Penyebab Dan Cara Ampuh Hilangkan Bunyi Berdecit Kaca Mobil

Penyebab Dan Cara Ampuh Hilangkan Bunyi Berdecit Kaca Mobil - MekanikmitsubishiBeberapa Penyebab Dan Cara Ampuh Hilangkan Bunyi Berdecit Kaca Mobil dengan Aman

Mekanikmitsubishi.com – Mobil berdecit tentu saja dapat menganggu kenyamanan Anda saat berkendara. Mobil merupakan salah satu kendaraan yang banyak sekali orang gunakan untuk pergi bekerja atau sekedar berjalan-jalan. Salah satu komponen penunjang kenyamanan dan keselamatan mobil adalah kaca mobil. Kaca mobil merupakan komponen yang sangat penting, jika tidak ada kaca mobil, Anda tidak bisa melihat pemandangan di luar.

Baca juga : Tips perawatan dan manfaat rutin tegakkan wiper mobil saat diparkir.

Mobil berdecit memang merupakan masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Penyebab mobil berdecit salah satunya disebabkan oleh kaca mobil yang mengeluarkan bunyi tersebut. Kaca mobil tersebut dapat mengeluarkan suara yang tidak nyaman atau melengking,kadang sebagian orang risih mendengarnya. Timbul suara berdecit dikarenakan karet wiper yang kondisinya sudah keras atau tidak bagus lagi.

Wiper merupakan perangkat yang dibuat untuk membersihkan kaca agar tidak terkena kotoran atau air hujan. Terdapat beberapa hal yang menyebabkan wiper mengeluarkan suara yang tidak normal. Diantaranya adalah disebabkan karena tumpukan debu pada kaca, terdapat jarak atau sela antara windshield dan wiper, bahkan penggunaan yang berlebihan.

Jika Anda tengah mengalami hal tersebut, Anda tidak perlu khawatir karena kami akan menyajikan cara untuk menghilangkan bunyi wiper mobil berdecit yang disebabkan oleh wiper. Untuk selengkapnya Anda dapat menyimak ulasan dibawah ini.

Cara Membersihkan Karet Wiper Mobil Agar Tidak Berdecit dengan Aman

Baca juga : Tips dan cara membersihkan kaca mobil yang sering terkena air hujan.

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, salah satu penyebab kaca mobil berdecit adalah debu atau kotoran yang menumpuk. Untuk menghilangkan bunyi tersebut Anda dapat membersihkan wiper agar tidak ada lagi kotoran dan debu yang menumpuk.

Namun, yang perlu diingat adalah bersihkanlah kaca mobil secara aman dan tidak asal untuk menghindari kerusakan. Terdapat beberapa cara membersihkan karet wiper pada kaca mobil berdecit. Berikut adalah cara tersebut.

Cek Kondisi Kaca Jika Mobil Berdecit

Untuk membersihkan wiper kaca mobil Anda, sebaiknya cek terlebih dahulu kondisi wiper. Jika terdapat beberapa kerusakan wiper seperti retak atau karet wiper yang sudah lapuk sebaiknya gantilah karet wiper tersebut.

Hindari Menggosok Karet Wiper

Untuk membersihkan karet wiper kaca mobil Anda secara aman, sebaiknya hindarilah menggosok karet wiper secara sering. Menggosok karet wiper dengan sering hanya akan membuat lapisan pelindung atau pelembab terkikis dan membuat karet wiper kaca mobil berdecit.

Menggunakan Cairan Khusus atau Wiper Fluid

Anda juga dapat menggunakan cairan khusus atau wiper fluid. Kelebihan wiper fluid dibandingkan dengan air biasa adalah wiper fluid memiliki kandungan sabun yang dapat membuat kaca Anda menjadi lebih licin dan lebih jernih.

Menggunakan Cuka dan Baking Soda

Selain menggunakan air bersih dan wiper fluid. Untuk menghilangkan kaca mobil berdecit yang disebabkan oleh karet wiper, Anda juga dapat menghilangkan suara berdecit tersebut dengan menggunakan bahan-bahan lain seperti cuka dan baking soda. Cara membersihkan karet wiper dengan menggunakan bahan tersebut juga cenderung mudah.

Untuk membersihkan kaca dengan cuka Anda hanya perlu mencelupkan cuka pada kain katun, kemudian gosoklah dengan lembut permukaan pada kaca sampai kotoran dan debu tersebut menghilang.

Sedangkan jika menggunakan baking soda Anda hanya perlu menaburkan baking soda pada tisu yang sudah dilembabkan lalu gosoklah permukaan kaca sampai bersih.

Membersihan Karet Wiper Secara Rutin

Karet wiper yang menyebabkan mobil berdecit sebaiknya harus dibersihkan secara rutin atau teratur. Karet wiper yang menyebabkan mobil berdecit dapat disebabkan karena adanya penumpukan kotoran yang sudah lama tidak dibersihkan. Maka dari itu, rutinlah untuk membersihkan dan memeriksa kondisi karet wiper Anda untuk menghindari kaca mobil berdecit tersebut.

Artikel terkait :

Kaca mobil sering berembun, berikuti ni tips menghilangkan dengan mudah.

Beberapa penyebab kaca mobil macet, susah dibuka dan cara mengatasinya.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *