Penyebab Dan Cara Mengatasi Getaran Di Stir Mobil Dengan Mudah

penyebab-dan-cara-mengatasi-getaran-di-stir-mobil-dengan-mudah-mekanikmitsusbishiPenyebab Serta Tips Dan Cara Mengatasi Getaran Di Stir Mobil Dengan Simpel.

Mekanikmitsubishi.com – Bagi anda yang senang melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil, tentu kenyamanan dalam berkendara menjadi prioritas yang paling utama. Namun, terkadang kenyamanan anda sedikit akan terganggu saat setir mobil anda mengalami masalah, seperti mengalami getaran. Selain mengurangi tingkat kenyamanan, permasalahan itu juga bisa membahayakan anda.

Baca juga : Tips mudah atasi Understreer dan Overstreer dengan aman,dan penyebabnya.

Karena, setir yang mengalami getaran akan membuat pengendalian estir mobil tidak seimbang dan stabil, dan bisa membuat konsentrasi anda buyar dan terpecah. Sebenarnya, penyebab dari getaran di stir mobil ini sepele, namun banyak yang mengabaikan kondisi tersebut dan tidak melakukan perawatan.

Berikut adalah penyebab dan cara untuk menangani getaran yang terjadi pada setir mobil.

Baca juga : Benarkah mitos,pindahkah kopling dengan kasar bikin boros bahan bakar?

  1. Bagian pada sistem pengereman terjadi masalah dengan mengganti komponen tersebut.

Biasanya, getaran yang terjadi pada setir mobil bisa disebabkan oleh komponen atau bagian rem mobil mengalami masalah. Seperti dari sepatu rem, kanvas rem, dan cakram rem yang sudah mulai menipis atau aus, sehingga akan menimbulkan bunyi dan juga getaran pada stir.

Piringan atau cakram rem yang mulai tidak rata bisa menyebabkan getaran pada setir mobil. Hal itu bisa dialami karena salah satu faktor, yaitu faktor usia dari komponen tersebut atau bisa disebabkan oleh pemasangan komponen rem yang tidak benar atau tidak pas

Untuk solusi menanganinya, anda harus mengganti komponen atau bagian mobil yang sudah menipis atau aus. Selain itu, ganti kanvas rem yang sudah mulai aus dengan komponen orisinil dengan kualitas yang bagus

  1. Roda mobil tidak stabil bisa di atasi dengan melakukan spooping balancing.

Ketidakstabilan pada roda mobil bisa saja terjadi pada keempat roda mobil sekaligus. Permasalahan tersebut bisa disebabkan karena mobil sudah digunakan untuk perjalanan jauh dengan melalui jalanan yang rusak, bergelombang, ataupun berlubang. Akibatnya, roda pada mobil tersebut akan oblak dan juga tidak stabil yang akan menimbulkan getaran pada setir mobil anda

Untuk mengatasi penyebab getaran di setir ini, anda bisa membawa ke bengkel dan melakukan spooring balancing yang akan meluruskan dan memposisikan keempat roda mobil tersebut dan juga akan menyeimbangkan masing-masing roda.

Cara ini sebaiknya dilakukan jika mobil sudah melakukan perjalanan sampai 10.000 km. Walaupun, mobil tidak melewati jalur bergelombang, dan juga berlubang.

  1. Bearing atau laher yang aus bisa diatasi dengan melakukan perawatan rutin

Penyebab getaran di setir yang ketiga bisa karena bearing atau laher roda pada bagian depan sudah aus. Karena permasalahan tersebut, komponen tersebut tidak bisa bekerja secara maksimal ketika menyangga beban mobil. Akibatnya, saat mobil berjalan, akan menimbulkan lakher oblak, dan bergerak, dan juga bisa menimbulkan getaran di setir

Akibat laher atau bearing yang sudah aus tidak hanya akan berdampak dan menimbulkan getaran saja, namun juga akan merusak komponen lain pada kaki-kaki mobil tersebut. sehingga bagian, tierod, bushing arm, ball joint, juga akan ikut mengalami kerusakan.

Untuk solusinya, anda harus melakukan perawatan pada komponen-komponen tersebut secara rutin dan juga berkala. Dan lumasi bagian atau komponen tersebut dengan gemuk atau grease. Pelumasan menggunakan grease ini akan membuat laher tidak cepat kering dan akan menghindarkan gesekan antar logam yang bisa menimbulkan dan membuat laher mobil anda cepat aus.

Bca juga : Tips mudah membedakan bunyi tak wajar antara bearing roda dan ban mobil.

Demikian tadi adalah beberapa penyebab getaran di setir dan juga cara mengatasinya untuk menghilangkan getaran tersebut. Semoga membantu dan bermanfaat.

Artikel terkait :

Apa kelebihan dan kekurangan teknologi Drive By Wire pada mobil.

Penyebab setir mobil mendadak menjadi berat dan solusinya.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *