Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Sasis Model Monocoque

kelebihan dan kekurangan sasis monocoque serta perbedaannya dengan sasis ladder - MekanikmitsubishiBeberapa Kelebihan dan Kekurangan Sasis Model Monocoque, Perbedaannya Dengan Sasis Ledder Serta Daftar Mobil Pengguna Sasis Ini

Mekanikmitsubishi.com – Dengan kemajuan zaman yang semakin pesat, semakin berkembang pula teknologi modern terutama di Indonesia. Salah satu teknologi canggih tersebut berupa sasis monocoque. Pada umumnya sasis type monocoque dipakai di mobil yang diproduksi masal dan untuk keperluan pribadi.

Baca juga : Beberapa jenis body mobil serta perbedaannya dan kelebihan masing-masing.

Asal penamaan Sasis monocoque, merupakan gabungan dari 2 kata yang berbahasa Yunani dan Perancis, mono yang berarti single dan coque sell atau cangkang. Artinya sama dengan model struktur tunggal pada mobil yang dibuat menyatu dengan mobil atau juga dengan unibody.

Bocoran kelebihan dan kekurangan sasis model monocoque :

Kelebihan Sasis Monocoque

Pada sasis monocoque ini memiliki 2 zona yang sudah dirancang khusus atau biasa disebut dengan crumple zone.  Pada bagian ini berfungsi untuk pelindung, sasis ini juga lebih aman digunakan, lebih stabil dalam menyerap guncangan dan saat berkendara akan lebih aman.

Kelebihan dari mobil dengan model ini memiliki tingkat efisiensi ruang yang lebih banyak. Hal ini karena semua struktur sasis terdapat diluar bagian body mobil dan pada ruang kabin tidak akan terganggu karena adanya transmisi roll over atau lebih besar.

Proses produksi dari mobil menjadi lebih cepat dan tidak membutuhkan sasis tambahan. Keuntungan mobil pakai sasis monocoque lainnya, cukup bermanfaat sebagai peningkatan efisiensi bahan bakar karena modelnya yang ringan. Selain itu model ini membuat ruang kabin lebih aman jika terjadi benturan. Kelebihan model ini banyak digunakan oleh mobil keluarga dan sport.

Redaman dari benturan akan dibantu dengan pilar body, pemilihan baja dalam menggunakan sasis ini perlu diperhatikan karena sebagai bagian bantalan dan akan menjadikan struktur menjadi lebih aman.

Kekurangan Sasis Monocoque

Sedangkan untuk kekurangan penggunaan sasis monocoque pada mobil sendiri apabila terjadi kerusakan tiba-tiba pada bagian sasis, Anda perlu merogoh kocek cukup dalam daripada perbaikan sasis model lain.

Proses pengerjaan dari sasis ini juga membutuhkan waktu yang cukup lama karena pengerjaanya lebih sulit. Untuk pengaplikasian sasis pada mobil kebanyakan mobil yang memiliki kebutuhan ringan seperti sedan, mobil MPV berukuran kecil dan mobil keluarga.

Daftar mobil yang menggunakan sasis monocoque :

Baca juga : Biaya yang dibutuhkan bikin pintu mobil seperti lamborgini dari berbagai type mobil.

  • Mobil MPV model kecil
  • Mobil Toyota Avanza
  • Mobil Toyota Rush
  • Mobil Sedan
  • Mobil Suzuki Ertiga

Komponen Sasis pada Mobil

Secara garis besar sistem sasis seperti suspensi, kemudi untuk mengatur arah kendaraan, ban dan roda.  Untuk suspensi terletak diantara body kendaraan dengan roda yang dirancang untuk menyerap kejutan yang berasal dari permukaan jalan. Suspensi seniri terdiri dari pegas, stabilizer dan shock.

Untuk komponen utama suspensi pada bagian pegas memiliki fungsi menyerap kejutan yang berasal dari jalan dan getaran roda supaya tidak merembet ke body mobil secara langsung. Stabilizer berfungsi untuk mengurangi kemiringan kendaraan yang diakibatkan oleh gaya sentrifungal ketika mobil berbelok.

Sedangkan shock dapat meredam oksilasi dengan cepat supaya memperoleh kenyamanan dalam berkendara dan cengkraman ban yang tinggi. Komponen lain dari sasis monocoque seperti propeller shaft dan differential. Propoller digunakan untuk memindahkan tenaga dari transmisi ke diferential.

Perbedaan Antara Sasis Monocoque dengan Sasis Lain

Sasis monocoque merupakan sasis yang sudah didesign menyatu dengan mobil, dimana sasis disatukan langsung dengan body kendaraan dan tidak dapat dipisah atau sudah menjadi kesatuan. Pemakaian sasis digunakan pada mobil yang memiliki kebutuhan ringan.

Tapi untuk model sasis lain seperti sasis ladder merupakan komponen utama dalam membentuk mobil. Sasis ini dibuat pertama kali pada mobil, kemudian komponen yang lain. Sasis leader ini disebut juga dengan tengkorak atau rangka tubuh, dimana sasis menjadi tumpuan banyak komponen mobil dan sebagai dasar sebuah mobil.

Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai kelebihan dan kekurangan sasis monocoque serta perbedaannya dengan sasis ladder dan daftar mobil yang menggunkan type sasis monocoque. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan mengenai beberapa type sasis mobil yang digunakan.  Terimakasih.

Artikel terkait :

Penyebab dan cara memperbaiki engsel pintu mobil yang rusak/oblak.

Biaya pasang boks diatap mobil untuk jenis MPV dan SUV.

Tips mudah dan tepat membuka pintu mobil dalam keadaan darurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *