Mengapa Mobil Perlu Spooring,Balancing Dan Biayanya Yang Dibutuhkan

Seberapa pentingkah Spooring Balancing dan berapa banyak dana yang perlu di keluarkan.

sporing ban mobilSetir yang bergetar memang sering di alami oleh pengendara saat mereka melaju dengan kecepatan di atas rata-rata dan masalah lain yang timbul pada kendaraan roda empat biasanya pada permukaan ban yang tidak rata terutama pada pinggiran  ban mobil Anda, dan untuk mengurangi resiko yang timbul akibat setir yang bergetar dan permukaan ban yangtidak rata yang harus Anda lakukan adalah Spooring Balancing pada mobil Anda.

 

Tips Menentukan Mobil Yang Tepat.

 

Pembahasan sederhana tenatang Spooring dan Balancing akan memberi pengetahuan kepada Anda untuk menangani masalah seperti di atas. Spooring memiliki fungsi untuk memyetel kaki-kaki mobil Anda agar sesuai dengan ketentuan dan standar pabrik. Biasanya roda mobila bagian depan merupakan bagian yang tidak fiexd. Setelan yang lebih cepat berubah terjadi akibat pemakaian yang sering melewati jalan berlubang dan bergelombang dengan kecepatan tinggi sehingga memyebabkan tidak sempurnanya roda saat menapak, hal tersebut juga bisa berubah akibat pemakaian sehari-hari dan dalam jangka waktu yang lama. Setelan yang sering berubah yaitu sudut Chamber dan Toe. Perubahan sudut Chamber dan Toe yang berlebihan atau bahkan kurang dari standar yang di tentukan akan menyebabkan ban yang mudah aus di bagian dalam sehingga terlihat bagian luar. Spooring sangat penting untuk mengembalikan fungsi roda-roda yang harus sesuai dengan anjuran atau standar yang ditentukan. Maka pada alat spooring harus memiliki data base yang berisi setelan kaki-kaki seluruh mobil yang pernah di produksi dan berstandar pada data base tersebut untuk mengembalikan keadaan kaki-kakimobil.

Kegunaan Spooring Balancing mobil agar ban lebih awet

Dana yang harus Anda keluarkan untuk menganti ban mobil karena kondisi permukaannya tidak rata dan sudah sangat memperihatinkan memang lebih banyak dari pada melakukan spooring, balancing dan rotasi ban mobil Anda secara ritun setiap beberapa bulan sekali. Melakukan Spooring balancing pada mobil Anda akan lebih awal menjadi 10.000 km dari pada anjuran yang di berikan yaitu setiap 20.000 km, hal ini biasanya terjadi karena Anda sering melewati jalan yang berlubang dan bergelombang. Proses yang harus Anda ketahui terlebih dahulu sebelum melakukan spooring pada seluruh roda mobil anda yaitu proses balancing yang bertujuan untuk menjaga keseimbangan pada ke empat roda mobil Anda.

Alat Computerized – Otomotifnet pada proses Balancing Ban

Balancing merupakan cara untuk menjaga kesetabilan dan keseimbangan di kanan-kiri maupun pada titik atas dan bawah roda mobil, untuk menyeimbangkannya maka dilakukan penambahan timah pada bagian tertentu yang dianggap kurang. Selain mesin mobil, roda merupakan bagian yang tidak kalah penting dan jika roda tersebut tidak seimbang akan menimbulakan getaran ketika berputar kencang. Hal tersebut biasanya terjadi karena berat velg dan ban terlalu besar di sisi tertentu. Balancing dengan cara melepas roda dan akan mengetahuinya dengan mengecek di alat balancing maka di jaman sekarang ini sudah banyak bermunculan teknologi yang lebih canggih salah satunya seperti Finish Balance.

Finish balancing yaitu suatu proses untuk menyeimbangkan kembali keadaan roda yang masih terpasang pada mobil dan roda tersebut diputar dengan kecepatan yang tinggi. Hal tersebut di lakukan untuk menganalisa seperti apa kondisi roda tersebut berputar pada saat mobil berjalan dengan kecepatan tingggi, akan tetapi Anda juga harus melakukan balancing, kembang ( alur ) ban minimal 80%, dan kondisi kaki mobil salah satunya as roda dalam kondisi yang memungkinkan untuk melakukan finish balancing agar tidak sia-sia sebelum melakukan finish balancing tersebut.

 

Proses Finish Balance dengan keadaan ban yang masih terpasang

Dana yang dibutuhkan dalam melakukan Finish balancing biasanya sekitar Rp 50.000 sampai Rp 70.000 untuk satu roda. Lalu dana untuk balancing per roda berkisar antara Rp 10.000 sampai Rp 20.000, sedangkan spooring menghabiskan  dana sekitar Rp 90.000 sampai Rp 150.000  untuk keseluruhan roda mobil Anda.    Harga tersebut untuk roda dengan kuran yang standar dan jika menggunakan velg yang berbeda maka harganya pun berbeda juga. Spooring dan Balacing akan mengabiskan waktu sampai 1 jam lebih atau kurang tergantung pada penanganan yang di berikan. Tetapi akan memakan waktu lebih lama jika Anda juga melakukan finish balancing yaitu sekitar 2 jam lebih.

Baca juga artikel yang lain :

Penyebab dan cara mengatasi mobil tidak bisa di stater.

Hal mengenai kredit mobil yang menguntungkan yang jarang diketahui.

Tips penting yang perlu diketahui sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil baru.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *