Mau Coba Ngecat Mobil Sendiri? Ini Tipsnya yang Wajib Dipahami

Mau Coba Ngecat Mobil Sendiri. Ini Tipsnya yang Wajib DipahamiMau Coba Ngecat Mobil Sendiri? Ini Tipsnya yang Wajib Dipahami

Mekanikmitsubishi.com – Cara mengecet mobil yang benar memang sangat diperlukan dan banyak sekali dicari. Akan tetapi jika Anda ingin cat mobil sendiri tentu saja memerlukan skill dalam bidang pengecetan kendaraan serta pengalaman yang sudah matang. Pada dasarnya proses pengecetan mobil itu memerlukan dua tenaga ahli. Pertama, tukang dempul dan yang kedua tukang cat. Akan tetapi kadang juga hanya melibatkan satu orang untuk proses pengectan body mobil dari yang seharusnya memerlukan ahli bidang pendempulan dan pengecatan, terkecuali seseorang tersebut benar-benar expert di kedua bidangnya dan memiliki pengalaman serta teknik yang cukup.

Baca juga : Tips dan cara ampuh hilangkan bekas cat mobil meleleh di body mobil.

Untuk hasil cat mobil yang sempurna dan terbaik tentu Anda harus memilih cat yang bagus. Pengecetan body mobil tentu saja harus memilih cat yang bagus dan tahan dengan geografis setempat entah daerah yang sangat dingin ataupun panas. Dan proses pengecetan body mobil sebaiknya dilakukan berulang agar mendapatkan hasil yang rata dan sempurna.

Cara Mengecat Mobil Agar Mengkilap

Sebelum Anda cat mobil maka Anda harus melakukan penutupan bagian lain yang tidak dicat dan biasanya ditutup dengan kertas koran. Penutupannya harus rapat karena cat dapat menerobos ke dalam. Cara cat mobil yang benar itu adalah hasilnya yang halus dan tidak keriput.

Mengecat mobil sebenarnya cukup sederhana dan sangat mudah dilakukan. Secara garis besar proses pengecatan mobil itu hanya ada 2 tahap yaitu pendempulan dan pengecetan. Akan tetapi dengan mengecat mobil tentu saja membutuhkan pengalaman dan kerja serius serta adanya ketenangan dalam bekerja.

Selain itu, Anda juga dapat membersihkan daerah yang akan didempul dari kotoran maupun karat pada mobil. Tujuannya adalah agar dempul dapat menempel dengan kuat.

Anda juga dapat memperoleh dempul di toko cat mobil. Sebelum digunakan, aduk dempul sehingga benar-benar rata dan oleskan secara tipis. Untuk hasil yang baik maka lakukan pendempulan dengan gerakan searah. Setelah kering maka lakukan pengamplasan sehingga hasil yang didapat sempurna.

Cara Dempul Mobil Sendiri

Baca juga : Tips membedakan mobil bekas dempulan.

Cat bodi mobil memang memerlukan bahan cat khusus dan Anda juga dapat membelinya di toko khusus cat mobil. Cat mobil biasaya disebut sebagai cat duco dengan jenis NC dan PU. Selain itu tidak sembarang juga orang dapat mengecat mobil dengan cat semprot atau spray gun.

Cat semprot tentu saja berbeda dengan cat mobil yang menggunakan kuas. Mengecet dengan menggunakan kuas dapat dibilang sangat mudah dan semua orang bisa melakukannya.

Meskipun Anda orang yang sangat tidak tahu bagaimana cara cat mobil dengan menggunakan spray gun, akan tetapi tidak ada salahnya jika Anda belajar dan mencoba. Siapa tahu dikemudian hari Anda dapat menjadi ahli pengecatan body mobil dan dapat menjadi pekerjaan tambahan yang bisa jadi penghasilan.

Bahan-Bahan dan peralatan yang Diperlukan dalam Cat Mobil

Bahan yang Anda perlukan dalam mengecat body mobil adalah compressor, dempul yang bagus, spray gun, amplas kasar dan halus, cat mobil yang sesuai warna, cat varnish, poxy, dan scrap untuk mengoleskan dempul.

Langkah Cara Dempul dan Cat Mobil

Jika Anda ingin mengecat mobil sendiri maka bersihkan dan amplas bagian yang akan dicat, oleskan dempul secara merata dan tipis-tipis. Jika terdapat bolong-bolong maka ulangi hingga merata dan halus. Tunggu sampai setengah kering dan Anda dapat mendempul lagi hingga ketebalannya sesuai.

Ulangi pengamplasan dengan amplas yang halus. Perhatikan hasilnya dan jika masih ada yang berlobang maka ulangi pendempulan lagi lalu setelah itu tunggu hingga kering.

Ketika dempul benar-benar kering maka Anda dapat menuju tahap berikutnya yakni pengecetan. Akan tetapi sebelum pengecetan sebaiknya semprot dulu dengan poxyan. Setelah kering amplas dengan menggunakan air sehingga akan nampak halus dan merata. Hasil cat mobil Anda pun akan sangat bagus dan memiliki warna yang mengkilap.

 

Sekian artikel kami mengenai tips pemula mengecet mobil sendiri dengan mudah, yang dapat Anda lakukan senidri dirumah sebagai bahan pembelajaran. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Artikel terkait :

Penyebab dan tips atasi cat mobil timbul bercak gelembung.

Tips terbaik menjaga cat mobil tetap mengkilap dan tahan lama.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *