Penjelasan Efek Buruk Salah Pilih Busi Yang Berakibat Fatal

Inilah Efek Buruk Salah Pilih Busi Yang Bisa Membuat Mesin Motor Anda MatiInilah Beberapa Penjelasan Efek Buruk Salah Pilih Busi Yang Bisa Membuat Mesin Motor Anda Mati Secara Mendadak.

Mekanikmitsubishi.com – Fungsi sebuah busi pada kendaraan sangat penting sekali. Ini terbukti apabila mesin kendaraan mengalami kendala atau mogok, bagian busi tidak lepas akan ikut dicek untuk memastikan kerja mesin optimal. Dengan alasan itu, jika anda akan membeli busi atau akan menggantinya, tentu harus lebih hati-hati dan harus memperhatikan kualitas businya. Karena akan ada efek buruk salah pilih busi jika anda tidak lebih teliti dalam membeli.

Peran atau fungsi busi yang sangat penting sekali sering membuat busi ini mengalami masalah. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan masalah pada busi, yaitu diantaranya karena busi tersebut kotor.

Baca juga : Cara memakai busi yang benar,aman dan yang sangat direkoendasikan.

Kotoran yang ada menumpuk sehingga membuat pembakaran menjadi tidak maksimal dan ini akan membuat mesin kendaraan atau motor anda mogok. Oleh karena itu, penting sekali mengecek kebersihan busi sebulan atau dua bulan sekali. Ini bertujuan untuk mengetahui kebersihan busi sehingga kinerja mesin tetap optimal dan prima.

Jarak antara busi dengan kepala busi juga harus diperhatikan, jarak antara busi dan kepala busi ini harus pas supaya kerja busi tersebut lebih maksimal. Selain itu juga agar mesin motor anda tidak brebet atau tersendat-sendat.

Untuk lebih detailnya berikut ini efek buruk salah busi pada mesin motor yang harus anda perhatikan agar tidak salah dalam memilih busi :

  1. Sebelum mengetahui efek buruk salah pilih busi, busi ini memiliki spesifikasi masing-masing. Walaupun dratnya memiliki ukuran yang sama, bisa jadi panjangnya berbeda. Nah efek buruk nya jika salah pilih ini bisa berbahya. Seperti misalnya motor anda seharusnya menggunakan busi pendek, tetapi anda malah salah memilih busi drat panjang. Ini yang akan membuat klep jadi bengkok, yang lebih parahnya bisa dihajar piston.
  2. Efek buruk salah pilih busi yang kedua ini jika motor anda menggunakan drat panjang tetapi malah di pasang busi drat pendek. Ini akan berakibat mesin motor anda tidak akan hidup ketika di hidupkan. Karena, busi tidak akan sampai ke ruang bakar, sehingga mesin anda mati tidak bisa dihidupkan meskipun di starter puluhan kali
  3. Efek buruk salah pilih busi yang ketiga adalah jika mesin motor anda seharusnya menggunakan atau busi standarnya dengan busi dengan tanda huruf “P”, tetapi anda salah memilih busi “non P” jika dipaksakan ini akan berakibat suara mesin motor anda keras, tidak bertenaga atau loyo
  4. Selain ada efek buruk salah pilih busi, cara pemasangan yang salahpun bisa mempengaruhi kerja busi pada mesin motor anda.
  5. Salah pemasangan busi pada mesin motor juga bisa berakibat tidak sempurna atau maksimalnya pengapian atau pembakaran yang bisa berujung pada kerusakan mesin motor anda.
  6. Selain itu memang busi terlalu kencang juga bisa berakibat pada rusaknya pelekat dalam konstruksi besi.
  7. Jika pemasangan busi kurang kencang akan berdampak pada pembakaran yang kurang maksimal, atau tidak bisa menghantar panas dengan sempurna.
  8. Yang terakhir selain anda harus mengetahui efek buruk salah pilih busi, anda juga harus memperhatikan jangan mengencangkan busi apabila mesin motor anda masih dalam keadaan panas.

Dari beberapa efek buruk salah pilih busi diatas, semoga bisa membantu anda untuk lebih berhati-hati lagi dalam memilih busi yang sesuai dengan motor anda. Karena jika salah memilih busi akan berakibat kerusakan pada mesin motor anda. Semoga bermanfaat.

Beberapa Artikel terkait :

Cara terbaik merawat  dan membersihakan  busi secara berkala sesuai standar perusahaan.

Informasi mengenai kelebihan dan kekurangan busi iridium untuk kendaraan yang jarang diketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *