Mengapa Diameter Piringan Cakram Mobil Berbeda-beda

Beberapa Alasan Ukuran Diameter Piringan Cakram Berbeda-beda - MekanikmitsubishiMengapa Diameter Piringan Cakram Mobil Berbeda-beda

Mekanikmitsubishi.com – Piringan cakram mobil menjadi satu bagian yang sangat penting dan vital dalam sistem keamanan dan kenyamanan sebuah kendaraan baik mobil, bermotor atau yang lain. Cakram mobil berguna sebagai bagian kendaraan untuk menghentikan laju mobil. Semakin besar kecepatan yang dihasilkan mobil tersebut maka semakin tinggi juga kebutuhan penggunaan kanvas rem dan piringan cakram.

Baca juga : Cara tepat kuras dan mengganti minyak rem yang bagus.

Hampir setiap mobil keluaran terbaru mengaplikasikan teknologi sistem pengereman dengan cakram. Setiap kendaraan memiliki piringan cakram dengan ukuran yang berbedal, hal ini dimaksudkan agar Anda bisa mendapatkan tekanan rem yang tepat dan maximal. Semakin besar maximal kecepatan yang ada pada kendaraan, maka semakin lebar juga kebutuhan akan diameter cakram tersebut.

Oleh karena itulah, ukuran piringan cakram juga bisa Anda dapati dengan ukuran yang berbeda-beda tergantung dari kecepatan ataupun piston kaliper yang ada pada mobil tersebut untuk bisa mendapatkan fungsi cakram yang semakin maksimal.

Berikut ini alasan ukuran diameter piringan cakram kendaraan berbeda-beda :

Baca juga : Ciri-ciri kanvas rem bermasalah dan mengalami keausan serta perlu pergantian.

Ukuran Disesuaikan dengan Kebutuhan

Cakram mobil yang Anda dapatkan memang bisa sangat berbeda tergantung dari ukuran yang Anda butuhkan. Perbedaan ukuran piringan cakram ini bukan tanpa sebab melainkan ada perhitungan khusus yang dibuat desainer dan teknisi proudsen mobil sehingga Anda mendapatkan mobil yang bisa digunakan dengan sangat aman dan nyaman.

Alasan pertama adalah ketika mobil memiliki ukuran atau tenaga yang besar, mobil juga membutuhkan satu daya pengereman yang sama besarnya. Daya pengereman dari mobil hanya tergantung dari lebar diameter dari cakram tersebut.

Alasan kedua yang harus menyebabkan ukuran diameter piringan cakram menjadi berbeda-beda dan memiliki ukuran tertentu adalah dari kaliper piston yang juga akan berbeda jika memiliki ukuran tekanan yang berbeda pula.

Dengan alasan inilah maka Anda harus memperhatikan ukuran diameter piringan cakram yang akan dipasang pada mobil Anda. Jika Anda menginginkan mobil dengan kecepatan yang semakin tinggi maka harus siap-siap untuk memilih cakram mobil dengan ukuran yang juga semakin besar pula.

Menyesuaikan dengan Piston Kaliper

Baca juga : Kenali penyebab rem panas dan mengeluarkan asap.

Piston kaliper dengan jumlah yang banyak maka harus diimbangi dengan ukuran diameter dari piringan cakram juga harus besar juga. Meskipun memang untuk kualitas dari pengereman rem cakram tersebut tidak terusak ataupun tidak terganggu dalam fungsinya, tetapi dengan ukuran yang tidak seimbang akan membuat tampilan dari design mobil menjadi tidak seimbang dan terlihat tidak sesuai.

Oleh karena itulah, ukuran dari piringan cakram mobil yang berbeda-beda ini akan tergantung dari berapa kecepatan yang Anda dapatkan dari mobil tersebut. Cakram memang menjadi salah satu bagian mobil yang juga sangat berpengaruh dengan keselamatan dan kenyamanan pengemudianya.

Beragam Ukuran Cakram Mobil

Baca juga : Gejala dan  masalah rem Cakram ABS dan tromol.

Ukuran 12 inci menjadi salah satu ukuran dari piringan cakram mobil yang juga sering digunakan. Ukuran piringan cakram mobil ini yang memiliki diameter dan sering digunakan untuk mobil dengan transmisi atau tipe manual. Meskipun terkadang untuk beberapa vendor atau series mobil juga memiliki aturan berbeda.

Ukuran ini juga bagus digunakan pada mobil yang memiliki kecepatan yang tidak terlalu tinggi. Dengan ukuran 12 inci ini akan sangat cocok dipilih sebagai cakram mobil supaya pas dan memiliki tarikan yang lebih enteng lagi.

Selain ukuran 12, cakram mobil berukuran diameter 13 inci juga menjadi ukuran yang juga cocok untuk digunakan jenis mobil manual ataupun otomatis. Penggunaan ini akan sangat pas untuk membuat tarikan dari rem menjadi lebih pakem lagi.

Berbagai pilihan piringan cakram mobil ini bisa Anda dapatkan dengan berbagai ukuran dan juga harga yang sangat bervariatif. Untuk mendapatkan cakram yang terbaik Anda bisa memilih model sisi yang berbentuk bulat dan adanya sistem floating dan pastinya sesuaikan dengan budget yang Anda siapkan.

Demikian artikel kali ini yang menjelasakan penyebab ukuran piringan cakram rem mobil berbeda-beda. Semoga ulasan artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Artikel terkait :

Ap itu ABS, sistem kerjanya dan kelebihan dari ABS.

Penyebab dan cara mengatasi bunyi berdecit dari sistem pengereman mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *