Penyebab Dan Cara Mengatasi Gangguan Pada AC Mobil

penyebab-dan-cara-mengatasi-gangguan-pada-ac-mobil-mekanikmitsubishiPenyebab Dan Cara Mengatasi Gangguan Pada AC Mobil.

Mekanikmitsubishi.com – AC mobil adalah salah satu bagian dari mobil yang penting, sebab AC bisa mengalirkan udara yang sejuk ketika cuaca sedang panas. Dengan AC inilah para pengemudi kendaraan akan betah saat mengendarai mobilnya, juga dengan para penumpangnya.

Akan tetapi AC mobil kadang memiliki gangguan, salah satunya yaitu AC mobil yang tidak dingin. Ketika Anda merasa AC mobil sudah tidak dingin lagi saat dinyalakan, sebaiknya periksalah mungkin AC mobil sudah tidak berfungsi lagi dengan baik.

Baca juga  : Peneyabab dan cara ampuh hilangkan bau AC mobil.

Sebelum memperbaiki komponen AC mobil yang rusak, sebaiknya periksa benar-benar bagian penyebab masalah dan yang mengalami kerusakan, setelah itu barulah diatasi. Dan berikut ini merupakan penyebab dan cara mengatasi gangguan pada AC mobil yang bisa Anda ketahui.

Baca juga : Tips menjaga suhu kabin disaat musin panas.

  1. Blower Tidak Nyala, Padahal Switch AC dalam Kondisi ON

Jika Anda menjumpai blower tidak menyala padahal switch AC dalam keadaan ON, maka Anda perlu memeriksa komponen dari motor blower yang ada di evaporator. Jika terjadi kerusakan pada bagian tersebut, maka Anda dapat mengganti ataupun memperbaiki motor blower tersebut. Lalu Anda dapat memeriksa aliran listrik di blower evaporator, jika ada kabel yang putus segeralah diperbaiki.

  1. AC Tidak Dingin Padahal Dalam Keadaan Hidup

Banyak sekali terjadi kasus AC yang tidak dingin padalah dalam keadaan hidup. Biasanya hal ini terjadi karena terdapat kerusakan pada sekring, kompresor, magnetic cludt, penyumbatan pada evaporator, dan filter.

Cara mengatasi kasus ini yaitu dengan memeriksa fuse atau sekring, lalu tekanlah bagian pendingin atau refrigerant mungkin terdapat kebocoran. Jika memang ada kebocoran, maka Anda bisa tahu dimana letak kebocorannya. Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan vacum dan tambah oli, kemudian isi lagi dengan refringer yang baru.

Selain itu, Anda juga bisa mengecek refrigerant, jika rusak Anda juga bisa menggantinya. Bersihkan juga bagian evaporator, karena bagian ini sering terkena kotoran.

  1. Kinerja AC yang Kurang Dingin

Saat dinyalakan, terkadang AC mobil kurang dingin, biasanya penyebab dari hal ini karena terjadi masalah pada thermostat, kondensor, dan juga evaporator. Cara mengatasinya yaitu dengan mengecek kondisi thermostat dan bagian stelat. Periksalah apakah masih berfungsi ataupun tidak. Jika tidak berfungsi maka Anda bisa mengganti pada komponen ini.

  1. Kipas Kondensor yang Tidak Berfungsi

AC yang tidak dingin juga bisa disebabkan karena kipas kondensor yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Kalor yang dilepaskan oleh kondensor tidak bekerja dengan maksimal adalah penyebabnya. Dan cara untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan memeriksa bagian socket kabel, sekring, konektor elektrik blower, dan kabel. Jika setelah diperiksa memang terjadi kerusakan, maka segeralah perbaiki. Namun Anda juga bisa menggantinya dengan komponen-komponen yang baru.

  1. Dari Grill Kabin Tidak Berhembus Angin

Saat AC mobil dinyalakan, biasanya akan mengembuskan udara dingin dari grill kabin. Apabila tidak menghembuskan udara dingin, maka ada gangguan pada komponen, seperti sistem kelistrikan, blower, dan relay motor blower. Dan cara untuk memeriksanya yaitu sebagai berikut:

  • Ketika mesin mati, Anda bisa mengecek putaran blower menggunakan tangan apakah lancar atau tidak. Apabila putaran tidak lancar dan rusak, maka gantilah bagian bearing motor blower.
  • Ganti switch blower jika telah rusak.
  • Anda bisa memeriksa sekring, kabel, konektor kelistrikan, dan socket kabel. Perbaikilah apabila ada yang rusak atau putus.
  • Untuk relay yang telah rusak, maka Anda bisa menggantinya.

Demikianlah informasi yang bisa Anda ketahui tentang penyebab dan cara mengatasi gangguan pada AC mobil. Semoga informasi tersebut diatas bisa bermanfaat bagi Anda semua yang membacanya.

Artikel terkait :

Beberap poin penting dari pengecekan,perawatan dan perbaikan AC mobil.

Penyabab getaran mobil sampai ke kabin dan solusi terbaiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *