ini memang terlihat mudah bagi mereka yang sudah terbiasa dengan menjumper aki mobil, namun akan menjadi kendala bagi Anda yang belum pernah melakukannya bahkan belum mengetahui cara menjumper aki mobil yang tekor.

Akibat dari aki tekor tersebut, mobil Anda akan sering mogok di tengah perjalanan atau di saat-saat penting mesin tidak kuat di starter setelah mesin di matikan lama. Untuk mengetahui bahwa aki mobil tersebut sudah waktunya di jumer yaitu dengan melihat pada lampu besar saat dinyalakan akan terlihat redup atau suara klakson yang terdengar lemak. Selain itu, Anda bisa mendeteksi bahwa aki Anda harus segera di perbaiki atau di ganti jika mendapati semua indicator disppido mati.

Nah, itu sebab saat aki lemah dan mesin tidak kuat distarter, Anda bisa mengatasinya dengan cara menjumper aki mobil yang tekor baik dengan aki lain yang kondisinya masih bagus atau dengan menggunakan dengan aki mobil yang lain. Berikut langkah yang bisa anda lakukan sebagai cara mudah menjumper aki mobil yang tekor yang paling tepat untuk di lakukan.

Baca juga : Cara mudah dan aman perbaiki aki kering yang soak.

  • Pertama-tama, Anda harus mempersiapkan aki mobil dalam kondisi bagus terlebih dahulu atau menjumpernya dengan menggunakan mobil lain.
  • Siapkan kabel jumper dan pilihlah kabel jumer paling bagus. Sebaiknya gunakan kabel jumper yang besar yang memiliki diameter urat kabelnya kira-kira semitar 10mm. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kabel panas akibat arus listrik yang besar ketika di starter. Saat di starter arus listrik bisa mencapai 120 Amper. Pada kebel ini terdiri dari 2 warna yaitu merah dan hitam.
  • Dekatkan mobil untuk jumper atau dengan aki lain untuk jumper. Pastikan jaraknya cukup dengan panjang kebel jumper.
  • Kemudian pasang kabel catok warna merah dan letakkan pada positif aki dan kebel catok warna hitam pada terminal aki negative pada kedua aki, baik pada aki untuk jumper maupun aki yang akan di jumper. Perhatikan dengan seksama jangan sampai terbalik posisi negative dan positifnya.
  • Tunggu beberapa saat sebelum Anda menstarter sampai ada setrum pada aki mobil yang di jumper jika setrum tersebut benar-benar habis. Misalnya, saat mobil mengalami kehabisan setrum aki karena terlalu lama di diamkan dan tidak dipanasi.
  • Setelah mobil dalam posisi hidup, lepaskan kabel jumper satu persatu di mulai dari aki yang di jumper dahulu. Lakukan dengan hat-hati agar kedua kabel tidak saling bersentuhan antara kabel plus dan minusnya.
  • Setelah mesin hidup, perhatikan pada panel speedo meter. Apakah lampu aki sudah terlihat nyala atau mati. Jika anda mendapati lampu aki tidak menyala berarti system pengisian aki dari dynamo casa tau alternator berjalan dengan baik.

Perlu di perhatikan bahwa Anda mendapati mesin hidup namun lampu aki pada dashboard masih hidup, itu artinya system pengisian aku sedang mengalami gangguan sehingga pada alternator harus di perbaiki. Dalam kondisi ini aki mobil yang sudah di jumper tadi tidak terisi setrum dari dynamo cas.

Demikian artikel mengenai penyebab dan cara mudah menjumper aki mobil yang tekor dengan benar dan aman,semoga bermanfaat.

Artikel terkait :

Penyebab dan cara merawat aki mobil agar awet dan tidak mudha tekor.

Penyebab dan cara mengatasi mesin mobil sulit distarter.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *