Mengenal Fungsi Lis Karet pada Atap Mobil

 

Apa Fungsi Lis Karet pada Atap Mobil ?

Mengenal Fungsi Lis Karet pada Atap Mobil - MekanikmitsubishiMekanikmitsubsihi.com – Perkembangan jaman terus mengakibatkan dunia teknologi dan otomotif ikut mengalami perubahan. Perusahaan satu sama lain saling berlomba-lomba untuk menarik perhatian para konsumennya dengan berbagai penawaran mulai dari fasilitas, promo dan fitur-fitur yang terus dikembangkan lebih baik.

Seperti halnya dengan kendaraan-kendaraan pribadi di Indonesia yang setiap tahunnya terus mengalami peningkatan penjualan, hal ini menandakan akan kebutuhan tersier masyarakat telah meningkat. Mayoritas orang di Indonesia saat ini lebih menyukai menggunakan mobil dibandingkan motor meskipun mobil cenderung mempunyai harga yang lebih mahal.

Baca juga : Tips merawat dan membersihkan jenis-jenis jok mobil dengan baik dan aman

Akan tetapi keberadaan mobil memang dirasa banyak manfaatnya seperti terhindar dari hujan dan panas, posisi punggung yang dapat bersAndar dan mengakibatkan badan tidak begitu lelah jika dibandingkan dengan motor.

Oleh karena itu para pendiri otomotif terus melakukan inovasi pada kendaraan-kendaraaan pribadi seperti mobil. Namun tidak sedikit orang atau pemilik kendaraan yang memperhatikan dan mengetahui komponen disetiap mobilnya. Tidak hanya namanya saja, fungsi dari komponen-komponen yang terdapat dalam mobil pasti banyak orang yang tidak mengetahuinya.

Salah satunya komponen yang terdapat dalam atap mobil yaitu karet list atap. Sebagian orang beranggapan bahwa karet yang terdapat dalam atap mobil hanya digunakan sebagai aksesoris, namun tidak sedikit orang yang beranggapan untuk mencegah terjadinya bocor. Lantas sebenarnya apa fungsi dari karet list atap mobil tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Berikut ini ulasan lengkap mengenai lis karet pada atap mobil :

Baca juga : Tips merawat dan membersihkan interior mobil dengan mudah dan benar.

Mengarahkan Jalur Air

Ketika sebagian orang berfikir bahwa karet list atap mobil merupakan pelindung anti bocor, berbeda halnya dengan jawaban ari Bapak Andry Susanto pendiri komunitas HR-V Devotte Indonesia atau HDI, yang mengatakan bahwa fungsi dari karet tersebut sebenarnya untuk mengarahkan jalur air yang terdapat pada atap mobil

Sebagai Pemanis Mobil

Ada benarnya ketika sebagian orang beranggapan bahwa karet list atap mobil ini hanya digunakan sebagai aksesoris karena menurut pAndangan bapak Andry Susanto bahwa karet tersebut salah satunya mempunyai fungsi sebagai pemanis pada tampilan mobil. Dapat dibayangkan dan Anda lihat sendiri jika mobil tidak mempunyai karet list atap mobil maka akan terlihat tidak elok dilihat mata.

Ketika karet list atap mobil terlepas sebenarnya tidak mengganggu fungsi yang terdapat dalam mobil hanya saja akan meninggalkan bekas las body yang akan terlihat sangat jelas dan menjadikan tampilan kurang menarik dan mengganggu mata.

Pelindung Sela-Sela Atap Mobil

Memang tidak sepenuhnya karet list atap dapat dikatakan sebagai pelindung untuk mobil, namun seperti yang kita ketahui ketika musim hujan turun maka atap mobil selalu terlibat dengan air untuk itu jika pada atap mobil tidak terdapat karet list atap maka akan mengakibatkan air bersarang di sela-sela atap untuk itu ketika dibiarkan akan menjadi kotor dan berkarat.

Oleh karena itu sebenarnya karet list atap ini tetap dapat memberikan fungsi lebih bagi mobil Anda, jadi Anda juga harus memperhatikannya.

Pelindung Penumpukan Genangan Air

Fungsi list karet di atap mobil yaitu sebagai pelindung penumpukan genangan air, hal ini dapat terjadi ketika karet atap mobil rusak maka akan terjadi penumpukan air dan ini dapat mengakibatkan air tersebut masuk di dalam kabin.

Kerusakan karet list atap mobil terjadi karena dua hal, yang pertama yaitu karena terlalu banyak kotoran yang menumpuk dan akhirnya berkembang menjadi jamur. Sementara penyebab kedua yaitu karena karet list atap sudah getas hal ini dikarenakan sering terkena panas sinar matahari.

Sekian artikel kali ini yang membahas mengenai manfaat list karet pada atap mobil yang jarang diketahui, semoga bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Artikel terkait :

Penyebab dan cara menghilangkan noda kuning pada plafon mobil dengan mudah.

Apa fungsi poiler pada mobil, banyak yang tidak tau hal ini.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *