Penyebab Dan Bahaya Pedal Kopling Bergetar Saat Pindah Gigi Transmisi

Beberapa penyebab dan dampak buruk jika pedal kopling bergetar saat pindah gigi transmisi - MekanikmitsubishiBeberapa Penyebab Dan Bahaya Pedal Kopling Mobil Bergetar Saat Pindah Gigi Transmisi

Mekanikmitsubishi.com – Bagi Anda pengguna mobil dengan transmisi manual tentu sudah terbiasa menggunakan pedal kopling saat akan memindahkan gigi percepatan baik mau menambah gigi transmisi atau menguranginya. Medan jalan sangat mempengaruhi berat tidaknya kerja dari kopling mobil. Dari kemacetan, jalan berliku, dan jalan tidak rata adalah salah satu penyebab pengendara sering memindah gigi percepatan pada mobilnya. Hal ini tentu membuat kerja plate kopling dan komponen kopling lainya menjadi berat.  Jika kita cermat saat mengemudikan mobil, pasti saat timbul gejala kerusakan system kopling kita akan merasakannya.

Baca juga : Tips agar transmisi CTV mobil awet dan kelebihan serta kekurangan mobil bertransmisi CTV.

Salah satu keluhan yang dirasakan pengemudi pada system kopling kendaraan adalah pedal kopling mobil bergetar,hal ini biasanya sangat terasa saat mobil akan mulai berjalan. Akan tetapi jika proses perpindahan gigi transmisi ketika kendaraan sedang melaju, getaran kopling berkurang dan hampir tidak terasa, bahkan beberapa kasus tidak terasa sama sekali getarannya.

Beberapa Bahaya Getaran Pada Pedal Kopling Mobil Dan Penyebabnya

Selain mengurangi kenyamanan saat mengemudikan mobil, getaran pedal kopling juga akan menimbulkan dampak lainya seperti pengemudi menjadi cepat lelah dan pegal-pegal serta beberapa dampak buruk bagi komponen kopling yang bisa sampai taraf kerusakan  sampai mobil berhenti mendadak.

Untuk penyebab dari pedal kopling bergetar diantaranya :

Baca juga : Penyebab dan kebiasaan yang sering dilakukan yang mengakibatkan kerusakan sistem kopling mobil.

1). Pegas matahari ( cover clutch ) sudah lemah, tentu sangat mungkin getaran bisa merambat sampai di tuas dan pedal kopling.

2). Permukaan roda gila ( fly wheel ) tidak rata/ bergelombang, akibatnya saat plate kopling berputar dan bersinggungan dengan fly wheel kedua kompenen tidak seluruh permukaannya menempel dengan sempurna. Dan tentu akan menimbulkan getaran pada pedal kopling.

3). Atau yang sering terjadi yakni tidak meratanya kekencangan baut pada Cover Clucth serta kelainan dari pegas plate kopling yang sudah melemah atau hanya merenggang.

Demikian artikel yang bisa kami sampaikan terkait beberapa penyebab dan dampak negative jika pedal kopling terasa bergetar saat perpindahan gigi transmisi. Dan saran kami jika Anda mengalami pedal kopling bergetar, sebaiknya untuk segera membawa kendaraan Anda untuk pengecekan dan perbaikan system kopling mobil. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Artikel terkait :

Beberapa akibat serta bahaya mencampur atau menambah berbagai merek oli mesin.

Beberapa alasan mobil bertransmisi matic konvensional tidak diminati lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *