Penyebab Alternator Mudah Rusak,Tanda-Tandanya Dan Solusi Terbaiknya

penyebab-alternator-mobil-mudah-rusak-dan-solusi-terbaiknyaApa Penyebab Alternator Cepat Rusak? Tanda-Tanda Kerusakannya Dan Solusi Perbaikannya.

Mekanikmitsubishi.com – Alternator merupakan salah satu bagian atau komponen yang bisa dibilang sangat vital atau penting pada mobil. Alat ini memiliki fungsi sebagai penyuplay arus listrik ke bagian aki atau bisa dikatakan fungsi dari alat ini adalah untuk pengisian aki. Jika pengisian aki ini tidak lancar, anda bisa mengalami mogok dan membuat aki cepat soak.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi mobil sulit distarter yang jarang diketahui.

Untuk perawatan dari alat alternator ini sebenarnya tidak harus dengan perawatan yang khusus atau servis secara rutin atau berkala. Untuk masa pakainya alat ini secara umum dan biasanya dari kondisi barunya adalah sampai 5 tahun. Jika sudah melewati batas maksimal pemakaian tersebut akan membuat kinerjanya menurun dan juga berkurang.

Hal itulah yang akan menyebabkan pasokan listrik ke aki menjadi berkurang dan sedikit. Untuk alternator ini bisa lebih pendek dari usia pemakaian normalnya disebabkan oleh beberapa hal, yaitu :

Baca juga : 5 komponen mobil yang sering jebol jika mengendarai mobil secara ugal-ugalan.

  • Proses pemasangan alat elektronik dengan beban yang besar
  • Dioda Rectifier yang ada pada alternator tersebut putus dengan IC regulator, akibatnya arus yang akan diberikan dan dihasilkan oleh alternator ini menjadi berkurang
  • Penggunaan cut of pada bagian Ket Out Eksternal Voltage regulator juga bisa menjadi penyebab alternator cepat rusak atau drop
  • Hubungan antara carbon brush dan rotor slip ringsnya yang kurang maksimal dan juga kurang baik bisa membuat alternator mobil anda cepat drop. Dan tentu saja akan membuat pasokan listrik ke rotor pada alternator akan terhambat

Setelah anda mengetahui penyebabnya, ada baiknya juga anda mengetahui beberapa tanda atau ciri pada jika alternator mobil anda mengalami kerusakan. Berikut ini beberapa diantaranya :

  1. Anda bisa mengetahui apakah alternator tersebut rusak atau tidak hanya dengan bunyi yang ditimbulkan dari alat tersebut. Bunyi tersebut disebabkan oleh bagian bearing alternator yang sudah rusak dan mengeluarkan bunyi keras dari alternator. Selain itu, penyebab lainnya adalah diode rectifier alternator yang sudah putus atau rusak.
  2. Untuk ciri atau tanda yang kedua adalah bagian lampu indikator pada aki menyala ketika anda menghidupkan mesin mobil tersebut. Hal ini yang menandakan bahwa laternator tersebut sudah tidak bisa menyalurkan arus listrik dengan baik atau maksimal.
  3. Untuk ciri yang terakhir, jika anda sudah mengganti aki dengan yang baru, akan tetapi masih tidak kuat ketika anda menstarter atau aki selalu tekor. Hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa tegangan output pada bagian alat tersebut sudah berkurang

Selain beberapa penyebab di atas, Overcast atau overcharge juga akan membuat alternator mobil anda cepat rusak. Jika upt put alternator mobil anda lebih dari 15 volt, maka bisa mengakibatkan aki semakin panas dan juga alat ini akan semakin mendidih. Jika hal itu sudah terjadi, anda harus segera mendinginkan mobil agar mesin mobil tidak semakin panas

Untuk tips yang lebih ampuh, jika alternator mobil anda sudah mengalami kerusakan segera ganti dengan alat yang baru agar arus listrik yang dihantarkan oleh alat ini berjalan baik dan juga maksimal. Karena, alat ini atau alternator memiliki tugas yang berat dan bekerja keras, tidak heran jika alternator ini bisa mengalami kerusakan sebelum usia pemakaian belum habis 5 tahun.

Demikian tadi adalah beberapa penyebab alternator cepat rusak dan tips perbaikannya. Semoga bermanfaat dan membantu pembaca.

Artikel terkait :

Masalah serius akibat mobil jarang dipakai,yang wajib Anda pahami.

Benarkah saat pindah kopling dengan kasar bikin boros bahan bakar.? berikut penjelasannya

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *