Pengertian Piggyback, Fungsinya Dan Kelebihannya Untuk Kendaraan

piggyback mobil dan motorPengertian Piggyback dan Fungsinya untuk kendaraan Anda serta kelebihannya

Fungsi Piggyback – Apa sih yang di maksud dengan piggyback? Mungkin pertanyaan itulah yang ada di benak Anda ketika anda mendengar atau membaca kata piggyback. Wajar saja jika Anda bingung. Karena memang teknologi berkembang dengan sangat cepat dan sangat pesat, termasuk teknologi dalam bidang otomotif. Secara otomatis bermunculan istilah-istilah baru yang akan terasa asing bagi Anda.

Piggyback merupakan sebuah chip microcomputer yang digunakan oleh mobil tuning injection yang sebelumnya telah dikontrol oleh teknologi computer yang sering dikenal dengan ECU (Electronic Control Unit) piggyback berfungsi untuk memanipulasi data yang ada dalam ECU sehingga data yang masuk ke dalam ECU sesuai dengan keinginan pemilik mobil. Cara kerja piggyback adalah pertama alat ini akan mendeteksi sinyal yang ditransfer dari ECU. Kemudian dia akan memanipulasi sinyal tersebut dan akan mentransfernya kembali ke mesin. Teknologi ini dapat digunakan untuk mengiritkan penggunaan bahan bakar maupun untuk setting menambah tenaga mobil (horse power).

Artikel sering dicari : Jenis-jenis telapak ban, fungsi dan kelebihan-kekurangannya masing-masing.

Selain itu, piggyback dapat digunakan untuk menyetting ulang mesin pembakaran pada mobil. mesin yang pembakarannya membutuhkan angka oktan tinggi dapat disetting ulang sehingga dapat menggunakan bahan bakar beroktan rendah tanpa merubah performa mesin.

Artikel penting : Dampak kurangnya tekanan ban kendaraan pada konsumsi BBM kendaraan Anda yang sangat mengejutkan.

Bagi Anda yang menyukai kecepatan pada mobilharian, piggyback adalah suatu terobosan baru yang dapat Anda andalkan. Piggyback telah hadir dengan 5 macam mode. Pengguna dapat menyesuaikan mode apa yang disukai. Cara mengganti modenya pun terbilang mudah. Anda hanya cukup memutar panel yang tersedia. Cara yang lebih mudah dan praktis lagi adalah dengan menyetting via Bluetooth. Berikut adalah macam-macam piggyback aftermarket:

 

Dastek Unichip

Dastek unichip hadir dalam 2 jenis yaitu Q dan Q+. fitur yang tersedia pada piggyback jenis ini lumayan lengkap. Antara lain dapat mengatur konsumsi bahan bakar, lamanya waktu pengapian dan pengontrol boost. Harga Dastek unichip untuk saat ini sekitar 5 jutaan.

 

HKS Unichip

HKS Unichip menawarkan kualitas yang lebih baik jika di bandingkan dengan Dastek Unichip. Fitur yang ditawarkanpun lebih lengkap diantaranya pengontrol turbo boost, rev limiter dan rev limiter. Wajar saja jika harga HKS Unichip juga lebih mahal yaitu sekitar 8 jutaan. HKS Unichap ini sangat cocok untuk digunakan pada mobil yang sudah menggunakan system turbocharger.

 

G-Reddy 

G-Reddy hadir dalam banyak varian. Dari penggunaan harian, semi-pro dan ada juga untuk mobil yang memiliki performa tinggi seperti mobil yang digunakan untuk ajang balap. Harga berkisar antara 4 sampai 8 jutaan tergantung pada spesifikasi yang ada didalamnya.

 

A’PEXi

Untuk piggyback jenis A’PEXI ini sangat cocok digunakan untuk mobil-mobil yang menggunakan mesin pintar sekelas VVT-I dari Toyota, VTEC dari Honda, Ecoboost dari Ford dan mobi-mobil pintar lainnya.

Sekian ulasan kami mengenai komponen dari piggyback,fungsi piggyback,pengertian dari piggyback dan kelebihan dan kekurangan mengenai piggyback untuk kendaraan Anda. Semoga bermanfaat.

Artikel lain :

Kelebihan dan kekurangan ban tubeless yang wajib diketahui.

6 tips mengetahui kondisi coil mobil dan cara mengatasinya dengan mudah.

Faktor yang jarang diketahui penyebab mobil cepat panas/overheating.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *