Penyebab Dan Cara Mudah Menghilangkan Bunyi Berdecit Rem Mobil

penyebab-dan-cara-mudah-menghilangkan-bunyi-berdecit-rem-mobil-mekanikmitsubishiBerikut Beberapa Penyebab Serta Tips Dan Cara Menghilangkan Bunyi Berdecit Pada Komponen Rem Mobil.

Mekanikmitsubishi.com – Kenyamanan dalam berkendara tidak bisa anda dapatkan hanya dari bagian kabin mobil seperti AC, tempat duduk, atau setir mobil saja. Namun, anda juga harus rutin memperhatikan kondisi bagian kaki-kaki mobil dan bagian lainnya yang bisa saja mengeluarkan bunyi berisik. Dan jika sudah timbul bunyi dari bagian-bagian tersebut, kenyamanan Anda akan terganggu.

Baca juga : Kelemahan sistem pengereman mobil matic dari mobil manual.

Bunyi tak wajar terkadang mengganggu telinga dan kenyamanan saat mengemudi,beberapa penyebab utamanya adalah yang disebabkan oleh rem atau kampas kopling. Bunyi berdecit yang ditimbulkan oleh rem biasanya disebabkan oleh piringan kampas rem atau kopling yang sudah tidak rata. Kampas kopling yang tidak rata ini disebabkan oleh bagian permukaan cakram yang sering mengalami benturan.

Gesekan kampas kopling yang terjadi saat mobil sedang berjalan bisa mengakibatkan bagian permukaan cakram tersebut panas dan tentu bisa membuat piringan tersebut mudah penyok. Namun sebelum Anda tahu tips dan cara menghilangkan bunyi akibat rem mobil bermasalah, Anda juga harus mengetahui terlebih dahulu beberapa penyebab rem mobil berdecit.

Baca juga : Beberapa penyebab dan solusi dari rem mobil mudah panas dan mengeluarkan asap.

  • Rem kotor

Mobil yang sering digunakan akan membuat debu dan juga kotoran menempel di permukaan rem. Rem mobil yang kotor biasanya terjadi saat musim hujan, terlebih jika jalanan yang Anda lalui basah dan juga berlumpur. Hal itu akan membuat kotoran yang menempel pada rem menjadi keras, dan hal itu akan menimbulkan bunyi berdecit ketika Anda menekan kampas rem mobil ditambah jika terdapat kotoran menumuk dari gram kanvas rem yang bergesekan dengan piringan/tromol.

  • Solusi mengatasi rem berdecit akibat rem kotor.

Untuk Solusi atau tips menghilangkan bunyi rem mobil tersebut, Anda hanya perlu membawanya ke steam mobil dan tunggu sampai kering. Cara lainnya Anda dapat membersihkan sendiri kampas rem tersebut di rumah. Caranya cukup mudah yaitu gunakan cairan khusus yang untuk membersihkan bagian kampas rem mobil. Namun akan lebih baik dan maksimal jika anda membawanya ke bengkel, karena di bengkel sistem pengereman mobil Anda akan dibongkar kemudian dibersihkan seluruh bagiannya.

  • Sistem rem macet

Selain rem yang kotor, penyebab lain timbul bunyi akibat sistem rem mobil juga bisa disebabkan oleh sistem rem yang macet. Karena, piston rem yang sudah tidak bisa bergerak dengan baik dan juga mengalami kerusakan. Hasilnya, ketika rem diinjak kanvas rem tidak bisa menginjak dengan sempurna. Atau ketika pedal rem dilepas, mobil masih terasa sedikit berat dan mengeluarkan suara yang berasa dari rem, karena piston rem tersebut tidak berbalik ke posisi sebelumnya.

  • Solusi mengatasi rem berdecit akibat sistem rem macet

Jika sudah bunyi rem mobil disebabkan oleh sistem rem yang macet, tips atasi bunyi tersebut adalah dengan mengganti karet piston rem atau bisa dengan membersihkan bagian permukaan piston rem pada mobil anda.

  • Menipisnya kanvas rem atau sudah aus

Penyebab lainnya adalah karena menipisnya kavas atau rem sudah mulai aus. Akibat dari hal tersebut akan menimbulkan bunyi berdecit saat Anda menekan rem.

  • Solusi mengatasi rem berdecit akibat 

Jika kanvas sudah tipis atau rem sudah mulai aus, sebaiknya Anda mengganti kanvas tersebut untuk menghilangkan bunyi-bunyi yang timbul dari bagian itu. Untuk itu, Anda harus rutin mengecek dan merawat kelayakan rem mobil anda.

Terlebih jika Anda sering melakukan perjalanan jauh ke luar kota, karena ketika mobil sering digunakan. otomatis Anda akan sering menginjak rem. Dan hal itu akan membuat rem sering digunakan dan kanvasnya pun akan segera menipis.

Jika Anda tidak ingin terdapat bunyi berdecit dari bagian rem mobil, sebaiknya Anda rutin memeriksa bagian rem secara berkala untuk menghindari masalah yang akan timbul dari rem tersebut. Jika sudah saatnya ganti, maka gantilah bagian yang memang sudah aus atau sudah tidak layak digunakan lagi

Demikian artikel ini mengenai beberapa penyebab dan tips untuk mengatasi bunyi berdecit yang berasal dari rem mobil. Semoga membantu dan bermanfaat.

Artikel terkait :

Cara mudah kuras dan mengganti minyak rem mobil dengan benar.

Apa itu ABS,sistem kerja ABS dan kelebihannya dibandingkan non ABS.?

Penyebab serta tips dan cara mengatasi mesin mobil bergetar dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *