Penyebab Dan Bahaya Menambah/Mencampur Berbagai Merek Oli Mesin

Beberapa penyebab dan efek buruk mencampur berbagai merek oli mesin - MekanikmitsubishiBeberapa Penyebab Dan Bahaya Menambah/Mencampur Berbagai Merek Oli Mesin

Mekanikmitsubihsi.com –  Banyak berbagai cara dan hal unik pemilik kendaraan yang ingin menghemat biaya operasional. Akan tetapi jangan sampai kita salah kaprah dan asal-asalan dalam penerapannya, salah langkah bisa-bisa kendaraan kita akan timbul banyak masalah dan berumur pendek. Dan dari beberapa kesalahan yang dianggap sepele namun beresiko besar yang dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin kendaraan adalah mencampur oli mesin dengan beberapa merek yang ada.

Baca juga : Cara mengganti oli mesin mobil yang baik dan benar.

Beberapa pemilik kendaraan beranggapan bahwa mencampur berbagai macam merek oli tidaklah mengapa, padahal hal tersebut sangat beresiko terlebih lahi jika sering mencampur sisa oli yang ada dari berbagai merek. Mungkin dengan beralasan menghemat dan sayang jika oli sisa tidak dipergunakan. Lebih parahnya lagi ketika mesin kendaraan sudah mengalami kerusakan yang mengakibatkan oli mesin selalu berkurang, akan tetapi pemilik tidak pernah melakukan perbaikan hanya saja selalu menambah oli pada mesin dengan oli mesin seadanya dengan jumlah takaran kira-kira.

Baca juga : Penyebab oli mesin selalu berkurang dan cepat habis. 

Kenapa mencampur oli mesin dari berbagai merek tidak dianjurkan dan memberikan dampak buruk ?

Banyak sekali masyarakat masih berpendapat, jika kita mencampur oli mesin bengan berbagai merek tidak akan membawa dampak negative, akan tetapi sebenarnya ada beberpa resiko dan dampak jika kita sering mencampur berbagai merek oli mesin. Hal yang paling utama yakni akan terjadi reaksi kimia yang merugikan pada mesin. Mengapa? Sebab dari berbagai merek oli tersebut memiliki kandungan zat kimia dan formula yang berbeda. Zat aditifnya juga pasti berbeda untuk itu ketika kita akan mencampur atau menambah oli mesin harus dari merek dan type oli yang sama semisal oli mobil matic maka pemakaian juga harus oli type matic, dan pencampuran dari beda merek sebaiknya dihindari.

Untuk dampak yang paling parah jika kita menambah / mencampur berbagai merek oli mesin adalah kompenen mesin bisa ngancing atau macet tak bisa bergerak, kenapa bisa demikian? Tentunya kembali lagi ke reaksi kimia yang tadi, saat berbagai oli jadi satu dengan zat kimia dan formula yang berbeda, maka dalam kondisi tertentu akan membentuk endapan lumpur dan bisa sampai timbulnya Kristal yang sangat kecil yang dapat mengakibatkan mesin lecet dan system pelumasan jadi tidak maksimal.

Pada intinya kita selalu tetap waspada dan  benar-benar menjaga kondisi mesin tetap prima dengan pengecekan dan pergantian pelumas masin secara berkala. Dan tidak asal-asalan mencampur berbagai merk oli yang ada pada mesin.

Demikian artikel kali ini yang bisa kami sampaikan mengenai beberapa efek buruk mencampur berbagai merak oli mesin serta penjelasanya dan sedikit tips merawat mesin mobil. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Artikel terkait :

5 cara mudah membedakan oli asli dengan oli palsu dengan akurat.

Perlukan engine flush tiap mengganti oli mesin, dan apa manfaat enic gine flus?

Akibat akibat mobil non matic menggunakan oli matic.

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *