Penyebab Dan Alasan Kaca Depan Mobil Berembun Saat Hujan

Alasan Kaca Depan Mobil Berembun Saat Hujan - MekanikmitsubishiAlasan Kaca Depan Mobil Berembun Saat Hujan Dan Tips Mengilangkannya

Mekanikmitsubishi.com – Ketika berkendara dalam keadaan hujan, banyak pengendara yang mengeluhkan bahwa kaca depan mobil berembun. Hal ini tentunya akan mengganggu kenyamanan pengendara dan membuat pengendara sulit melihat keadaan di luar mobil. Jika dibiarkan maka akan berbahaya apabila digunakan saat mengendara.

Menurut beberapa sumber, apabila kaca mobil berembun ketika hujan sedangkan pengemudi berkendara dengan kondisi AC menyala, maka dapat dikatakan jika AC mobil bermasalah. Hal ini karena suhu di luar mobil lebih dingin dibandingkan dengan suhu di dalam mobil yang menyalakan AC.

Baca juga : Tips dan cara paling tepat membersihkan mobil yang sering kehujanan.

Dalam keadaan normal, suhu ideal AC mobil pada inlet kabin adalah 5 sampai 8 derajat. Dan untuk mengetahui posisi inlet suhu ideal AC tersebut adalah dengan mengukur menggunakan alat Power Scan. Apabila saat berkendara dalam keadaan hujan mengalami kaca mobil berembun, sangat dianjurkan untuk melakukan pengecekan terhadap AC mobil yang mempunyai Power Scan.

Jika AC mobil masih dalam keadaan baik dan tidak mengalami masalah seperti di atas, bukan berarti Anda harus tenang-tenang saja. Sebab Anda harus tetap menjaga supaya AC mobil selalu dalam keadaan yang prima.

Salah satu penyebab mengapa AC mengalami kerusakan adalah seringnya membuka kaca jendela mobil saat AC masih menyala. Ketika kaca jendela mobil dibuka, maka suhu suhu mobil akan susah mencapai titik optimal. Akibatnya kompresor AC terus bekerja tanpa cut on dan cut off, sehingga sistemasi AC mobil bisa cepat rusak.

Kemudian adalah kebiasaan merokok di dalam mobil ternyata akan mempengaruhi umur dan masa pakai komponen AC, terutama pada evaporator. Hal ini disebabkan karena asap roko dengan kandungannya akan menempel pada evaporator dan membuat sirkulasi menjadi terhambat.

Alasan kaca depan mobil berembun saat hujan lainnya dan mengapa kaca mobil berembun adalah pemilik kendaraan kurang memperhatikan komponen dari pendingin kabin tersebut. Berbagai indikasi yang membuat AC mobil bermasalah yaitu hembusan angin pada AC melemah dan terdapat tetesan air atau embun dari selang ataupun komponen yang lainnya.

Ada 2 cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi kaca mobil yang berembun saat hujan, antara lain :

Baca juga : Ampuh, Brantas jamur pada kaca mobil hanya dengan batu IJO.

  • Menggunakan Cairan Anti Kabut

Sekarang ada banyak sekali defogger atau cairan anti kabut. Cairan tersebut bermanfaat untuk mencegah agar kaca tidak berembun. Cara untuk menggunakan benda ini sangat mudah dan praktis, karena kemasannya adalah semprotan tabung.

Anda cukup menyemprotkan cairan defogger ke kaca bagian dalam, lalu diamkanlah selama beberapa saat. Selanjutnya lap kaca dengan kain yang kering.

  • Menggunakan Shampo Rambut

Selain untuk keramas, shampo rambut ternyata bermanfaat untuk mengeringkan uap air. Zat kimia yang terdapat di dalam shampo ini dimanfaatkan untuk mengeringkan embun pada kaca saat hujan. Caranya lap kaca dengan kanebo yang sudah diberi shampo sampai kaca tidak buram.

 

Demikian artikel kali ini yang menjelasakan tips dan cara membersihkan kaca mobil berembun dan beberapa penyebabnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai perawatan dan perbaikan mobil dengan baik dan benar agar kendaraan kita lebih awet serta selalu prima. Terimakasih.

 

Artikel terkait :

Tips memilih pembersih yang bagus dan aman.

Manfaat karet pita dan bintik hitam ditepi kaca mobil, tak banyak yang tahu.

Penyebab dan cara ampuh hilangkan bunyi berdecit pada kaca kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *