Mengapa Dilarang Cuci Ban Pakai Sabun Dan Tips Menghitamkan Ban

Mengapa Dilarang Cuci Ban Pakai Sabun Dan Tips Menghitamkan Ban - MekanikmitsubishiBeberapa Alasan Mengapa Cuci Ban Pakai Sabun Tidak Diperbolehkan Dan Tips Menghitamkan Ban Mobil

Mekanikmitsubishi.com – Kendaraan yang terawat kebersihannya dapat menimbulkan kesan bahwa pemiliknya cinta akan kebersihan dan kesehatan. Entah itu mobil maupun motor keduanya membutuhkan perawatan yang tepat agar tetap terjaga dalam keadaan prima. Salah satu komponen mobil yang paling cepat kotor adalah ban mobil.

Baca juga : Tips dan cara merawat ban serep mobil dengan baik dan benar agar tak kadaluarsa.

Hal ini dikarenakan ban mobil merupakan bagian dari kendaraan yang berhubungan langsung dengan tanah ataupun aspal. Ban mobil sendiri memiliki fungsi yang sangat vital yaitu sebagai penahan beban (menopang berat dari kendaraan) dan meneruskan gaya gerak maupun pengereman di permukaan jalan.

Meskipun fungsi dari ban ini sangat penting, masih banyak pengguna kendaraan yang kurang memperhatikan perawatan ban kendaraan, seperti cara ketika cuci ban mobil. Apabila tidak dilakukan perawatan yang baik dan tepat pada ban mobil akan mengganggu kenyamanan kita dalam berkendara. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk senantiasa merawat ban kendaraan.

Perawatan yang paling sering kita lakukan adalah dengan cara mencuci dan membersihkan ban mobil. Tapi cara cuci ban mobil sendiri tidak boleh asal-asalan saat melakukannya. Ada beberapa hal yang penting yang perlu untuk kita ketahui berkaitan dengan cuci ban mobil ini.

Cuci Ban Mobil Tak Boleh Pakai Sabun

Baca juga : Tips agar ban mobil lebih awet dan berumur panjang.

Sebetulnya perawatan ban mobil cukup mudah, tetapi yang terpenting adalah kita tidak dianjurkan untuk memakai sabun ketika melakukan cuci ban mobil. Hal ini dikarenakan cuci ban mobil dengan sabun menyebabkan siklus umur komponen ban mobil menjadi cepat rusak dan ban mobil menjadi cepat keras.

Ban mobil yang mulai mengeras tentu membuat kenyamanan berkendara kita terganggu. Hal ini dikarenakan daya cengkram ban ke aspal menjadi berkurang. Bahayanya mobil jadi mudah tergelincir karena fleksibilitas ban ketika menikung jadi berkurang yang disebabkan ban yang mulai mengeras tadi.

Selain itu, apabila dibiarkan terlalu lama setelah dicuci dengan sabun, ban mobil akan memuai. Apabila kita tetap ingin melakukan cuci ban mobil dengan sabun alangkah baiknya agar secepat mungkin dibilas dengan air sampai bersih, jangan biarkan ada sisa sabun yang menempel kemudian di keringkan sampai benar-benar kering untuk menghindari ban agar tidak memuai.

Lebih baik untuk melakukan cuci ban mobil dengan air bersih saja, sikat sampai bersih. Hal ini justru membuat ban menjadi lebih awet dan terjaga fleksibilitasnya. Apabila Anda ingin memiliki ban mobil yang hitam mengkilap ada beberapa cara yang dapat kita lakukan sendiri selain melakukan cuci ban mobil secara teratur.

Berikut ini cara menghitamkan ban mobil sendiri di rumah :

Menggunakan Semir Produksi Pabrik

Bagi Anda yang menyukai cara-cara yang praktis penggunaan semir produksi pabrik bisa menjadi salah satu alternatif untuk membuat ban mobil Anda menjadi hitam dan mengkilap. Semir mobil pabrik ini bisa dengan mudah kita temui di bengkel ataupun supermarket sekitar kita.

Minuman Bersoda

Minuman bersoda juga bisa kita gunakan untuk menghitamkan ban mobil. Caranya adalah dengan cara mengusapkan minuman bersoda itu ke ban mobil yang bersih. Jangan lupa untuk menggunakan lap dan wadah untuk menuang yang bersih juga. Usapkan secara merata ke ban mobil, kemudian tunggu sampai benar-benar kering.

Silikon Cair Murni

Silikon cair adalah bahan dasar dari semir ban yang diproduksi pabrik. Tetapi harga silikon cair ini lumayan mahal, sehingga dalam produksinya dicampur dengan bahan lain untuk menghemat biaya produksi. Apabila Anda ingin mendapatkan semir mobil dengan kualitas super, bisa menggunakan silikon cair murni. Tetapi tentu saja dengan harga yang cukup mahal pula.

Demikan artikel ini yang membahas mengenai alasan mengapa tidak dianjurkan mencuci ban dengan sabun dan beberapa tips menghitamkan ban mobil. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Artikel terkait :

Pentingnya memeriksa tekanan angin pada ban kendaraan secara rutin.

Dampak kurangnya tekanan angin pada kendaraan terhadap konsumsi BBM.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *