Penyebab dan Cara Merawat Aki Mobil Agar Tetap Awet

mekanikmitsubishi.comAki adalah salah satu komponen vital bagi sebuah kendaraan, karena selain berfungsi untuk menghidupkan mesin pada saat awal start, aki juga berfungsi unuk menyuplai tegangan listrik ke semua komponen kelistrikan pada sistem sebuah kendaraan. Terutama pada kendaraan yang sudah menggunakan sistem injeksi, pada sistem pengendalian bahan bakarnya, sudah pasti membutuhkan suplai arus listrik yang terus-menerus dan stabil agar performa kendaraan tersebut tetap bisa berjalan dengan optimal. Selain aki, ada satu komponen lain pada kendaraan yang membantu kinerja aki, yaitu alternator atau yang biasa juga disebut dengan dinamo amper. Komponen ini berfungsi agar aki tidak terlalu mendapat beban berlebihan saat mesin sudah dihidupkan.

Ada dua jenis aki yang di jual di pasaran, yaitu aki kering dan aki basah. Jika anda seorang yang biasanya kurang atau tidak terlalu memperhatikan mobil anda, anda bisa memilih menggunakan aki kering pada mobil Anda. Karena aki ini tidak terlalu banyak membutuhkan perawatan dan sangat praktis. Sedangkan untuk jenis aki basah adalah aki yang masih menggunakan cairan elektrolit cair dan masih membutuhkan perawatan secara berkala.

Baik aki basah maupun aki kering, keduanya juga bisa mati atau soak lebih cepat dari umur yang seharusnya. Jika aki sudah mengalami hal tersebut, pastinya akan sangat menyiksa dan mengganggu perjalanan Anda. Dan jika hal tersebut Anda alami, ada beberapa cara untuk mengatasinya, yaitu mengganti dengan aki yang baru atau dengan melakukan “jumper” atau “jump start” (menghubungkan aki mobil Anda dengan aki mobil lain yang masih sehat). Sebelum itu terjadi, alangkah baiknya jika Anda mengetahui terlebih dulu beberapa penyebab aki, terutama aki kering mudah mati atau soak.

Berikut ini beberapa hal umum yang menyebabkan aki kering mudah mati atau soak:

  1. Sering berkendara dalam jarak pendek atau kira-kira kurang dari 20 menit. Hal ini bisa menyebabkan alternator tidak memiliki waktu yang cukup untuk sepenuhnya melakukan pengisian ulang pada aki. Akibatnya, aki akan mudah terkuras sehingga umur aki pun menjadi lebih singkat dari yang seharusnya.
  2. Suhu yang ekstrim seperti terlalu panas atau dingin bisa mempengaruhi kualitas aki. Energi listrik yang dihasilkan oleh aki melalui proses kimiawi. Nah, suhu yang ekstrim tersebutlah yang mempengaruhi proses kimiawi aki sehingga aki menjadi lebih cepat mati atau soak.
  3. Penggunaan sumber listrik yang tidak tepat. Aki, selain berfungsi sebagai untuk menghidupkan mesin mobil, juga berfungsi sebagai sumber energi yang diperlukan oleh peralatan listrik lainnya pada mobil, seperti klakson, lampu, pemutar musik, charge ponsel dan peralatan lainnya. Nah, berbagai peralatan inilah yang menyebabkan kerja aki menjadi lebih berat, terutama jika penggunaannya saat mesin mobil dalam keadaan mati.
  4. Korosi, yang bisa membuat kinerja aki menurun sehingga dan jika terus dipaksakan bisa membuat umur aki menjadi lebih singkat.

Seperti halnya komponen lain pada sebuah kendaraan, sebagus dan sebaik apapun perawatan, aki juga memiliki umur pemakaian dan pasti akan mati atau soak jika memang sudah saatnya. Namun, perawatan aki yang tepat minimal tidak akan membuat aki lebih cepat mati atau soak. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memilih dan merawat aki, baik aki kering maupun aki basah yang sesuai dengan kendaraan anda, sehingga umur dan pemakaiannya pun bisa optimal.

Cara merawat aki yang baik dan benar:

  1. Pilihlah aki yang sesuai dengan spesifikasi atau kebutuhan mobil anda.
  2. Lakukan perawatan aki secara rutin dua minggu sekali.
  3. Jika cairan dalam aki kurang, tambahkan segera air aki sampai sejajar dengan garis upper level yang tertera pada aki.
  4. Saat pertama mengisikan air aki, isi dengan air zuur botol merah, sedangkan untuk penambahan cairan aki, tambahkan dengan air sulingan atau air aki botol hijau.
  5. Periksa bagian terminal aki, jangan sampai ada kerak kristal karena bisa menghambat aliran arus ke komponen beban. Jika terlihat ada kerak, segera bersihkan dengan menggunakan air detergen dan kain lap/majun.
  6. Gunakan lampu dan peralatan listrik lainnya yang ada pada mobil Anda secara efisien. Sebaiknya matikan lampu-lampu atau peralatan lain yang tidak dibutuhkan, terutama saat mesin mobil mati.

Nah, itulah beberapa penyebab aki menjadi lebih mudah mati atau soak serta cara merawat aki yang baik dan benar. Semoga dengan adanya artikel tersebut di atas bisa membantu aki mobil Anda menjadi lebih awet, tahan lama, dan berumur panjang. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *