Lebih Baik Pakai Semir Ban Busa Atau Cair Dan Cara Tepat Menggunakannya

Semir Ban Lebih Baik Pakai Busa Atau Cair Dan Cara Tepat Menggunakannya - MekanikmitsubishiSemir Ban Lebih Baik Pakai Busa Atau Cair Dan Cara Tepat Menggunakannya

Mekanikmitsubishi.com – Merawat penampilan mobil itu penting, karena mobil sama saja cerminan dari pemiliknya. Salah satu penampilan mobil yang harus diperhatikan adalah bagian ban mobil. Jika tidak dirawat maka ban mobil akan cepat kusam dan tidak mengkilap.

Tampilan mobil akan menjadi lebih menarik jika ban terlihat bersih, pastikan Anda selalu rajin menyemir ban mobil agar selalu terlihat mengkilap. Selain untuk mempercantik penampilan, menyemir juga akan menjaga serta meningkatkan kondisi usia ban.

Baca juga : Bolehkan melebihkan tekanan angin ban diatas standar saat membawa muatan berlebih.

Banyak pertanyaan yang muncul ketika akan menyemir ban, sebenarnya semir ban lebih baik busa atau cair? Keduanya sama-sama akan membuat penampilan ban semakin bersih. Untuk membuat terlihat baru, caranya yaitu dengan melapisi karet bagian samping menggunakan semir khusus. Semir ban terbuat dari bahan kimia yang bisa memberikan efek warna hitam pekat dan mengkilap.

Sekarang ini banyak produsen yang menawarkan dua jenis semir ban yaitu busa dan cair. Semir busa cara penggunannya adalah disemprotkan dari kaleng dan dibiarkan sampai mengering. Sedangkan semir ban cair diaplikasikan dengan cara memoleskannya pada ban lalu di lap supaya merata. Akan tetapi dari kedua jenis semir tersebut, penggunaan semir busa lebih praktis karena kita tidak perlu lagi menyeka permukaan ban menggunakan kain untuk mendapatkan hasil yang merata.

Kedua jenis semir ban tersebut mempunyai kelebihan dan kerugiannya masing-masing. Bahwa mesin busa memudahkan mereka bagi yang tidak ingin repot. Dan semir cair juga memiliki manfaat yang sama yaitu untuk mengkilapkan tampilan ban mobil.

Akan tetapi jenis semir busa mempunyai kekurangan, yaitu dapat membuat karet ban getas. Penyebabnya adalah semir ban busa biasanya berbahan zat silikon jenis solvent untuk mengkilapkan ban. Namun zat ini terkenal bisa membuat karet ban menjadi pecah-pecah. Sedangkan semir ban cair menggunakan bahan silikon berbasis air. Walaupun kilap yang dihasilkan dari semir cair kurang mengkilap, namun lebih aman diaplikasikan ke ban dibandingkan dengan semir busa.

Bagi Anda yang ingin menyemir ban supaya mengkilap, berikut adalah cara menyemir ban menggunakan semir cair yang benar :

Baca juga : Penyebab dan tips mengatasi ban mobil selip dengan mudah dan benar.

  • Siapkan semir cair yang akan digunakan
  • Lap ban mobil yang sebelumnya sudah dicuci atau dibersihkan hingga kering
  • Usaplah ban dengan minuman bersoda menggunakan kain merata ke seluruh permukaan ban. Tunggulah sampai kering
  • Ambil semir cair menggunakan kuas dan usapkan secara merata ke seluruh permukaan dan tunggulah hingga kering
  • Jika tidak ada kuas untuk mengaplikasikan semir ke ban mobil, maka Anda bisa menggunakan spons atau kain yang bersih. Kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan ban dan lihatlah hasilnya, ban akan menjadi mengkilap dan semakin keren
  • Anda bisa menyemir ban seminggu atau dua minggu sekali supaya ban mobil tidak terlihat kusam

Demikian artikel yang bisa kami sampaikan mengenai kelebihan dan kekurangan semir ban jenis cair dan busa dan cara menggunakan semir ban cair yang benar, serta lebih baik mana antara semir ban cair dan busa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan tentunya menambah wawasan mengenai dunia otomotif. Terimakasih.

Artikel terkait :

Mengapa dilarang mencuci ban pakai sabun? dan apa alasannya.

Tips bermanfaat merawat ban serep mobil agar tak kadarluarsa.

Penyebab ban benjol dan tips mengatasinya jika belum terlalu parah.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *