Penyebab Dan Cara Mencegah Ban Mobil Aus Sebelah

Beberapa Penyebab Dan Cara Mencegah Ban Mobil Aus Sebelah - Mekanikmitsubishi.Apa Penyebab Dan Cara Mencegah Ban Mobil Aus Sebelah? 

Mekanikmitusbishi.com – Para pengguna mobil banyak yang mengeluhkan mengapa ban mobil sering aus sebelah. Ban mobil merupakan salah satu bagian paling vital. Khususnya untuk kenyamanan dan keselamatan pengendara. Oleh karena itu perlu diperhatikan bagaimana cara mencegah ban mobil aus sebelah dan apa penyebabnya.

Sebenarnya ada beberapa masalah yang menjadi penyebab ban mobil aus sebelah, yaitu pengguna kurang memperhatikan spesifikasi ban mobil yang digunakan. Saat membeli ban mobil sebenarnya dalam ban mobil sudah terdapat kode ban mobil tersebut mampu bertahan berapa lama.

Baca juga : Lebih baik pakai semir ban busa atau cair, serta cara menggunakan semir yang benar.

Misalnya pada ban mobil yang berkode S sebaiknya ban mobil tersebut digunakan pada kecepatan maksimal 180km/jam. Kebanyakan para pengguna tidak memperhatikan hal tersebut, sehingga ban mobil cepat aus. Oleh karena itu untuk bagaimana cara mencegah ban mobil aus sebelah sebaiknya periksalah spesifikasi ban mobil anda.

Pemilik mobil juga sering mengeluhkan mengapa ban mobil mereka cepat sekali aus. Sebenarnya ban mobil tidak hanya menahan beban mobil saja melainkan ban mobil juga menahan beban penumpang mobil, oleh karena itu sebagai pengguna yang baik perhatikan beban yang akan di muat saat menggunakan mobil agar ban mobil tidak cepat aus sebelah.

Baca juga : Cara membedakan bunyi tak wajar antara ban atau bearing roda.

Kesalahan pengguna berikutnya yaitu pengguna tidak melakukan rotasi pada ban. Hal ini menyebabkan ban mobil aus sebelah. Cara mencegah ban mobil aus sebelah yaitu dengan melakukan rotasi pada ban mobil secara berkala. Yaitu dengan menukar ban depan kanan dengan ban belakang kiri. Begitu juga ban dean kiri ditukar dengan ban belakang kanan.

Adanya keropos dan pengelasan yang salah pada dudukan sayap roda sehingga kondisi ban kanan dan kiri tidak simetris juga dapat menyebabkan ban mobil aus sebelah.

Kebiasaan pengguna yang sering melakukan pengereman mendadak juga dapat menyebabkan ban mobil aus sebelah. Selain itu kebiasaan pengguna yang melewati jalan yang rusak tetapi menggunakan kecepatan yang tinggi. Hal tersebut dapat mengakibatkan ban mobil aus sebelah. Sebaiknya cara mencegah ban aus sebelah yang perlu dilakukan pengemudi yaitu dengan mengatur pada jarak berapakah ketepatan melakukan pengereman.

Kebiasaan pengemudi yang membelokan setir saat mobil terhenti seperti pada saat mundur ataupun akan berbelok arah sewaktu parkir juga dapat menyebabkan ban mobil aus sebelah. Untuk mobil dengan power stering memang tidak terasa berat setirnya, tapi kalau mobil anda belum power stering maka akan terasa berat saat membelokkan setir saat mobil terhenti. Tanpa anda sadari kebiasaan tersebut dapat menyebabkan ban mobil aus sebelah.

Agar anda mengetahui kondisi ban anda aus sebelah berikut ciri-cirinya supaya anda waspada.

Baca juga : Apa penyebab ban mobil selip dan cara mengatasinya dengan mudah.

  • Setir terasa bergetar bila berjalan diatas 60 km/jam
  • Pada saat mobil jalan terdengar suara decit ban
  • Setir mobil terasa mau belok sendiri pada saat melaju
  • Ban terasa miring

Demkian artikel kali ini yang mengulas mengenai beberapa penyebab dan pemicu ban mobil aus sebelah dan tidak rata serta tip mengatasi ban kendaraan aus sebelah dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa memberikan solusi agar kejadian ban aus sebelah tidak terulang kembali. Terimakasih.

Artikel terkait yang bisa Anda baca :

Bolehkan menaikkan tekanan angin ban pada kendaraan melebihi batas wajar saat membawa muatan berlebih.

Penyebab ban benjol dan tips mengatasinya.

Mantab jiwa!! manfaat ban bekas jadi battery mobil.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *