Penyebab Dan Cara Atasi Wiper Mobil Bergerak Lamban

Penyebab Dan Cara Atasi Wiper Mobil Bergerak Lamban - MekanikmitsubishiBeberapa Penyebab Dan Cara Atasi Wiper Mobil Bergerak Melamban

Mekanikmitsubishi.com – Wiper mobil adalah salah satu komponen dalam mobil yang sangat berfungsi ketika mengendarai dalam keadaan hujan. Sebab, wiper adalah komponen mobil yang menyapu air hujan pada kaca bagian dalam mobil sehingga membuat penglihatan pengendara tetap jelas.

Karena fungsi wiper sangat penting saat hujan sehingga Anda akan mengalami masalah saat berkendara jika wiper pada mobil Anda rusak atau bergerak lamban.

Wiper akan berfungsi dengan baik jika dilakukan perawatan rutin untuk mobil. Sebab, ada beberapa penyebab yang membuat wiper menjadi lamban yang sering tidak disadari oleh pemilik mobil.

Diantara penyebab-penyebabnya wiper mobil bergerak lambat adalah:

  1. Tidak berfungsinya saklar wiper
  2. Karet yang ada pada wiper sudah mengeras
  3. Tangkai wiper dan wiper link patah
  4. Ausnya bush wiper
  5. Dynamo wiper yang terbakar

Nah, sekarang Anda sudah tahu apa saja penyebab dari wiper mobil yang bergerak lamban. Hal tersebut terjadi karena kurangnya pembersihan dan perawatan terhadap mobil. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan hal-hal di bawah ini.

Langsung saja Anda simak pemaparannya:

Baca juga : 6 poin utama penyebab semprotan wiper tidak maksimal.

  1. Ganti karet wiper yang sesuai standar.

Pertama, Anda harus mencari tahu penyebab wiper mobil bergerak lamban. Biasanya hal tersebut dikarenakan ukuran karet pada wiper tidak sesuai standar. Bisa jadi ukuran karetnya lebih panjang dari ukuran yang asli.

Sehingga beban wiper menjadi lebih berat dan mengakibatkan geraknya menjadi lamban. Untuk itu, sebaiknya segera Anda ganti karet pada wiper mobil dengan karet yang sesuai standar.

Jika hal tersebut sudah Anda lakukan tetapi wiper tetap tidak bergerak dengan lancar maka bisa jadi penyebabnya ada pada kerusakan dinamo wiper. Segeralah perbaiki dinamo wiper pada bengkel dinamo agar masalah tersebut cepat teratasi.

  1. Periksa bagian kelistrikan.

Anda pastinya pernah mengalami masalah pada wiper mobil yang bukan hanya bergerak lamban, tetapi semakin parah yaitu macet. Untuk mengatasinya Anda perlu memeriksa sekring yang terdapat pada wiper.

Anda perlu mengecek apakah ada kerusakan atau tidak. Jika sekringnya baik-baik saja, Anda bisa beralih pada motor penggeraknya.

Anda mungkin akan menemukan kotoran atau karat pada motor penggerak wiper mobil. Untuk itu segeralah lakukan pembersihan kemudian tambahkan pelumas agar memudahkan poros penggerak dapat berfungsi kembali.

  1. Lakukan penyetelan ulang pada wiper mobil Anda.

Selain wiper mobil yang bergerak lambat, Anda juga sering mendapatkan masalah wiper mobil berbunyi atau berdecit. Hal ini disebabkan karena tangkai wiper mengalami cacat produksi atau bengkok.

Sehingga karet pada wiper mobil mendapat tekanan yang tidak merata dan akan menimbulkan bunyi yang mengganggu atau berdecit. Untuk itu, Anda perlu melakukan penyetelan ulang di bengkel mobil.

Bunyi decitan juga bisa disebabkan oleh rusaknya wiper mobil karena usianya yang tua. Usia normal yang dimiliki oleh wiper mobil adalah satu tahun. Untuk itu, Anda perlu menggantinya secara rutin agar wiper dapat berfungsi dengan baik. Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai beberapa penyebab dan cara atasi wiper bergerak lambat dengan mudah. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Artikel terkait :

Beberpa bahaya wadah air wiper sering kosong, yang jarang diketahui.

Tips dari perawatan dan manfaat tegakkan wiper mobil saat pakir secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *