Mengenal Dan Manfaat Fitur Paddle Shift Pada Mobil

Mengenal dan Manfaat Fitur Paddle Shift Pada Mobil - MekanikmitsubishiMengenal Dan Manfaat Fitur Paddle Shift Pada Mobil Serta Daftar Mobil Saat Ini

Mekanikmitsubishi.com – Untuk sekarang ini banyak produsen kendaraan yang membuat terobosan yang lebih maju dalam teknologi untuk produknya dan memberikan nilai yang lebih untuk konsumen mereka. Fitur Paddle shift merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan belakangan ini dan sudah berkembang di dunia balap untuk memberikan sensasi dan kepuasan pada kendaraannya.

Baca juga : Bocoran kelebihan dan kekurangan teknologi Drive By Wire pada kendaraan.

Penggunaan tuas “Paddle Shitf” ini dapat digunakan saat transmisi matik tidak memungkinkan untuk menerabas mobil yang ada di depannya. Teknologi ini juga digunakan dan diterapkan pada beberapa mobil baru dengan teknologi canggihnya.

Paddle shift sendiri memiliki 2 model mulai dari mengikuti gerak kemudi sampai dengan statis. Tidak sedikit yang tidak mengetahui kegunaan dan cara pakain paddle shift sehingga dibiarkan begitu saja dan hanya untuk hiasan saja.

Mengenal dan Manfaat Fitur Paddle Shift Pada Mobil

Baca juga : Kelebihan dan kekurangan serta fitur apik teknologi Blind Spot Monitor mobil.

Manfaat Fitur Paddle Shift pada Mobil

Tidak heran jika banyak mobil sport yang beredar saat ini mengadopsi teknologi dari mobil balap F1 karena Formula 1 memang syarat dengan teknologi roda 4 paling mutakhir di dunia otomotif.  Mobil formula 1 ini melakukan akselerasi melalui kontrol yang ada di belakang setir atau sering juga disebut dengan paddle shift.

Sistem dari fitur paddle shift ini membuat pengendara mobil dengan transmisi otomatis seperti mobil transmisi manual. Dalam aplikasi ini yang ada pada mobil sport sudah menjadi fitur wajib. Aplikasi ini juga sudah mulai menjamur pada mobil komersial untuk pemakaian setiap hari.

Mobil dengan transmisi otomatis dapat diaktifkan dengan menekan tuas/paddle ketika mobil berada di posisi transmisi dan transmisi akan berubah secara otomatis saat mesin mendeteksi waktu pergantiaan gigi tapi pengemudi tidak menekan tuas tersebut. Paddle shift juga memberikan tingkat akselerasi dan torsi yang lebih tinggi.

Sistem aplikasi ini juga dihadirkan dengan memberikan keuntungan yang banyak terutama bagi mobil transimisi otomatis dan untuk menghadirkan sensasi berkendara seperti transmisi manual. Tenaga mesin juga akan lebih terasa dan berguna untuk akselerasi dan deselerasi.

Daftar Mobil Dengan Paddle Shift

  • Honda Jazz New & Old Model
  • Honda All New Civic
  • Honda City New & Old Model
  • Toyota All New Altis
  • Honda All New Full Size Accord
  • Mitsubishi Pajero Sport Dakkar
  • Mitsubishi Lancer EX
  • Mazda GT
  • New SX4 S-CROSS

Cara Mengaktifkan Paddle Shift

Baca juga : Penyebab starter mobil mendadak menjadi berat dan solusinya.

Penggunaan paddle shift diaktifkan dengan menekan tuas saat mobil sedang ada dalam transmisi D atau S. Ketika diaktifkan pada posisi D, tuas akan beroperasi menggunakan metode semi manual. Dimana transmisi juga akan berubah secara otomatis saat mesin mendeteksi waktu pergantian gigi.

Tapi jika diaktifkan pada posisi S maka paddle shift akan bekerja manual sepenuhnya.  Hal ini akan memungkinkan pengemudi sepenuhnya mengendalikan pergantian gigi seperti mobil transmisi manual. Tuas ini akan memberikan tingkat akselerasi dan torsi yang dirancang ergonmis dan lebih tinggi.

Fungsi Lain dari Paddle Shift

Paddle shift yang merupakan teknologi canggih, dan ini berada dibalik setir dan paddle shift mempunyai 2 fungsi, untuk memindahkan gigi seperti shiftronic dan menentukan besar rem.

Fungsi lain dari fitur paddle shift ini merupakan pengubah gaya mengemudi, perpindahan dapat dilihat dari responsivitas sensor gas. Kecepatan dalam perubahan perbandingan pully dan komposisi perbandingan campuran bahan bakar atau udara.

Cruise control pada tombol kanan dapat mempercepat laju kendaraan dan untuk tombol kiri dapat memperlambat laju kendaraan. RES yang ada pada tombol kanan dan SET pada tombol kiri. Sedangkan untuk tombol CRUISE dan CANCEL ada pada palang setir dekat klakson.

Demikian artikel kali ini yang membahas secara tuntas mengenai manfaat dan kelebihan serta sistem kerja dari paddle shift pada kendaraan. Semoga ulasan kali ini bermanfaar untuk pembaca dan dapat memberikan wawasan mengenai cara penggunaannya. Terimakasih.

Artikel erkait :

3 fitur utama unggulan dari teknologi Intelligent Mobility milik Nissan.

Teknologi Toyora terbaru, sensor parkir yang mengadopsi dari kapal selam.

Cara kerja, manfaat dan kelebihan istimewa dari teknologi kontrol traksi untuk kendaraan.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *