Mengenal Istilah Blind Spot,Dari Penyebab Dan Aksesori Pencegahnya

tips meminimalisir blind spot pada kendaraan - MekanikmitsubishiMengenal Istilah Dari Blind Spot,Dari Penyebab Dan Tips Jitu Mengatasi Blind Spot Untuk Mencegah Terjadinya Kecelakaan.

Mekanikmitsubishi.com – Mengulas tuntas istilah blind spot, Anda pasti tidak asing dengan istilah ini. Ya,benar istilah blind spot adalah kondisi disaat pengemudi tidak bisa mengetahui dengan baik keberadaan kendaraan lain disekitarnya. Banyak masyarakat kurang tanggap dan tidak peduli bahayanya  hingga menimbulkan kecelakaan dijalanan.

Baca juga : Tips ampuh bersihkan kaca spion kendaraan dari jamur dengan batu ijo.

Istilah blind spot juga sering disebut dengan area no-zone, yang memiliki arti pengendara tidak dapat melihat dengan baik sebuah area tersebut. Istilah blind spot atau sering disebut sebagai area no-zone tidak hanya berlaku untuk pengemudi mobil ( roda empat ) pengendara sepeda motorpun juga bisa mengalami blind spot ini. Denagn kata lain blind spot atau area no-zone adalah bagian dari sekeliling pengemudi yang tidak terlihat / sukar dilihat / pandangan yang tidak jelas.

 

Penjelasan lebih mudahnya dari Technical Service Division salah satu perusahaan otomotif terkemuka menjelaskan bahwa blind spot timbul akibat keterbatasan pandangan cermin / kaca spion kendaraan yang terhalang oleh body kendaraan atau disebabkan faktor external seperti barang bawaan dan variasi yang diaplikasikan ke kontruksi kendaraan baik mobil ataupun sepeda motor. Penjelasan lebih mudahnya dari blind spot adalah dimana posisi, ataupun area sekitar kendaraan yang tidak ter-cover kaca spion. *Catatan : blind spot sangat mungkin terjadi dijalan lurus, belokan atau tanjakan sekalipun.

 

Beberapa penyebab blind spot antara lain : faktor internal ( dari kendaraan itu sendiri ), faktor lingkungan sekitar contohnya sepeti : pada saat kendaraan berada dipersimpanagn, jalan berbukit, kondisi berdebu, hujan, saat turun salju, lalu lintas yang semrawut, bangunan, dan masih banyak lainya.

 

Tips dan mengatasi masalah blind spot untuk meminilimasir tingkat kecelakaan.

 

Berikut beberapa poin penting yang wajib diperhatikan untuk mengatasi blind spot pada kendaraan. :

Baca juga : Tips simpel membersihkan kaca mobil yang sering kehujanan.

Pertama : Atur ulang kaca spion kendaraan sebelum memulai perjalanan, dengan melebarkan jangkauan pandangan spion hingga sedikit bagian  body kendaraan yang ter cover.

Kedua : Jika  kita akan bermanuver untuk menyalip atau berbelok, sangat dianjurkan untuk menolehkan kepala ke samping kendaraan dan jangan hanya melihat sepion saja. Hal ini bertujuan mengetahui jarak kendaraan di area no-zone terlihat lebih jelasagar bisa memperhitungkan jarak kendaraan  disekitar kita. Terutama untuk kendaraan kecil yang sulit terlihat dan dating secara tiba-tiba.

Sebenarnya, ada beberapa fitur yang bisa diaplikasikan kekendaraan untuk meminilimasir terjadinya blind spot,salah satunya adalah aksesoris blind spot mirror  yang ditempelkan tepat pada kaca spion kendaraan.

 

Apapun alasannya blind spot bisa menimbulkan ancaman bayaha adalah jika kita tidak diimbangi dengan antisipasi yang baik,sebab tidak jarang kecelakaan timbul diakibatkan oleh hal ini. Untuk itu sebagai pengendara yang baik alangkah bijakya jika kita benar-benar memperhatikan segala aspek keslamatan berkendara dari hal yang terkecil sampai yang besar serta menaati peraturan lalu lintas dengan disiplin yang tinggi.

Sekian ulasan kami mengenai blind spot,penyebab blind spot,faktor penunjang terjadinya blind spot dan bahayanya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Artikel terkait :

Cara aman dan tepat poles kaca mobil yang baret.

Jawaban dari kelebihan dna kekurangan velg racing dengan velg jari-jari.

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *