Mengetahui Gejala Kopling Pada Mobil Manual yang Mulai Rusak

mekanikmitsubishi.comKopling merupakan sebuah komponen yang sangat vital bagi sebuah kendaraan, terutama untuk jenis mobil manual. Fungsi kopling pada sebuah mobil manual adalah untuk membantu proses perpindahan gigi persneling. Mengingat fungsinya yang sangat besar terhadap kinerja sebuah mobil, maka tentu saja kopling membutuhkan perhatian dan perawatan yang lebih baik.

Pada kesempatan kali ini penulis tidak bermaksud untuk membahas mengenai perawatan kopling, melainkan memberikan ulasan tentang gejala kopling pada mobil manual yang sudah mulai mengalami penuruan fungsi atau sudah mulai rusak. Nah, seperti apa penurunan fungsi dan kinerja sebuah kopling pada mobil manual yang sudah mengalami kerusakan, berikut ini informasinya:

Salah satu cara untuk mengetahui kopling yang sudah mulai mengalami kerusakan, bisa dilihat atau dikenali dari tanda-tanda yang terjadi pada mobil manual Anda. Misalnya ketika rata-rata putaran pada mesin mobil Anda mulai mengalami penigkatan (semakin naik). Dalam kasus seperti ini, normalnya kecepatan putaran sebuah mesin adalah mencapai 60 km per jam pada posisi gigi 3, dan rpm yang bisa dicapainya pun hanya mencapai sekitar 2.000 rpm. Nah, jika kopling sudah mengalami kerusakan, terutama pada bagian plat koplingnya, maka rpm yang dicapainya bisa naik hingga mencapai 3.000 rpm.

Gejala kopling yang sudah mulai rusak lainnya yang juga bisa Anda ketahui adalah dengan merasakan performa mesin mobil Anda ketika sedang melewati jalanan yang menanjak. Biasanya kopling yang sudah mulai rusak akan mengeluarkan seperti bau gosong. Hal ini dikarenakan terjadinya selip pada kampas kopling. Pada kasus yang lebih parah, bisa jadi mobil tidak akan kuat melewati jalanan yang menanjak tersebut.

Gejala terakhir kopling pada mobil yang sudah mulai mengalami kerusakan adalah getaran yang ditimbulkan ketika mobil akan melaju terasa keras, mesin terasa berat seakan bekerja terlalu keras. Tanda seperti ini juga bisa dirasakan saat Anda mulai melepas kopling. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui dan merasakannya ketika kecepatan mobil naik dengan sangat lambat. Dan jika kerusakan kopling sudah sangat parah, bisa dipastikan mobil Anda tidak akan bisa dijalankan.

Nah, itulah beberapa gejala kopling pada mobil manual yang sudah mulai mengalami kerusakan yang bisa Anda ketahui. Semoga dengan adanya artikel tersebut di atas bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *