Panduan Mudah Pasang Sendiri Aksesoris Sensor Parkir Mobil

panduan-mudah-pasang-sendiri-aksesoris-sensor-parkir-mobil-mekanikmitsubishiPanduan Mudah Pasang Sendiri Aksesoris Sensor Parkir Mobil.

Mekanikmitsubishi.com – Memiliki mobil dengan sistem keamanan dan kenyamanan tentu menjadi prioritas yang harus diutamakan. Salah satunya adalah aksesoris sensor parkir mobil yang merupakan perangkat wajib dan harus dipasang pada mobil anda. Dengan perangkat ini, anda bisa memarkir mobil sendiri di manapun dengan mudah saat tidak ada tukang parkir di tempat tersebut.

Baca juga : Tips dan cara perawatan terbaik mencegah timing belt mudah putus.

Selain bisa untuk memudahkan anda saat akan parkir, sensor parkir ini juga bisa menjadikan mobil anda memiliki daya jual yang lebih tinggi. Untuk mendapatkan perangkat sensor parkir ini, anda bisa mencari di pasar toko aksesoris mobil. Bagi anda yang tidak ingin mengeluarkan biaya lebih, Anda bisa memasang sendiri tanpa harus dibawa ke bengkel.

Jenis aksesoris sensor parkir sendiri memiliki dua model, satu model dua titik dan empat titik. Proses untuk pemasangan pun sama, hanya saja perbedaanya di jumlah sensornya. Untuk anda yang akan memasang sendiri perangkat sensor parkir ini di mobil anda, berikut adalah panduanya :

  1. Langkah pertama adalah anda harus menyiapkan bor untuk melubangi dudukan sensor parkir tersebut. Untuk jenis bor yang harus digunakan adalah dengan ukuran mata sebesar 12,5 milimeter yang akan membuat dudukan atau tempat sensor parkir di bagian bumper mobil anda. Supaya tetap menempel, anda bisa menggunakan solasi atau double tape untuk merekatkanya.
  2. Jika sensor parkir sudah terpasang di bagian bumper, langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan kabel ke selang kabel yang berfungsi sebagai pengatur sensor. Simpan selang tersebut di tempat kering yang tidak akan mudah terkena air.
  3. Untuk mengaktifkan sensor parkir itu, selang butuh sinyal yang berasal dari lampu mundur. Jadi, harus ada satu kabel untuk disambungkan ke lampu tersebut.
  4. Untuk bagian pengeras suara, sebaiknya tempatkan di bagasi dan jangan pasang di bagian kabin, karena suara dari sensor parkir ini sangat nyaring.

Selain dengan langkah-langkah di atas, anda juga bisa memasang sensor parkir sendiri dengan langkah berikut supaya lebih mudah :

  1. Langkah pertama, buka penutup lubang yang ada di servis lampu bagian belakang sebelah kanan. Kemudian ambil konektor lampu mundur yang ada di lampu belakang tersebut.
  2. Setelah itu, ambil kabel yang terdapat pada selang kabel mobil anda. kedua kabel yang sudah anda ambil kemudian dikupas. Setelah terkelupas, hubungkan dengan kabel power dari aksesoris sensor parkir yang sudah anda siapkan. Warna hijau berati positif, sedangkan warna hitam berarti negatif.
  3. Setelah dihubungkan dengan kabel power, tutup menggunakan solasi untuk kabel kemudian rapikan kembali dengan memasukkan kabel tersebut ke selang kabel dan rekatkan sampai kencang dengan menggunakan solasi.
  4. Setelah dimasukan pada selang kabel, kemudian pasangkan display atau sensor tersebut di tempat yang anda inginkan.
  5. Setelah itu, buka bagian karet pintu depan dan anda akan menemukan celah pada bagian triplang, dan dibagain itu terdapat selang kabel.
  6. Masukan kabel display unit ke dalam celah tersebut dengan rapi. Setelah itu, buka karet bagian pintu belakang, lewatkan kabel dengan melalui palang pintu mobil.
  7. Setelah itu ukur dan tandai bumper yang akan dipasangi sensor parkir tersebut.
  8. Setelah lubang untuk sensor tersebut sudah terbentuk rapikan dengan menggunakan cutter.
  9. Kemudian masukan sensor ke dalam lubang.
  10. Lubangi di bagian tengah karet lalu besarkan menggunakan mata bor.
  11. Masukan kabel sensor tersebut melalui karet, kemudian tempatkan kabel melalui lubang yang sudah ada pada body mobil.
  12. Setelah terpasang rapikan kabel-kabelnya .
  13. Pasang semua kabel di control unit. Kemudian anda bisa mengetesnya dengan menyalakan mesin kemudian masukan gigi mundur.

Demikian tadi adalah panduan pasang sendiri aksesoris sensor parkir dengan mudah. Semoga membantu dan bermanfaat.

Artikel terkait :

Penyebab alarm kerap bunyi dan cara mengatasinya dengan sangat mudah.

Cara memasang runing Day Light LED dengan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *