Mengenal Perbedaan Sunroof, Moonroof dan Panoramic

Mengenal Perbedaan Sunroof, Moonroof dan Panoramic - MekanikmitsubishiApa sih, Perbedaan Sunroof, Moonroof dan Panoramic Pada Mobil? Dan Kelebihannya

Mekanikmitsubishi.com – Banyak sekali penggemar otomotif yang masih belum bisa membedakan berbagai jenis kaca yang ada pada atap mobil. Jika dilihat dari segi fungsinya sunroof, monroof dan panoramic memang sama yakni agar penumpang dapat menikmati indahnya pemandangan langit dan alam di sekitarnya. Akan tetapi sebenarnya kaca yang terdapat pada atap mboil tersebut sendiri juga sudah terbagi menjadi beberapa jenis yang berbeda cara kerjanya walau belum banyak orang yang tahu. Baca juga : Penyebab dan cara ampuh hilangkan bunyi berdecit pada kaca mobil.

Jenis kaca tersebut terdiri dari sunroof, moonroof dan panoramic yang tentu saja memiliki perbedaan harga terutama untuk harga moonroof. Seperti yang telah diketahui bahwa sunroof itu merupakan model kaca apabila dibuka membentuk sudut tertentu. Sedangkan, kaca yang terbuka masuk ke dalam atap itu  disebut sebagai moonroof dan harga moonroof ini lumayan mahal untuk pasaran Indonesia.

Baca juga : Tips pentinig membersihkan kaca mobil yang sering kehujanan.

Istilah panoramic sendiri dipakai untuk model yang memakai kaca berukuran besar. Model panoramic terbagi menjadi dua varian, dua kaca dan tiga kaca. Pada umumnya kaca model panoramic ini dapat dibuka secara elektronik.

Akan tetapi untuk model panoramic sendiri ada yang memiliki jenis kaca mati dan tidak bisa dibuka. Hal itu biasanya disebut sebagai panoramic glass top dan hanya penutupnya saja yang bisa digeser. Ketiga fitur itu juga pada umumnya terbuat dari bahan kain. Beberapa contoh mobil yang memakai ragtop di Indonesia yakni Fiat 500, Jeep, Volkswagen Beetle dan Jeep Wrangler.

Kelebihan Kaca Jenis Sunroof dan Daftar Mobil dengan Sunroof

Sunroof dan moonroof merupakan aksesoris tambahan pada mobil yang tentu saja ada juga pabrikan yang dapat membuat mobil yang dilengkapi secara langsung dengan sunroof, tentu produsen mobil tersebut akan memberikan baik harga sunroof maupun harga moonroof sesuai dengan spesifikasi mobil yang diusung. Untuk sunroof sendiri hanya memiliki satu tipe saja.

Baca juga : Kerusakan sunroof jika jarang digunakan yang wajib diketahui.

Kelebihan Moonroof dan Harganya

Pada dasarnya harga sunroof dan harga moonroof ini tidak terlalu jauh berbeda akan tetapi kebanyakan orang sering menyebutnya dengan moonroof yang terdiri dari 2 jenis.

Kedua jenis tersebut adalah yang masuk ke dalam lalu keluar. Akan tetapi ada juga yang hanya masuk kedalam saja sehingga moonroof ini ada yang  1 step dan ada yang 2 step. Harga moonroof sendiri tentu saja terbilang sangat lumayan menguras kantong mengingat mobil yang bisa menggunakan mooroof adalah mobil yang mewah.

Panoramic dan Jenis Gerakannya

Selain sunroof dan moonroof tentu ada juga yang disebut sebagai panoramic. Jenis ini tentu saja agak sedikit berbeda dari kedua jenis kaca tersebut karena panoramic sendiri memiliki ukuran yang lebih besar dibanding sunroof dan moonroof. Akan tetapi bisa dibuka tutup kecuali Anda menggunakan panoramic mati.

Kaca yang mati atau sering disebut sebagai glass stop itu tentu saja tidak akan bisa dibuka akan tetapi yang dibuka adalah kerai dalamnya. Jadi kacanya tidak bisa bergerak dan tidak bisa diapa-apakan akan tetapi hanya kerainya saja yang bisa Anda gerakkan.

Bisa dipastikan jika semua sunroof, moonroof, dan panoramic tentu ada kerainya dan kerai tersebut dapat bergerak. Akan tetapi jika panoramic dengan tipe glass stop itu hanya kerainya saja tapi kacanya tidak bergerak.

Harga moonroof, sunroof dan panoramic ini masih tergolong mahal karena barang ini merupakan salah satu barang impor mengingat Indonesia sendiri belum bisa memproduksi jenis kaca tersebut. Beberapa negara yang menyediakn ketiga jenis kaca ini untuk Indonesia diataranya adalah produsen mobil dari Eropa, produsen mobil dari Singapura dan produsen mobil dari Malaysia.

Kebanyakan yang digunakan Indonesia masuk dari Negara Singapura sehingga harga moonroof ini terbilang cukup mahal. Mungkin kelak setelah Indonesia dapat memproduksi sendiri harga moonroof ini bisa sedikit lebih murah.

Cukup sekian artikel kali ini yang membahas mengenal kelebihan dan perbedaan Sunroof, Moonroof dan Panoramic dan harga serta contoh mobil yang mengunakannya. Semoga Artikel ini bermanfaar bagi pembaca. Terimakasih.

Artikel terkait :

4 penyebeb kaca mobil susah dibuka dan macet dengan mudah.

Beberpa tips bermanfaat lindungi mobil dari terik panas matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *