Penyebab Cat Oven Lebih Mahal Dan Lebih Bagus Hasilnya

Penyebab Cat Oven Lebih Mahal Dan Lebih Bagus Hasilnya - MekanikmistubishiBeberapa Penyebab Cat Oven Lebih Mahal Dan Lebih Bagus Hasilnya Jika Dibandingkan Pengecatan Konvensional.

Mekanikmitsubishi.com – Perkembangan dunia otomotif baru-baru ini selalu digemparkan dengan berbagai inovasi  yang keren dan modern, seperti halnya dengan proses dan cara pengecatan pada body mobil. Umumnya mobil yang telah berusia lima hingga sepuluh tahun keatas akan mendapatkan perubahan warna cat menjadi kurang mengkilap atau kusam.

Baca juga : Tips dan cara merawat cat mobil berwarna putih agar terlihat mulus.

Hal ini menandakan cat body mobil bawaan dari pabrik telah mengalami penurunan kualitas yakni menjadi kusam, hal ini dapat disebabkan karena adanya noda jamur, noda aspal maupun tergores kecil saat dijalanan tanpa Anda sadari seperti terkena rumput, pasir, debu semak-semak atau libih parahnya terjadi gesekan dengan mobil satu sama lain ketika berpapasan.

Untuk itu salah satu cara yang paling tepat untuk mengembalikan cat mobil Anda yaitu dengan melakukan pengecatan ulang, pengecatan body mobil yang saat ini paling ideal dan diminati oleh masyarakat adalah cat oven, hal ini dikarenakan hasil yang diperoleh jauh lebih maximal dan merata. dengan memanfaatkan ruangan yang dapat diatur level temperaturnya seperti halnya oven untuk membuat kue.

Namun, sebagian orang pasti bertanya-tanya, kenapa cat mobil dengan oven memiliki harga yang lebih mahal? Berikut ulasan lengkapnya agar tidak menjadikan Anda penasaran dan pastinya dapat menjadi referensi bagi Anda.

Alasan Cat Oven Body Mobil Lebih Mahal Dan Lebih Baik Hasil Catnya

Baca juga : 3 teknik dewa bersihkan sticker dengan cepat dan aman tanpa merusak lapisan cat body mobil.

Kualitas yang Lebih Bagus

Jangan menyesal ketika Anda melakukan cat mobil dengan harga yang mahal namun mempunyai kualitas yang bagus, istilah jawanya “ono rego ono rupo”. Peribahasa tersebut sangat patut disandang oleh cat oven pada body mobil, meskipun harganya cenderung lebih mahal namun kualitas yang dihasilkan tidak perlu diragukan lagi karena sangatlah bagus.

Dapat Melindungi dan Mempercepat Proses Pengecatan

Seperti halnya ketika kita membuat kue menggunakan oven tentu akan dapat menghasilkan kue yang lebih bagus, rapi dengan proses yang cepat.

Begitu juga dengan proses pengcatan body mobil yang dilakukan menggunakan cat oven akan melindungi dan mempercepat dalam proses pengecatan. Hal ini dikarenakan dinding ruangan terbuat dari pelat, sementara pelat sendiri merupakan pengantar panas. Jadi inilah yang dapat membuat cat mobil dengan oven lebih terlindungi.

Menyedot Debu yang Berada Didalam Ruangan                     

Perlu Anda ketahui bahwa alat cat oven memunyai exhaust, exhaust ini merupakan alat yang digunakan untuk menyedot debu yang berada didalam ruangan. Untuk itu selain Anda mendapatkan hasil cat mobil yang bagus dan maximal, Anda juga dapat sekaligus membersihkan debu-debu yang menempael pada body mobil.

Meskipun Anda menggunakan merk cat mobil yang bagus dan berkualitas, Anda juga harus memperhatikan suhu di dalam ruangan. Hal ini dikarenakan proses pengeringan cat mobil harus diatur pada suhu 60 derajat celcius, dengan waktu pengeringan selama 30 sampai 60 menit.

Sementara proses pengecatan body mobil dengan oven sendiri ada dua yaitu cat oven dalam proses kering dengan sentuh tangan maka 30 sampai 60 menit, akan tetapi jika kering atau ditekan standarnya 6 jam. Hal ini dengan melakukan pemolesan pada mobil.

Warna dapat Lebih Menyala

Alasan cat mobil oven lebih mahal yaitu karena proses pengecatan yang dilakukan adalah sangat maksimal, selain itu warna yang dihasilkan dari pengecatan ini juga tidak mengecewakan yaitu sebagian warna tertentu dapat menyala dengan indah, hal ini tentu menjadi kelebihan tersendiri jika dibandingkan melakukan pengecatan tanpa adanya pengaturan suhu ruangan.

Melalui proses dan infrastruktur yang sangat memadai tersebutlah yang membuat metode cat mobill dengan cat oven lebih mahal dibandingkan dengan cara yang biasa.

Memang harga yang ditawarkan dari cat mobil ini dihitung berdasarkan body full atau per panel, namun pengecatan menggunakan cat oven ini dihargai mulai dari Rp. 7 juta hingga 12 juta, tergantung dari besar kecil mobil Anda.

Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai beberapa alasan cat body mobil dengan teknik oven lebih mahal dari proses pengecatan konvensional. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca, dan bisa sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan sistem pengecatan apa yang akan digunakan. Terimakasih.

Artikel terkait :

Tips merawat mobil berwarna hitam agar terlihat mengkilap dan mudah tidak kusam.

Tips membedakan cat body mobil asli dengan pengecatan ulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *