Mobil Diesel, Ini Kelebihan dan Kekurangannya Bagi Pecinta Mobil Gagah

mobil-diesel-ini-kelebihan-dan-kekurangannya-bagi-pecinta-mobil-gagahMobil Diesel, Ini Kelebihan dan Kekurangannya Bagi Pecinta Mobil Gagah

Mekanikmitsubishi.com – Bagi para pecinta mobil yang memiliki mesin jenis mesin diesel ini banyak yang mengatakan bahwa mesin diesel ini sangat irit bahan bakar dan selalu siap dalam berbagai medan. Karena Indonesia memiliki wilayah pegunungan yang memiliki medan berkelok dan terjal. Mobil diesel ini dirasa mampu dan cocok dalam menangani masalah medan tersebut.

Baca juga : Efek buruk geber-geber mobil bertenaga mesin disel yang jarang diketahui.

Berbagai pendapat mengatakan mobil gagah ini memang terlihat lebih tangguh dan siap dalam berbagai medan. Bahkan bagi yang terbiasa melakukan perjalanan jauh akan merasa lebih mantap dan nyaman dengan mobil jenis ini. Karena selain irit, mobil ini mampu membawa beban berat.

Sebagai jenis mobil diesel, ini kelebihan dan kekurangan bagi anda yang masih awam dengan mobil jenis ini, berikut penjelasannya :

  • Irit bahan bakar

Mobil diesel, ini kelebihan dan kekurangan yang pertama. Yaitu irit bahan bakar. Hal ini bukanlah hal yang asing bagi para pecinta mobil diesel. Mobil diesel mampu memberikan 25-30% lebih irit bahan bakar dibandingkan dengan mobil bensin.

  • Efisien

Efisien dalam mobil diesel, ini kelebihan dan kekurangan yang banyak dijumpai oleh mesin diesel. Efisien karena mesin yang menggunakan mobil diesel ini dinilai mampu mengirit penggunaan bahan bakar lebih bak dibandingkan dengan mesin bensin. Bila anda sering melihat mesin diesel mengeluarkan asap kendaraan berwarna hitam, maka cobalah ganti dengan menggunakan bio solar atau diesel yang aman dan ramah lingkungan.

  • Tidak perlu busi

Busi yang banyak ditemui dalam berbagai jenis mobil bensin ini bila dalam mobil diesel, kelebihan dan kekurangannya yaitu mobil diesel tidak menggunakan busi dalam mesinnya. Mobil diesel yang tidak menggunakan busi tentu tidak perlu menggunakan bahan lain yang perlu penggantian.

  • Lebih kuat

Dibandingkan dengan mobil bensin yang cenderung mobil diesel, ini kelebihan dan kekurangan yang dimiliki yaitu lebih kuat. Mobil diesel yang cenderung dirancang dalam mengatasi kompresor yang lebih tinggi tentu lebih kuat dibandingkan dengan mobil bensin. Sehingga mobil diesel dinilai lebih siap dalam menangani medan berat.

  • Akselerasi kalah

Akselerasi yang dimiliki oleh mesin diesel masih cukup ketinggalan dibandingkan dengan mobil bensin. Mobil bensin lebih siap dan memacu lebih cepat dibandingkan dengan mesin diesel yang masih dibilang lambat dan memerlukan tenaga ekstra.

  • Kelebihan air

Sama halnya dengan mesin bensin, mesin diesel juga memiliki hal yang sama dalam hal perawatan seperti dalam hal ganti oli, pembersihan filter karburasi. Namun dalam mobil diesel, anda harus melakukan pembersihan dalam kelebihan air secara manual dalam beberapa jenis mobil. Hal ini justru sedikit merepotkan bagi anda yang jarang memiliki waktu luang dalam merawat mobil diesel.

  • Injeksi rentan

Karena mesin diesel memiliki sistem injeksi bahan bakar yang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan mesin bensin, maka secara otomatis anda akan mengeluarkan dana berlebih bila mesin injeksi bahan bakar mobil diesel anda rusak.

Hal ini sangat wajar, karena mobil diesel memiliki sistem mesin yang lebih kuat dibandingkan dengan mobil bensin, maka dengan mengeluarkan dana yang banyak dalam hal perawatan dan berbagai suku cadang yang dimiliki mobil diesel.

Bahkan mengenai suku cadang mobil diesel, beberapa toko onderdil mobil cenderung memiliki stok yang sedikit bagi beberapa jenis mobil diesel dengan model tertentu yang tentunya akan sedikit menyulitkan anda.

Dengan semakin banyaknya jenis mobil bensin yang beredar dibanding mobil diesel, ini kelebihan dan kekurangan yang bisa dijadikan referensi bagi anda pecinta mobil besar dan gagah ini.

Artikel terkait :

Tips memilih mobil Diesel atau mobil Bensin?

Kelebihan dan kekurangan biodiesel/biosolar.

Perbedaan DOHC vs SOHC vs OHV serta kelebihan masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *